loading...

Pengertian Pinjam Meminjam – Surat Perjanjian, Syarat, Manfaat

 

Pengertian Pinjam MeminjamPengertian Pinjam Meminjam

Pinjam meminjam adalah memberikan suatu benda yang halal kepada orang lain untuk diambil manfaatnya dengan tidak merusak zatnya. Agar barang itu dapat dikembalikan lagi.

Manusia dilahirkan sebagai makhluk sosial, yang berarti tidak dapat hidup tanpa bantuan orang lain.tidak ada satupun manusia yang hidup sendiri. Karena manusia saling membutuhkan satu sama lain.

Syarat Pinjam Meminjam

  • Barang yang dipinjam ada manfaatnya.
  • Sewaktu diambil manfaatnya zat dari barang itu tidak rusak.

Apabila barang yang dipinjam rusak atau hilang maka yang meminjam tidak mengganti karena pinjam meminjam itu percaya mempercayai.

loading...

Tetapi apabila rusak atau hilang dengan sebab lain, wajib menggantinya. Karena itu berhati-hatilah jika meminjam barang orang lain. jagalah dengan baik. Jika selesai meminjam kembalikanlah.

Oleh karenanya, orang-orang banyak yang menggunakan surat perjanjian pinjam meminjam untuk menghindari kerusakan pada barang. Jadinya akan menuliskan sebuah kertas dengan hitam di atas putih bahwa barang akan kembali dalam kondisi semula.

5 Manfaat Pinjam Meminjam

  • Mempererat persaudaraan dalam suasana kekeluargaan
  • Memupuk sifat saling percaya
  • Merupakan bentuk silaturahmi
  • Saling memberikan manfaat barang yang dipinjam
  • Menumbuhkan suasana hidup rukun, saling bantu membantu.

***

Jadi sebagai umat muslim, apabila meminjamkan sesuatu kepada orang lain yang membutuhkan, hendaklah ikhlas meminjamkannya

Begitu pula dengan orang yang meminjam, hendaklah barang pinjaman itu digunakan dengan sebaik-baiknya. Dijaga agar tidak rusak.

Dipergunakan sesuai dengan kebutuhan.

Sebagai umat muslim, Allah telah mewajibkan kita untuk saling tolong menolong. Kita wajib menolong kepada orang yang membutuhkan.

Sabda Rasulullah SAW:

Allah akan menolong hambanya selama hambanya itu menolong saudaranya. (H.R Muslim)

loading...

Leave a Reply