Pengertian dan manfaat kerja bakti disekolah

kerja-bakti

Kita sebagai anggota atau warga sekolah berkewajiban untuk selalu menjaga dan merawat sekolah agar tetap bersih. Kebersihan sekolah merupakan tanggung jawab semua anggota sekolah baik kepala sekolah, guru-guru maupun murid. Kenapa harus menjaga kebersihan? Karena kebersihan pangkal kesehatan. Jika lingkungan sekolah bersih udara menjadi segar, akan membuat nyaman, aman dalam belajar serta akan terhindar dari penyakit.

Semua anggota sekolah harus melakukan bersih lingkungan secara bersama-sama. Kegiatan yang dilakukan bersama-sama oleh sejumlah orang untuk melakukan suatu hal demi kepentingan bersama disebut dengan kerja bakti. Kerja bakti dapat dilakukan kapan saja disekolah, sebaiknya paling tidak satu kali dalam seminggu. Jangan sampai tidak melakukan kerja bakti untuk kebersihan lingkungan.

Dengan kerja bakti yang dilakukan disekolah, dapat memberikan banyak manfaat untuk Anda dan semua anggota sekolah. Manfaat kerja bakti adalah :

1. Terhindar dari wabah penyakit
Kebersihan adalah hal utama dalam menjaga kesehatan. Dengan membersihkan lingkungan sekolah maupun ruang kelas dengan bersih membuat Anda akan terhindar dari penyakit. Jika Keadaan sekolah kotor, maka akan menimbulkan wabah penyakit.

2. Lingkungan menjadi bersih
Dengan kerja bakti yang dilakukan semua anggota sekolahmu, misalkan dengan cara menyapu, mengepel ruang-ruang kelas dan memunguti sampah yang berserakan dilapangan atau lantai dapat membuat lingkungan sekolah Anda menjadi bersih dan enak dipandang mata.

3. Pekerjaan akan cepat selesai
Kerja bakti adalah kegiatan yang dilakukan secara bersama-sama. Nah,  membersihkan lingkungan sekolah yang dilakukan secara bersama-sama tersebut dapat membuat pekerjaan cepat selesai dan maksimal.

4. Melatih siswa bekerja sama
Kegiatan yang dilakukan secara bergotong royong ini melibatkan semua anggota sekolah. Semua anggota sekolah tersebut melaksanakan tugasnya secara bersama-sama sehingga dapat melatih siswa untuk saling bekerja sama bahu membahu dalam membersihkan lingkungan.

5. Kerja bakti dapat meningkatkan keakraban antara guru dengan siswa
Antara guru dan siswa memiliki batasan-batasan. Nah, dengan melakukan kerja bakti ini sebaiknya guru berbaur dengan siswa untuk melakukan pekerjaan secara bersama-sama, sehingga dapat meningkatkan rasa keakraban antara guru dan siswanya.

Dengan demikian, pengertian kerja bakti adalah kegiatan yang dilakukan secara bergotong royong demi kepentingan bersama. Kerja bakti bisa dilakukan dengan cara menyapu, mengepel lantai, membersihkan jendela kaca atau bahkan memunguti sampah-sampah yang berserakan dilapangan. Dengan kerja bakti banyak sekali manfaat yang dapat diperoleh dengan melakukan kerja bakti, diantaranya kerja bakti dapat membuat lingkungan menjadi bersih, dengan lingkungan bersih dapat terhindar dari penyakit, dapat meningkatkan keakraban antara guru dan murid dan pekerjaan yang dilakukan akan cepat selesai.

Pencarian Terkait:

  • identifikasikan menurut tipe kerja bakti
  • kerja bakti

Leave a Reply