loading...

Penyakit pada sistem pernapasan

Loading...

Setelah kita mempelajari tentang alat-alat pernapasan pada manusia. Sekarang anda harus tahu apa saja gangguan atau penyakit pada sistem pernapasan? kita wajib mengetahui penyakit yang ditimbulkan oleh virus atau bakteri ini, karena pernapasan itu sangat penting bagi kelangsungan hidup. Jadi dengan sedemikian rupa kita harus menjaga agar sistem pernapasan kita tidak mengalami gangguan. Adapun penyakit pada sistem pernapasan antara lain:

asma

1. Asma
Penyakit asma ini disebabkan oleh penyumbatan pada saluran pernapasan, karena alergi terhadap sesuatu. Sepertu rambut, bulu, debu dan tekanan psikologi.

2. Kanker paru-paru
Kanker paru-paru disebabkan oleh menghirup produk Petroleum, kromium, asbes dan kebiasaan merokok. Kanker paru-paru ini dapat menjalar ke bagian seluruh tubuh.

3. Difteri
Penyakit yang disebabkan oleh infeksi kuman. Difteri ini dapat menyumbat rongga faring dan laring.

4. TBC atau Tuberkulosis
TBC disebabkan oleh bakteri Mycobacterium Tuberculosis yang dapat mengganggu difusi oksigen karena adanya bintil-bintil pada dinding alveolus.

loading...

5. Anfiksi
Gangguan pernapasan yang disebabkan oleh alveolus terisi air, keracunan CO, terisi cairan limfa. Sehingga pada waktu pengangkutan dan penggunaan oksigen pernapasan dapat terganggu.

6. Emfisema
Disebabkan oleh robeknya dinding alveolus, sehingga di daerah pertukaran gas dapat berkurang.

7. Asidosis
Diakibatkan oleh kenaikan kadar asam karbohidrat dan asam bikarbonat dalam darah.

8. Radang pernapasan
Radang pernafasan ini terbagi menjadi 5 yaitu:
a. Laringitis, radang pada laring. radang akibatnya suara penderita jadi serak dan kehilangan suara.
b. faringitis, radang pada faring karena infeksi bakteri akibatnya tenggorokan sakit dan berwarna merah.
c. Rinitis, radang pada rongga hidung akibat infeksi virus influenza. Gejalanya lendir/ingus meningkat.
d. Bronkitis, radang pada cabang tenggorok disebabkan oleh infeksi. Sehingga mengakibatkan demam, menghasilkan banyak lendir pada batang tenggorok sehingga susah untuk bernapas.
e. Sinustis, radang pada sinus.Akibatnya di dalam rongga hidung yang letaknya di daerah pipi kiri dan kanan terdapat perkumpulan nanah sehingga harus dioperasi.

9. Pneumonia
Infeksi oleh virus atau bakteri pada alveolus, yang mengakibatkan radang paru-paru.

10. Wajah atau wajah bodoh
Disebabkan oleh saluran nafas terjadi  pembengkakan Kelenjar limfa atau polip.

Itulah dari berbagai macam penyakit pada sistem pernapasan, yang disebabkan oleh infeksi virus, bakteri, merokok, menghirup kromium, penyempitan saluran pernapasan, dan lainnya. Maka dari itu kita harus pandai-pandai untuk menjaga sistem pernapasan kita agar tidak terserang penyakit.

loading...

Leave a Reply