loading...

Pengertian Uang – Jenis, Syarat, Manfaat [Lengkap!]

Uang adalah sesuatu yang dibutuhkan semua orang. Dengan memiliki uang kehidupan terasa lebih mudah karena tidak akan kesulitan untuk memenuhi segala kebutuhan harian.

Uang memiliki beberapa manfaat seperti yang dijelaskan di bawah ini, namun sebelumnya cobalah untuk membaca pengertian dari uang dan jenis-jenis uang seperti yang sudah terangkum di bawah ini.

Pengertian uang secara umum diartikan sebagai alat tukar menukar yang diterima oleh umum. Menurut pakar ekonomi uang didefinisikan sebagai sesuatu yang secara umum diterima sebagai alat pembayaran untuk membeli barang ataupun jasa dan juga benda berharga lainnya. Uang bisa diartikan sebagai alat tukar untuk membeli barang dan juga jasa yang dibutuhkan.

Keberadaan uang di dunia ini sangat berguna terutama sebagai alternatif transaksi yang lebih praktis dan mudah ditakar daripada sistem barter yang terasa lebih rumit dan tidak ada standarnya. Uang sangat berguna untuk menggerakkan kegiatan ekonomi baik dalam skala kecil maupun skala besar.

Di Indonesia, uang diterbitkan oleh Bank Indonesia. Mata uang Indonesia adalah Rupiah dan sudah beredar di tengah masyarakat sejak tahun 1945. Pada awalnya mata uang Indonesia tidak bernama Rupiah namun bernama ORI (Oeang Repoeblik Indonesia).

 

6 Sifat dan Syarat Uang

Syarat Uang

Uang harus memenuhi beberapa syarat agar bisa dianggap sah sebagai sebuah alat tukar dalam sistem perekonomian. Syarat-syarat tersebut antara lain:

  • Acceptability

Hal ini berarti uang harus bisa diterima oleh semua kalangan, tanpa terkecuali.

  • Durability

Hal ini berarti uang harus bisa bertahan dalam jangka waktu yang lama dan tidak mudah rusak karena penggunaan yang cukup lama.

  • Stability of Value

Uang harus memiliki nilai yang tetap. Hal ini memiliki arti bahwa uang harus memiliki nilai yang sama dari masa ke masa sehingga orang-orang tidak akan merasa rugi untuk menyimpan uang dalam waktu yang lama.

  • Continuity

Memiliki artian bahwa uang harus memiliki pemakai dalam jangka waktu yang panjang.

  • Portability

Hal ini memiliki arti bahwa uang harus praktis dan mudah dibawa kemanapun. Hal ini akan memudahkan para pengguna untuk melakukan transaksi dalam jumlah yang besar.

  • Divisibility

Hal ini memiliki arti bahwa uang harus mudah dibagi. Dalam artian saat melakukan transaksi kecil pun uang tetap memiliki pecahan yang tidak berkurang nilainya.

 

6 Manfaat Uang

Manfaat Uang

Uang memiliki berbagai manfaat dalam kehidupan manusia. Segala hal di dunia ini memerlukan uang untuk bisa mendapatkannya. Berikut ini beberapa contoh manfaat uang.

  1. Sebagai Alat Tukar Resmi dan Sah

Manfaat uang yang pertama adalah sebagai alat tukar yang resmi dan sah. Uang yang dianggap resmi dan sah adalah uang yang dianggap resmi dan telah disahkan oleh pemerintah di suatu negara.

Setiap negara memiliki mata uang yang berbeda-beda, sehingga jika seseorang ingin bertransaksi di negara yang baru dikunjunginya ia harus menukarkan uang yang ia bawa dari negara asalnya dengan uang baru yang dianggap resmi dan sah di negara tersebut.

Jika persyaratan tersebut telah dipenuhi maka ia bisa menggunakan uang tersebut dengan leluasa.

  1. Sebagai Alat Pembayaran

Manfaat dari uang yang kedua adalah sebagai alat pembayaran. Semua orang yang bekerja pasti mengharapkan akan mendapatkan hasil sebagai upah atas hasil kerjanya.

Orang yang bekerja akan mendapatkan uang sebagai bayarannya. Dengan begini uang akan dianggap sebagai alat pembayaran yang sah, baik itu untuk membayar barang ataupun jasa.

loading...
  1. Sebagai Satuan Hitung

Uang di sini berguna sebagai alat satuan hitung karena uang dapat digunakan untuk menunjukkan nilai dari suatu barang atau jasa yang diperjualbelikan secara spesifik. Uang berlaku sebagai alat untuk memperlancar suatu transaksi atau pertukaran. Uang dapat digunakan untuk memberi nilai pada barang yang dijual.

Uang juga bisa memberikan nilai pada jasa yang ditawarkan. Uang juga dapat digunakan untuk menunjukkan besarnya kekayaan seseorang dan juga banyaknya pinjaman yang harus dibayar oleh seseorang. Di sini uang memiliki makna sebagai pemberi nilai pada suatu barang, jasa atau sebuah transaksi.

  1. Sebagai Alat Penyimpan Nilai

Selain manfaat-manfaat di atas, uang juga memiliki manfaat sebagai penyimpan nilai. Hal ini diartikan sebagai alat untuk mengalihkan daya beli dari satu masa ke masa yang akan datang.

Misalnya, seorang pedagang menjual barang dagangannya dan ada seseorang yang membeli, orang tersebut membayar dengan uang dan diterima oleh si pedagang. Keesokan harinya si pedagang bisa menggunakan uang yang disimpannya tadi untuk digunakan membeli barang atau jasa yang ia inginkan di masa yang akan datang.

Hal ini memiliki arti bahwa nilai dari uang tidak mudah hilang dan bisa tetap digunakan dalam jangka waktu yang relatif panjang.

  1. Sebagai Alat Utang Piutang

Manfaat uang yang berikutnya adalah dapat dijadikan sebagai alat utang piutang. Orang yang sedang membutuhkan dana mendesak biasanya menggunakan langkah ini untuk memenuhi kebutuhannya. Uang dapat dijadikan sebagai alat utang piutang.

Bagi yang membutuhkan uang bisa memberikan jaminan berupa barang atau aset yang dimiliki untuk ditukarkan menjadi uang

Jika orang tersebut ingin asetnya kembali ia harus membayarkan uang yang dipinjamnya atau dengan kata lain membayar hutang-hutangnya. Kegiatan ini mempermudah kebutuhan bagi orang-orang yang membutuhkan uang secara mendesak dan mendadak.

  1. Sebagai Penimbun dan Peningkat Kekayaan

Manfaat uang yang berikutnya adalah untuk menimbun dan juga meningkatkan kekayaan seseorang. Kekayaan dari seseorang dapat dinilai dari seberapa besar uang yang dimilikinya. Uang dapat berbentuk uang kartal maupun uang giral yang hanya berbentuk seperi deposito di dalam bank.

Orang juga bisa meningkatkan kekayaannya dengan melipatgandakan kepemilikan uangnya. Semakin banyak uang yang dimiliki semakin meningkat pula kekayaan seseorang.

 

Jenis-Jenis Uang

Jenis Uang

Uang memiliki berbagai jenis yang berbeda-beda. Jenis uang dibedakan menjadi beberapa jenis tergantung dari golongannya, antara lain:

Menurut Lembaga Pengedar Uang

  • Uang Kartal

Uang kartal adalah uang yang dikeluarkan oleh  pemerintah bedasar pada undang-undang yang berlaku. Uang kartal terdiri dari uang logam dan juga uang kertas.

  • Uang Giral

Uang giral adalah dana yang disimpan di dalam bank dan dapat digunakan untuk membayar suatu barang atau jasa dengan menggunakan cek atau giro. Uang giral dikeluarkan oleh bank tanpa bentuk fisik karena uang giral hanya berupa saldo tagihan di bank.

Menurut Bahan Pembuatnya

  • Uang Logam

Uang logam adalah uang yang terbuat dari bahan logam, biasanya logam yang digunakan adalah emas dan perak. Kedua logam ini digunakan untuk membuat uang karena nilainya yang tinggi dan relatif stabil serta kekuatannya yang tahan lama.

  • Uang Kertas

Uang kertas adalah uang dengah bahan yang terbuat dari kertas dan ada nilai nominal di atas permukaan uang tersebut. Nilai itulah yang menjadi nilai dari uang kertas tersebut. Di Indonesia uang kertas diatur oleh pemerintah sesuai dengan UU No. 23 tahun 1999.

***

Demikianlah informasi mengenai manfaat uang beserta dengan sejarah singkat, pengertian dan jenis-jenisnya. Semoga bermanfaat.

loading...

Leave a Reply