loading...

7 Penyakit & Gangguan Pada Sistem Peredaran Darah Manusia

Setiap manusia membutuhkan darah sebagai alat transportasi dalam tubuh.

Namun sistem transportasi tersebut terkadang mengalami gangguan atau penyakit. Gangguan pada sistem peredaran darah bisa terjadi karena berbagai macam sebab, mulai dari bibit penyakit hingga kebiasaan buruk seperti banyak mengonsumsi makanan berlemak dan merokok.

Jantung adalah alat yang sangat vital dalam kehidupan manusia, sehingga selayaknya harus dijaga dengan pola hidup yang sehat. Berikut ini adalah berbagai gangguan yang dapat terjadi pada sistem peredaran darah manusia. Adapun gangguan tersebut:

7 Gangguan & Penyakit Pada Sistem Peredaran Darah Manusia

Gangguan Pada Sistem Peredaran Darah

  1. Anemia

Anemia yaitu penyakit kekurangan darah yang disebabkan jumlah sel darah merah jauh dibawah normal atau rendahnya kadar Hemoglobin (zat warna merah yang terdapat pada eritrosit dan berfungsi untuk mengangkut udara) dalam sel darah merah. =

Gejala anemia adalah merasa kurang bertenaga dan sangat lelah, pucat, dan bernapas dengan terengah-engah. Anemia kerena kehilangan darah dapat disebabkan oleh luka atau pendarahan yang berlebihan saat menstruasi.

  1. Hemofilia

Hemofilia adalah gangguan atau kelainan turunan akibat terjadinya mutasi atau cacat genetika pada kromosom X. Hal ini menyebabkan penderita kekurangan faktor pembeku darah sehingga mengalami gangguan pembekuan darah dan darah tidak dapat membeku secara normal.

Penderita hermofilia berat dapat mengalami beberapa kali pendarahan dalam sebulan. Kadang pendarahan terjadi begitu saja tanpa sebab. Gejala hemofilia yaitu pendarahan dibawah kulit yang mengakibatkan kebiruan jika terjadi benturan pada tubuhnya.

loading...
  1. Hipertensi

Hipertensi adalah tekanan darah tinggi yaitu keadaan dimana tekanan darah jauh diatas normal. Hipertensi dapat menyebabkan dinding nadi menjadi keras dan tebal serta penyakit jantung.

Resiko hipertensi dapat dikurangi dengan menjaga berat badan, makan-makanan yang kadar garam dan lemaknya rendah dan olah raga teratur.

  1. Aterosklerosis

Aterosklerosis yaitu kondisi kelumpuhan yang disebabkan penyumbatan aliran darah. Cara mencegah penyakit ini adalah dengan mengurangi berat badan serta mengurangi makan makanan yang banyak mengandung lemak dan kolestrol.

  1. Stroke

Stroke adalah kondisi kelumpuhan yang disebabkan penyumbatan ataupun pecahnya pembuluh darah otak sehingga pasokan oksigen ke otak jantung.

Stroke dapat disebabkan hipertensi atau kadar kolestrol yang tinggi.

  1. Hipotensi

Hipotensi adalah tekanan darah rendah yaitu kondisi tekanan darah jauh dibawah normal. Gejala dari hipotensi adalah mudah lelah dan kaki serta tangan sering mengalami kesemutan.

  1. Thalassemia

Thalassemia merupakan penyakit kelainan darah yang diturunkan atau diwariskan karena adanya kelainan genetik yang menyebabkan ketidakseimbangan dalam sintesis atau produksi rantai globin.

Penyakit ini disebabkan oleh darah yang abnormal berbentuk bulan sabit.

Akibatnya produksi hemoglobin berkurang, sel darah merah mudah rusak. Gejala thalassemia antara lain anemia, jentung berdebar, tulang tipis dan rapuh.

***

Itulah tadi, beberapa jenis gangguan yang terjadi pada sistem peredaran darah manusia. Jika kamu menjumpai atau memiliki teman yang menderita penyakit tersebut, janganlah menjauhinya melainkan harus mengasihinya.

Kamu harus selalu bersyukur karena termasuk orang yang beruntung dari mereka

Jika kamu sebagai penderita penyakit diatas, janganlah kecil hati dan merasa minder. Terimalah, bahwa semua yang terjadi adalah atas kehendak-Nya, semua pasti ada hikmahnya dengan apa yang kamu alami.

loading...

Leave a Reply