loading...

Pengertian Shalat Istikharah – Apa Itu Shalat Istikharah?

Shalat Istikharah

Kita di dunia ini banyak sekali mengalami atau menghadapi suatu masalah, baik masalah dari keluarga, lingkungan dan pergaulan, atau bahkan berada dalam posisi yang sangat sulit untuk menentukan suatu pilihan. Untuk itu hanya kepada Allah SWT, yang maha segalanya, Maha Mengetahui baik dan buruk setiap permasalahan dalam kehidupan. Mintalah kepada-Nya sebuah petunjuk yang terbaik.

Selain sholat wajib yang kita laksanakan untuk meminta kepada Allah, ada juga shalat sunat di antaranya adalah Shalat Istikharah. “Shalat istikharah” adalah shalat yang dilakukan untuk meminta kepada Allah SWT untuk dipilihkan yang terbaik dari dua hal yang masih membuat ragu. Shalat istikharah hukumnya Sunnah Muakkad.

loading...

Jika kamu sedang mengalami kebingungan untuk memilih salah satu pilihan terbaik maka laksanakanlah shalat istikharah untuk mengharapkan petunjuk dari Allah. Rasulullah SAW bersabda “Tidak akan kecewa bagi orang yang mengerjakan shalat istikharah dan tidak akan menyesal bagi orang yang suka bermusyawarah serta tidak akan kekurangan bagi orang yang suka berhemat”.

Waktu yang baik dan pas untuk melaksanakan shalat istiharah adalah pada waktu malam layaknya mengerjakan shalat Tahajud dan hajat. Niat shalat istikharah adalah “Usolli sunatan istikhaarah ro’ataini lillahi ta’ala”. Setelah mengerjakan shalat Istikharah hendaknya membaca do’a istikharah.

Jadi, dengan mengerjakan shalat istikharah sebanyak dua rakaat, bacalah doa istikharah kemudian setelah membaca doa istikharah.  Sebutkanlah apa yang kita inginkan, meminta pilihan yang terbaik diantara dua hal. Insha Allah, apa yang kita inginkan akan terkabul dan dengan baik dan sempurna.

loading...

Leave a Reply