Sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui

Sumber daya alam yang jika habis dipakai tidak dapat diganti lagi disebut dengan sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui. Sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui adalah bahan tambang. Beberapa jenis sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui adalah

1. Batubara
Batubara disebut dengan batu arang, karena bentuknya seperti arang, keras seperti batu, dan berwarna hitam. Batu bara terbentuk dari tumbuhan pepohonan mati dan bertumpuk kemudian tenggelam pada rawa. Lama kelamaan pepohonan itu membusuk dan tertimbun oleh endapan-endapan dari sungai dan sekitarnya. Tumbuhan yang terendam itu menjadi semakin padat menjadi gambut dan berubah menjadi batuan endapan. Itulah proses pembentukan batubara.

2. Minyak bumi
Minyak bumi berbentuk cair dan berasal dari fosil hewan yang terbenan jutaan tahun lalu. Minyak bumi merupakan hasil penimbunan bangkai plakton (organisme laut yang sangat halus) yang membentuk lumpur dan bercampur dengan endapan terdingin yang diangkut sungai-sungai. Sehingga tumpukan fosil hewan itu berubah menjadi cairan bumi. Diatas minyak bumi tersebut terdapat gas alam. Hasil penambangan minyak bumi tersebut menghasilkan bahan bakar berupa solar, bensin, aspal, lilin, minyak pelumas, bensol dan lainnya.

3. Timah
Timah adalah unsur logam putih lunak, berwarrna putih keperakan. Timah digunakan untuk membuat lapisan kaleng, pelat besi, peniti, jepit kertas agar bahan-bahan tersebut tidak karatan.

4. Tembaga
Tembaga digunakan sebagai kawat penghantar listrik maupun panas dan digunakan dalam berbagai peralatan listrik lain. Tembaga memiliki suhu relatif rendah yang sifatnya menghantarkan panas yang berperan dalam serah terima kalor.

5. Aluminium
Aluminium adalah logam yang ringan, keperakan dan mudah dibentuk. Aluminium kebanyakan terdapat pada batuan, tanah, dan mineral. Meskipun demikian, tidak mudah memperoleh logam ini dari kerak bumi. Tahap membuat logam aluminium dengan cara menghilangkan bauksit (bahan tambang yang sekeras batu)  untuk memperoleh alumina murni, kemudian melelehkan alumina untuk elektrolis (proses penguraian senyawa berbentuk larutan oleh arus listrik) menghasilkan logam aluminium.

Dengan demikian, sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui adalah sumber daya batubara, timah, tembaga, minyak bumi dan aluminium. Semua sumber daya tersebut terbentuk dari berbagai macam cara, ada yang terbentuk dari tumbuhan pepohonan, ada yang terbentuk dari fosil hewan serta memiliki fungsi masing-masing ketika sudah diolah.  Hasil dari pengolahan sumber daya alam ini dapat berupa bahan bakar seperti bensin, solar, pelumas, untuk menghantarkan listrik atau panas dan juga untuk bahan pembuatan benda-benda seperti peniti, lilin dan kaleng.

Leave a Reply