loading...

13 Tata Cara Shalat Gerhana dan Bacaannya – Matahari & Bulan

Gerhana adalah salah satu fenomena alam yang terjadi pada waktu-waktu tertentu. Gerhana sendiri dibagi menjadi 2, yaitu adda yang namanya gerhana matahari dan juga gerhana bulan.

Memang tidak semua orang berkesempatan untuk bisa melihat secara langsung gerhana ini, karena gerhana juga adalah fenomena alam yang langka, dan terjadi tidak setiap waktu. Selain itu juga dengan adanya gerhana ini menjadi salah satu bukti akan kebesaran dari Allah SWT.

Bagi kaum muslim ini sendiri memang dianjurkan untuk sholat gerhana jika mereka menyaksikan fenomena alam ini. Karena dalam islam sendiri bagi mereka yang melihat gerhana dengan mata telanjang, wajib untuk melaksanakan sholat gerhana. Namun bagi daerah yang tidak melihat secara langsung fenomena gerhana tersebut, tidak memiliki kewajiban untuk melaksanakan sholat gerhana.

Untuk waktu pelaksanaan dari sholat gerhana ini sendiri di mulai saat gerhana tersebut pertama kali muncul sampai dengan gerhana sudah mulai menghilang. Selain itu juga untuk sholat gerhana ini boleh  dilakukan  saat waktu-waktu terlarang untuk sholat.

Untuk jumlah rakaat dari sholat gerhana adalah sebanyak 2 rakaat. Namun jika  kita melihat sekaligus gerhana matahari otal dan gerhana bulan maka sholat yang harus dijalani adalah 4 rakaat. Selain menjalani sholat gerhana, kita juga dianjurkan untuk banyak membaca dzikir, takbir, sedekah dan juga istighfar.

Sholat gerhana juga bisa dilakukan seorang diri atau secara berjamaah di masjid,  tapi memang baiknya sholat gerhana ini dikerjakan secara jamaah di masjid.

Lalu bagaimanakah tata cara sholat gerhana tersebut, apakah sama dengan tata cara sholat wajib yang biasanya kita lakukan. Untuk itu kami akan membahas mengenai beberapa dari tata caara sholat gerhana, yang sudah disepakati oleh pata ulama.

Meskipun ada beberapa ulama yang masih berselisih mengenai tata cara sholat gerhana. Karena ada ulama yang berpendapat kalau sholat gerhana tersebut dilakukan 2 rakaat, dan untuk setiap rakaatnya sendiri melakukan sekali ruku dan dua kali sujud. Namun ada juga ulama yang berpendapat jika sholat gerhana dilakukan 2 ruku dan 2 kali sujud.

Berikut ini adalah tata cara sholat gerhana yang sudah disepakati oleh para ulama, diantaranya yaitu :

13 Tata Cara Sholat Gerhana Matahari dan Bulan

Tata Cara Shalat Gerhana

loading...
  • Membaca niat di dalam hati, dan tidak dilafadzakan.
  • Setelah itu membaca takbiratul ihram seperti kita melakukan takbir ketika akan menjalani sholat pada biasanya
  • Kemudian membaca doa istifitah dan juga berta’awud.
  • Setelah itu dilanjutkan dengan membaca surat al fatihah dan membaca surat panjang. Salah satu contohnya adalah surat al-baqarah, sambil suaranya sedikit dikeraskan.
  • Lalu melakukan ruku’ sambil memanjangkannya
  • Setelah bangkit dari ruku i’tidal, membaca ’sami’allahu liman hamidah, rabbana wa lakal hamd’
  • Setelah i ‘tidal tidak langsung sujud, tapi membada surat al fatihah dan juga surat panjang terlebih dahulu. Untuk berdiri di bagian kedua ini lebih singkat dibandingkan dengan yang pertama
  • Kemudian melakukan ruku, yaitu ruku yang kedua, dan juga panjangnya lebih pendik dari rukuk yang pertama.
  • Setelah itu bangkit dari ruku , i’tidal
  • Dilanjurkan dengan melakukan sujud yang panjangnya seperti rukuk
  • Setelah itu duduk diantara 2 sujud dan kembali sujud lagi
  • Bangkit dari sujud dan mengerjakan rakaan yang kedua seperti rakaat yang pertama, namun yang membedakannya adalah untuk bacaan dan juga gerakannya ini lebih singkat dibandingkan dengan sebelumnya.
  • Barulah kemudian tasyahud dan salam

Setelah sholat gerhana di laksanakan, biasanya imam akan menyampaikan khutbah kepada para jamaah, yang isinya adalah mengajurkan untuk melakukan dzikir, istigfar, berdoa dan juga bersedekah.

Tentu saja kita harus mengambil hikmah dan pelajaran dari fenomena alam ini, dan harus bersikap takut dan juga kuatir akan terjadinya kiamat. Karena bisa saja gerhana menjadi salah satu tandanya akan datang azab atau bencana yang datang menimpa kita dan juga bisa menjadi salah satu tandanya semakin dekat kita dengan datangnya hari kiamat.  Oleh karena itu jangan lupa juga kita untuk memohon ampunan kepada Allah.swt.

Memang tidak semua orang berkesempatan untuk bisa melihat salah satu fenomena alam ini. Namun tak ada salahnya kalau kita juga mempejari terlebih dahulu mengenai tata cara shalat gerhana. Sehingga jika suatu saat nanti kita menyaksikan gerhana, tidak perlu lagi merasa bingung saat akan melaksanakan ibadah sholat gerhana. Karena sebagai manusia yang hanya ciptaan Allah SWT, kita bukanlah apa-apa. Jadi dengan adanya fenomena tersebut diharapkan kita bisa mendapatkan banyak sekali pelajaran yang di petik.

Di indonesia sendiri memang fenomena gerhana bukanlah sesuatu fenomena yang asing atau aneh lagi. Karena di indonesia sudah beberapa kali merasakan peristiwa alam tersebut. Mulai dari gerhana matahari total hingga gerhana bulan. Info yang sudah kami ulas mengenai gerhana sekaligus tata cara sholatt gerhana, semoga bisa bermanfaat dan juga menjadin referensi bagi anda yang sudah membacanya, dan juga pastinya akan semakin menambah wawasan anda mengenai apa itu gerhana.

Jangan sampai saat anda menyaksikan gerhana, namun malah bingung untuk berbuat apa. Karena sholat gerhana memang sangat di anjurkan sekali untuk dilakukan oleh mereka yang secara langsung menyaksikan fenomena tersebut.

Namun memang tidak semua jenis gerhana bisa dilihat dengan mata telanjang, karena ada beberapa jenis gerhana yang justru bisa berbahaya jika dilihat secara langsung, salah satunya adalah jika terjadi gerhana matahari total, yang bisa tidak boleh dilihat secara langsung.

loading...

Leave a Reply