Pengertian Kenampakan Alam di Indonesia – Daratan & Perairan

Banyak sekali disekitar kita bermacam-macam keanekaragaman alam. Keanekaragaman alam dapat menunjukkan pula berbagai budaya yang ada di indonesia.

Pernahkah kalian melihat disekeliling tempat tinggalmu. Jika kamu perhatikan, banyak sekali kenampakan-kenampakan alam yang ada. Apalagi yang tinggal di perdesaan. Banyak sekali Gunung, sungai, hutan, lereng bahkan laut yang ada diperkotaan.

Lalu apa kenampakan alam itu? Kenampakan alam adalah semua yang ada dibumi yang menampakkan secara alamiah. Dari beberapa contoh diatas, dapat kita ketahui bahwa kenampakan alam ada dua macam yaitu kenampakan alam daratan dan kenampakan perairan.

Pengertian Kenampakan Alam Berdasarkan Jenisnya

  1. Kenampakan Alam Daratan
Kenampakan Alam Daratan

via jonvilma.com

Tempat dimana kita berpijak disebut dengan daratan. Daratan dapat berupa pegunungan, gunung ini terbagi menjadi dua macam yaitu gunung berapi dan tidak berapi.

Gunung berapi menghasilkan barang-barang tambang seperti batu, pasir, belerang. Sedangkan gunung tidak berapi sangat bermanfaat bagi penduduk untuk perkebunan, tempat rekreasi.

Kemudian dataran rendah biasanya dimanfaatkan untuk pertanian, perumahan, peternakan dan sebagainya. Dataran tinggi, Dataran tinggi terletak di atas 200 meter dari permukaan laut. Bisa dimanfaatkan untuk menanam sayur-sayuran dan buah-buahan.

Pantai, pantai juga termasuk kenampakan alam karena bukan buatan manusia. Pantai dijadikan tempat rekreasi dan pariwisata oleh kebanyakan orang dari berbagai wilayah di Indonesia.

  1. Kenampakan Alam Perairan
Kenampakan Alam Perairan

via dailyhive.com

Pasti kalian sudah tau dan sering melihat perairan di wilayah atau tempat tinggal kalian. Perairan ini dapat berupa sungai, danau, dan selat. Di indonesia banyak sekali terdapat sungai seperti di daerah sumatera, jawa dan banyak terdapat kapal-kapal sebagai alat transportasi.

Danau, ada beberapa danau yang yang terdapat di Indonesia, seperti danau toba disumatera utara, danau tawar di NAD, danau singkarak di sumatera barat, danau jempang dikalimantan timur, danau sembuluh dikalimantan barat dan masih banyak lainnya.

emudian selat, selat adalah laut yang sempit diantara pulau-pulau. Selat di Indonesia ada selat sunda, selat bangka, selat lombok, selat badung, selat alas, selat makasar, selat berhala, selat bali dan selat rote.

***

Nah, sudah tahukan. Bahwa keanekaragaman alam itu ada 2 macam yaitu kenampakan alam dataran dan perairan.

Kenampakan alam daratan dapat berupa pegunungan, dataran tinggi, dataran rendah dan pantai. Sedangkan kenampakan alam perairan dapat berupa sungai, selat dan danau. Kenampakan alam semua itu dapat kita lihat di sekitar tempat tinggal kita.

Betapa besar kuasa Tuhan Yang Maha Esa menciptakan kenampakan-kenampakan alam yang indah dan luar biasa. Semoga kita semua dapat menjaga, memanfaatkan serta melestarikannya sebaik-baiknya.

Pencarian Terkait:

  • kenampakan alam
  • kenampakan alam adalah
  • apa arti kenampakan

Leave a Reply