loading...

Anggota Sistem Tata Surya Beserta Pengertian & Susunannya [+ Gambar]

Sahabat guru murid, tahukah kalian bumi yang kita pijak sekarang ini merupakan salah satu bagian dari tata surya.

Selain itu, kamu dapat melihat bulan dan bintang pada malam hari, yang memberikan cahaya terang yang sangat indah untuk dipandang serta memiliki kenyamanan melihatnya. Bulan dan bintang juga termasuk ke dalam tata surya. Lalu, apa yang dimaksud dengan tata surya?

Pengertian tata surya adalah susunan atau kumpulan benda-benda langit yang terdiri dari Matahari, planet-planet, planetoid atau asteroid, komet, meteor, bulan dan bintang.

Sungguah luar biasa, semua benda langit tersebut terbentuk secara bersamaan mengelilingi matahari. Planet yang mengelilingi matahari disebut dengan revolusi. Berikut penjelasannya :

Susunan Sistem Anggoa Tata Surya

Pengertian Sistem Tata Surya

via multidict.net

  1. Matahari

Matahari? Siapa yang tidak tahu dengan matahari. Matahari ini yang biasa kita lihat ketika siang hari dikala cuaca cerah, yang memancarkan cahaya dan panas ke bumi. Tahukah kalian dari apa terbentuknya matahari

Humm, matahari ini terbentuk dari kabut gas dan debu yang disebut dengan Nebula.

Matahari juga menjadi pusat pada tata surya kita. Matahari dapat memancarkan panasnya karena terjadi reaksi fusi inti hidrogen menjadi helium pada pusat matahari. Dari terjadinya hal tersebut, menghasilkan panas yang sangat tinggi sehingga merambat sampai keluar bola matahari dan memancar ke ruang angkasa sehingga mencapai bumi.

Selain itu, matahari juga memiliki gaya tarik bumi yang disebut gaya gravitasi. Seperti, benda yang dilempar ke atas akan turun kebawah, akibat adanya gaya tarik bumi. Matahari juga melakukan rotasi (perputaran pada porosnya) yaitu ke arah negatif, yang berlawanan dengan jarum jam.

  1. Planet-Planet

Planet-planet merupakan benda langit.

Planet ada 9 macam yaitu planet Markerius, Venus, Bumi, Mars, Yupiter, Saturnus, Uranus, Neptunus dan Pluto. Planet-planet tersebut mengelilingi matahari dan memiliki ukuran yang berbeda-beda.

loading...

Akan tetapi menurut penelitian para astronom, ada satu planet yang menjadi sebuah pertanyaan yaitu planet Pluto. Planet Pluto berukuran lebih kecil dibandingkan planet lain. Sehingga para ilmuan astronomi memutuskan untuk mengubah status planet Pluto menjadi planet Kerdil.

  1. Asteroid

Terbentuknya asteroid berawal dari pecahan-pecahan planet. Kemudian pecahan-pecahan planet tersebut hancur menjadi kepingan-kepingan karena suatu bencana di angkasa. Sehingga pecahan tersebut hancur dan membelah menjadi empat kepingan yaitu kepingan Ceres, Pallas, Vesta dan Yuno.

Inilah yang dinamakan Asteroid.

Asteroid terletak dalam sebuah sabuk diantara planet Mars dan Yupiter. Karena ukurannya lebih kecil dari planet, asteroid sering disebut dengan Planetoid.

  1. Komet

Komet adalah benda langit yang beredar mengelilingi matahari. Komet memiliki cahaya terang pada bagian tengahnya. sama halnya dengan bintang.

Namun bedanya, bintang tidak memiliki buntut atau ekor. Sedangkan komet memiliki buntut yang menyerupai kabut.

  1. Meteor

Meteor merupakan benda angkasa yang bergerak bebas dan melintas dengan tidak beraturan diluar angkasa, kemudian meluncur ke dalam atmosfer.

Atmosfer ini adalah lapisan kulit bumi.

Pada saat meteor meluncur dan masuk ke atmosfer terjadi sebuah gesekan udara, sehingga meteorpun habis terbakar sebelum permukaan bumi. Nah, dengan adanya atmorfer dapat melindungi bumi dari jatuhnya meteor yang berasal dari luar angkasa.

  1. Bulan

Bulan merupakan benda langit yang bentuknya selalu berubah-ubah. Terkadang berbentuk bulat, berbentuk setengah lingkaran, berbentuk seperti sabit. Bulan dapat kita jumpai di malam hari.

Cahaya bulan lebih redup dari cahaya matahari. Karena bulan memantulkan cahaya dari matahari. Akan tetapi bulan terkadang terlihat juga pada siang hari, akibat dari langit yang dangat cerah.

  1. Bintang

Sama halnya dengan bulan, bintang juga memberikan cahaya pada malam hari. Bintang adalah benda langit yang memancarkan cahaya sendiri.

Jumlah bintang tidak bisa terhitung, karena jumlahnya yang sangat banyak. Ukuran bintang pula berbeda-beda ada yang sangat besar seperti matahari, (matahari juga merupakan bintang), ada pula bintang yang sangat kecil.

***

Jadi, tata surya adalah kumpulan benda-benda langit yang terbentuk secara bersamaan. Bagian-bagian dari tata surya yaitu matahari, planet-planet, asteroid, komet, atmosfer, meteor, bulan dan bintang.

Tuhan menciptakan alam semesta ini lengkap dengan segala isinya.

Sungguh luar biasa bukan? Jelas bahwa, semua tata surya tersebut memiliki manfaatnya masing-masing bagi kehidupan kita di dunia ini.

loading...

Leave a Reply