loading...

Perubahan Kenampakan Bumi dan Benda Langit [+ Gambar]

Perubahan kenampakan bumi dan langit disebabkan terjadinya penampakan Matahari, Bulan dan Bintang. Bila kamu perhatikan benda-benda langit tersebut akan tampak pada malam hari dan siang hari.

Pada malam hari kamu akan menyaksikan bulan dan bintang yang tampak bersinar dilangit. Sehingga bumipun terlihat cukup terang. Kemudian pada siang hari kamu akan melihat benda langit matahari yang bersinar cerah.

Pernahkah kamu berpikir, mengapa benda-benda langit tersebut dapat bersinar terang dilangit? Lalu apa penyebabnya?

Untuk mengetahui semua itu, marilah kita pelajari keberadaan bumi dan benda langit agar kamu dapat mengetahui pengaruh benda langit terhadap bumi.

Perubahan Kenampakan Bumi

Perubahan Kenampakan Bumi

Daratan dan lingkungan merupakan permukaan bumi yang dapat berubah. Perubahan kenampakan bumi disebabkan oleh peristiwa alam dan ada juga yang karena tindakan manusia.

Misalnya, pada siang hari bumi kita terang benderang karena mendapatkan cahaya dari matahari. Sedangkan pada malam hari bumi tampak gelap karena tidak ada cahaya dari matahari. Perubahan siang dan malam terjadi karena bumi berputar pada porosnya (sumbu).

Matahari tampak mulai terbit fajar (subuh). Matahari terbit dari arah timur. Akan tetapi saat baru terbit bumi masih tampak gelap. Lama-kelamaan matahari akan menampakkan dirinya seutuhnya.

Bumipun menjadi terang. Kemudian matahari terbenam saat maghrib ke arah barat. Saat mulai terbenam bumi masih tampak terang. Akan tetapi lama kelamaan  bumi akan menjadi gelap.

Kenapa bisa demikian? Karena sesungguhnya matahari selalu memancarkan cahayanya sepanjang waktu. Hanya saja matahari tampak terbit dan terbenam.

Sebenarnya, bumi kita tidak menjadi gelap saat malam hari. Karena bumi memiliki alat penerang alami pada malam hari yaitu bulan. Dengan adanya bulan maka bumi tidak akan terlalu gelap. Apalagi saat bulan purnama.

Bulan purnama adalah malam yang paling terang diantara malam lainnya. Dalam hal ini, diketahui bahwa bulan ternyata membawa pengaruh terhadap perubahan kenampakan bumi.

Selain itu, bulan juga mempunyai pengaruh terhadap penampakan perubahan bumi. Seperti telah dikatakan diatas bahwa, permukaan bumi terdiri atas air (laut) dan daratan.

loading...

Bulan mempengaruhi pasang surut air laut. Pasang surut air laut adalah keadaan permukaan air yang turun sehingga air laut tampak berkurang.

Kenapa bisa terjadi seperti itu? Hal tersebut dikarenakan, oleh gaya tarik bulan. Bulan mempunyai gaya tarik yang biasa disebut gaya gravitasi bulan.

Gaya tarik bulan  membuat air laut pasang surut. Matahari juga berpengaruh terhadap pasang surut air laut. Sebagai penguat tarikan bulan.

Perubahan Kenampakan Benda Langit

Perubahan Kenampakan Benda Langit

1. Kenampakan matahari

Matahari juga disebut bintang karena memancarkan cahaya sendiri. Matahari menerangi bumi pada siang hari.

Cahaya matahari berasal dari seluruh permukaan matahari yang berpijar. Cahaya matahari paling terang. Hal ini disebabkan oleh jaraknya paling dekat dengan bumi.

2. Kenampakan bulan

Saat langit terlihat terang pada malam hari itu disebabkan adanya bulan. Bentuk bulan bulat. Cahaya bulan lebih redup dibandingkan matahari.

Bulan tidak memantulkan cahaya sendiri melainkan memantulkan cahaya dari matahari. Oleh karena itu, bulan bukan merupakan bintang dan cahaya bulan jauh lebih redup dari pada cahaya matahari.

3. Kenampakan Bintang

Benda langit yang terlihat sangat jelas pada malam hari adalah bintang. Benda langit ini paling banyak terlihat. Jumlahnya tidak terhingga.

Mengapa bintang hanya terlihat pada malam hari? Sebenarnya, bintang-bintang selalu bersinar setiap saat. Namun mengingat letaknya sangat jauh dari bumi, maka cahaya bintang pada siang hari tidak terlihat.

***

Dari penjelasan diatas dapat disimpulkan bahwa, perubahan kenampakan bumi dan langit disebabkan oleh matahari, bulan dan bintang.

Matahari merupakan bola gas yang sangat panas serta berukuran sangat besar. Mengingat matahari benda langit yang paling dekat dengan bumi. Maka keadaan bumi akan terasa sangat panas.

Bulan, bulan mempunyai pengaruh yang sangat penting ketika malam hari, karena bulan memantulkan sebagian dari cahaya matahari sehingga malam hari tidak akan terlalu gelap.

Sedangkan kenampakan bintang, bintang hanya terlihat pada malam hari, tapi sebenarnya bintang selalu bersinar setiap saat. Hanya saja kerena letaknya sangat jauh dari bumi maka cahaya bintang pada siang hari kalah kuat dibandingkan matahari.

loading...

Leave a Reply