loading...

10 Tata Cara Shalat Tarawih – Tuntunan, Bacaan & Artinya

Bulan suci Ramadhan adalah salah satu bulan yang tentu saja sangat dinantikan sekali oleh banyak orang. Karena di bulan ini menjadi salah satu ladang pahala untuk kita bisa memperbanyak amal ibadah. Apalagi ganjaran pahala yang bisa didapatkan dari bulan Ramadhan ini lebih besar dibandingkan dengan bulan-bulan biasanya.

Bulan suci Ramadhan datang setiap 1 kali dalam setahun, dan di bulan ramadhan ini semua umat muslim, terutama bagi yang sudah beranjak akil baligh memiliki kewajiban untuk melaksanakan ibadah puasa selama 1 bulan lamanya. Selain harus menjalani ibadah puasa di bulan suci ramadhan, ada juga berbagai macam ibadah sunnah yang bisa di jalani, salah satunya adalah shhlat tarawih, yanng memang hanya dilaksanakan selama bulan suci Ramadhan saja.

Shalat tarawih ini memang bukan sholat wajib, namun meski hanya shalat sunnah, tapi keutamaanya sangat luar biasa sekali, dan menjalani ibadah puasa di bulan suci Ramadhan, rasanya tak akan terasa lengkap jika tidak menjalani ibadah sholat tarawih yang dijalani pada malam hari. Karena untuk sholat tarawih ini hukumnya sunnah muakkad, dan menjadi pelengkap bagi puasa yang kita jalani pada bulan suci Ramadhan.

Untuk jumlah rakaah yang harus dilaksanakan pada sholat tarawih ini memang berbeda dengan sholat wajib. Karena sholat tarawih ini biasanya dijalani dengan 8 rakakaat yang di jalani oleh Nabi Mumammad Saw ditambah witir 3 rakaat, sedangkan para sahabat nabi mengerjakan sholat tarawih sebanyak 20 rakaat yang ditambahkan dengan 1 witir pada akhir sholat tarawih tersebut. Namun biasanya untuk di Indonesia sendiri sholat tarawih dilaksanakan sebanyak 20 rakaat di tambah witir.

Selain itu juga untuk pelaksanakan dari sholat tarawih ini bisa dilakukan secara berjamaah atau seorang diri. Tapi memang sebaiknya sholat tarawih dilaksanakan secara berjamaah, agar pahala yang bisa didapatkan juga lebih berlipat ganda.

Ada banyak sekali berbagai macam keutamaan atau keistimewaan yyang dimiliki oleh sholat tarawih ini, salah satunya adalah bisa menghapus segala macam dosa yang kita miliki. Apalagi sholat tarawihh ini dilaksanakan pada bulan suci ramadhan, yang penuh dengan keberkahan.

Karena doa yang di panjatkan pada saat bulan suci ramadhan ini sangat mustajab. Jadi memang sangat disayangkan sekali kalau kita tak menyempatkan wakru untuk melaksanakan ibadah sholat tarawih pada saat bulan suci ramadhan.

Lalu bagaimanakah tata cara sholat tarawih ini. Pasti masih banyak orang yang belum paham dan mengerti mengenai tata cara dari sholat tarawih. Untuk sholat tarawih ini dilaksanakan selama bulan suci Ramadhan, sesudah sholat isya, hingga terbinya fajar, atau sebelum memasuki waktu sholat shubuh. Selain itu juga untuk pelaksanaan dari sholat tarawih ini bisa diikerjakan dalam 2 macam cara, yaitu:

  • Setiap 2 rakaat melakukan salam
  • Setiap 4 rakaat melakukan salam tanpa melakukan tasyahud awal.

10 Tata Cara Sholat Tarawih – Tuntunan

Tata Cara Shalat Tarawih

Berikut ini kami akan memberikan info lebih lengkap lagi mengenai tata cara sholat tarawih, yaitu:

  1. Sama halnya dengan kita menjalani sholat fardu, untuk melaksanakan sholat tarawih pun di awali dengan membaca niat. Namun tentu saja niatnya adalah untuk menunaikan ibadah sholat tarawih.

Ushalii sunnatat taraawiih rak’ataini ma’muuman lillahi ta’aalaa.

loading...

Artinya : “Aku (niat) shalat sunat tarawih 2 rakaat mengikuti imam, karena Allah Ta’ala.”

Namun jika kita sholat seorang diri, maka niatnya untuk kata ma’muuman di hilangkan dan tak perlu untuk dibaca.

  1. Setelah membaca niat, maka dilanjutkan dengan membaca al-fatihan, dan juga membaca surat-surat yang ada didalam Al-quran. Berikut ketentuan dari surat-surat yang harus dibaca.
    • Pada malam tanggal 1 hingga pertengahan Ramadhan = Untuk surat yang dibaca pada malam tanggal 1 hingga pertengahan bulan ramadhan adalah surat At- Takaatsur, Al-‘Ashr, Al-Humazah, Al-Fiil, Quraisy, Al-Maa’uun, Al-‘Kautsar,. Al-Kaafiruun, An-Nashr dan Al-Lahab, dan untuk setiap rakaat yang keduanya membaca surat Al-ikhlas.
    • Pada malam pertengahan hingga akhir Ramadhan = Untuk surat yang dibaca pada malam pertengahan hingga akhir ramadhan yaitu At-Takaatsur, Al-Ashr, Al-Humazah, Al-Fiil, Quraisy, Al-Maa’uun, Al-Kautsar, Al-Kaafiruun, An-Nashr dan Al-Lahab dan untu setiap rakaat yang keduanya membaca surat Al-qadr.

Namun jika tidak mampu untuk membaca surat-surat yang sudah disebutkan seperti diatas, maka dibolehkan untuk membaca surat yang memang sudah dihapal atau dikuasai.  Sedangkan khusus pada saat datang pertengahan hingga akhir bulan ramadhan, di sunnahkan untuk membaca doa qunut.

  1. Sebelum sholat tarawih dimulai maka bilah terlebih dahulu mengucapkan

Shalaatat taraawiih aajarakumullah.

Artinya : “Mari kita laksanakan shalat tarawih, semoga Allah memberikan ganjaran kepada kamu semua”.

  1. Kemudian jamaah akan menjawabnya dengan mengucapkan

Laa ilaaha illallaahu muhammadur rasuulullaahi shallallaahu ‘alaihi wa sallama.

Artinya : “Tak ada Tuhan selain Allah, Nabi Muhammad adalah utusan Allah, semoga rahmat Allah dan kesejahteraan terlimp[ah kepadanya.”

  1. Bilal akan mengucapkan lagi

Allaahumma shalli  ‘alaa muhammadiw wa ‘alaa aali muhammad.

Artinya : ”wahai Allah ! Berilah rahmat kepada nabi muhammad dan keluarganya.”

  1. Jamaah menjawab lagi

Allaahumma shalli wa sallim ‘alaihi.

Artinya : “wahai Allah ! Berilah rahmat dan kesejahteraan kepadanya.”

  1. Setelah itu barulah melaksanakan sholat tarawih sebanyak 2 rakaat pertama
  2. Bilal akan mengucapkan

Fadhlan minallaahi wa ni’mah.

Artinya : “Kemurahan dan kenikmatan dari Allah.”

  1. Jamaah menjawab

Wa maghfirataw warahmah. Yaa tawwaab yaa waasi’al maghfirah yaa arhamar raahimiin.

Artinya : “Egitu pula ampunan dan rahmat. Wahai Yang Maha Menerima taubat, Wahai Yang Maha Luas ampunan-Nya, Wahai Yang Paling Penyayang di antara para penyayang.”

  1. Selanjutnya melaksanakaan tarawih 2 rakaat yang kedua dan di ulang lagi sampai dengan rakaat yang ke 8
loading...

Leave a Reply