loading...

Pengertian Bahasa Menurut Para Ahli Beserta Manfaatnya

Secara sederhana, bahasa dapat diartikan sebagai media manusia yang dipergunakan untuk bertutur kata dengan manusia lain. Hal ini termasuk dengan menggunakan perkataan maupun gerakan.

Bahasa telah ada sejak ribuan tahun yang lalu dan dapat dianggap sebagai suatu budaya peninggalan nenek moyang. Berikut ini adalah pembahasan secara mendetail mengenai pengertian bahasa, asal mula bahasa, dan manfaat bahasa.

Pengertian bahasa menurut KBBI adalah sebuah susunan teratur yang memiliki pola dan membentuk suatu makna dan dapat difungsikan sebagai media berkomunikasi dengan orang lain. Terdapat berbagai sifat dan faktor yang membentuk suatu bahasa. Sifat tersebut adalah harus memiliki pola, makna dan fungsi yang dapat dipergunakan untuk keperluan komunikasi. Bahasa yang baik harus tersusun secara sistematis dan membentuk pola, sehingga aturan dan susunannya tidaklah acak.

Bahasa juga tidak boleh berupa sistem tunggal, melainkan harus terdiri dari sistem utama dan sub sistem atau sistem bawahan. Sub sistem dalam bahasa meliputi sub sistem morfologi, sub sistem fonologi, sub sistem sintaksi dan sub sistem semantik.

Di Indonesia sendiri, terdapat berbagai jenis bahasa seperti bahasa daerah, bahasa baku, bahasa tidak baku, serta bahasa gaul.

 

Asal Mula Bahasa Indonesia

Asal Mula Bahasa Indonesia

via www.inbali.org

Bahasa Indonesia adalah bahasa nasional yang digunakan di negara Indonesia. Bahasa Indonesia merupakan bahasa persatuan dari negara Indonesia. Bahasa Indonesia diresmikan penggunaannya sebagai bahasa resmi Indonesia sejak terjadinya Proklamasi Kemerdekaan Negara Indonesia pada 17 Agustus 1945 silam.

Selain di Indonesia, bahasa Indonesia juga dipakai di Timor Leste sebagai bahasa kerja atau bahasa sehari-hari masyarakatnya.

Jika Bahasa Indonesia dilihat dari sudut pandang linguistik, maka dapat dikategorikan sebagi salah satu cabang dari bahasa Melayu. Dasar yang dipakai adalah bahasa Melayu Kepulauan Riau. Bahasa Indonesia sudah dipergunakan sejak abad ke-19 dan terus berkembang hingga saat ini. Penamaan bahasa Indonesia dimulai sejak peristiwa Sumpah Pemuda yang dilaksanakan pada 28 Oktober 1928 silam.

Meskipun bahasa Indonesia adalah bahasa nasional negara Indonesia namun banyak orang Indonesia yang bahasa ibunya bukan bahasa Indonesia. Penggunaan bahasa lokal  atau daerah masih banyak dipergunakan dalam kehidupan sehari-hari. Penggunaan bahasa Indonesia harus digunakan dalam hal yang bersifat resmi, formal, dan global, contohnya: sekolah, televisi, rumah sakit, kepemerintahan.

Walaupun berasal dari rumpun yang sama dengan bahasa Malayu, namun bahasa Indonesia juga mengadopsi dan menyerap penggunaan dari bahasa-bahasa asing seperti bahasa Portugis, Belanda, Arab dan Cina. Bahasa-bahasa asing ini banyak masuk kala masa penjajahan di Indonesia. Pada akhirnya bahasa asing ini memperkaya pebendaharaan kata bahasa Indonesia itu sendiri.

 

5 Manfaat Bahasa Bagi Kehidupan Sehari-Hari Manusia

Manfaat Bahasa

via www.prestigenetwork.com

  1. Sebagai Alat Pemersatu Suatu Bangsa

Fungsi bahasa yang pertama adalah sebagai alat pemersatu bangsa. Sebuah bahasa sangat berguna untuk menentukan jati diri suatu bangsa. Negara dengan satu bahasa resmi akan membuat rakyatnya menjadi lebih mencintai bahasa tersebut dan menganggap bahasa tersebut menjadi salah satu ciri khas bangsa.

loading...

Secara tidak langsung bahasalah yang akan mempersatukan masyarakat suatu bangsa. Hal ini dikarenakan rasa keterikatan yang ada pada rakyatnya.

Fungsi bahasa sebagai alat pemersatu bangsa sudah ditunjukkan oleh pemuda Indonesia melalui peristiwa Sumpah Pemuda yang dilaksanakan pada 28 Oktober 1928 lalu. Di peristiwa tersebut untuk pertama kalinya bahasa Indonesia disebut dan nantinya peristiwa inilah yang akan mengobarkan semangat rakyat Indonesia untuk lepas dari penjajahan.

  1. Sebagai Ciri Khas atau Identitas Suatu Bangsa

Fungsi dari bahasa yang berikutnya adalah sebagai identitas suatu bangsa. Dengan dimilikinya sebuah bahasa resmi maka suatu bangsa dapat memiliki suatu ciri khas atau identitas yang membedakan dari bangsa lain. Bahasa ini juga yang mempersatukan rakyat suatu negara.

Di dalam suatu negara biasanya terdapat banyak sekali bahasa lokal yang berbeda-beda logat serta dialeknya, bahasa resmilah yang nantinya akan menjadi pemersatu dari bahasa-bahasa lokal yang ada.

Hal ini juga terjadi di Indonesia, bahasa lokal di Indonesia jumlahnya sangat banyak namun rakyat Indonesia memiliki bahasa Indonesia yang memberikan ciri bagi mereka secara umum. Bahasa Indonesia juga membedakan bangsa Indonesia dari bangsa lainnya.

Meskipun masih sama dalam rumpun Melayu tetapi bahasa Indonesia bukanlah bahasa Melayu dan inilah yang membedakan bangsa Indonesia dari bangsa Malaysia, Singapura dan negara serumpun lainnya.

  1. Sebagai Media Komunikasi

Salah satu fungsi utama dari bahasa secara umum adalah sebagai media atau alat untuk berkomunikasi. Bahasa adalah salah satu alat komunikasi paling mudah dipahami oleh semua orang. Bahasa lisan sudah digunakan ribuan tahun lalu sebelum ditemukan bahasa tulisan. Bahasa lisan adalah bahasa yang diucapkan dan ini sangat membantu dalam kehidupan sehari-hari.

Bahasa merupakan media komunikasi bagi semua orang. Untuk mempermudah dan memperlancar komunikasi di antara dua orang dengan bahasa ibu yang berbeda maka ditentukanlah satu bahasa internasional yang akan mempermudah kelancaran komunikasi. Bahasa internasional yang berlaku di dunia saat ini adalah bahasa Inggris.

Hal ini dikarenakan bahasa Inggris adalah salah satu bahasa yang paling mudah untuk dikuasai dan dipahami oleh semua orang. Inggris yang mengkoloni banyak negara juga menjadi salah satu pertimbangan mengapa bahasa Inggris dipilih sebagai bahasa internasional dunia.

  1. Sebagai Sarana Untuk Memperlancar Aktivitas

Fungsi dari bahasa yang berikutnya adalah untuk memperlancar aktivitas. Bisa dibayangkan jika tidak ada bahasa maka aktivitas dari semua orang akan terganggu karena tidak tahu harus melakukan apa dan meminta apa dari orang lain.

Hal ini berlaku di semua sektor kehidupan, tanpa adanya bahasa maka semua lini kehidupan akan mengalami kelumpuhan dan tidak produktif.

  1. Menunjukkan Intelektual Seseorang

Fungsi dari bahasa yang berikutnya adalah untuk menunjukkan dan mengetahui tingkat intelektual dari seseorang. Kecerdasan atau intelektual seseorang selain dapat dilihat dari penampilan luar juga dapat dilihat dari kemampuan bahasa seseorang. Orang yang pandai dalam berbahasa atau dapat berbahasa dengan baik maka dapat menunjukkan bahwa orang tersebut memiliki tingkat kecerdasan yang baik.

Selain tingkat kecerdasan, bahasa yang dituturkan dengan baik juga akan menunjukkan tingkat etika dan moral seseorang. Orang yang bertutur kata dan berbahasa baik maka menunjukkan bahwa ia adalah orang yang memiliki etika dan moral yang baik pula. Penggunaan bahasa sangatlah luas maka ada baiknya untuk mempelajari bahasa yang baku dan benar.

***

Bahasa adalah salah satu komponen penting di dalam tatanan hidup masyarakat. Melalui bahasa orang-orang dapat berkomunikasi dan bertukar pikiran dengan orang lain. Selain itu bahasa juga akan membentuk jati diri dan identitas suatu bangsa menjadi lebih kuat. Bahasa pula lah yang akan membantu kelancaran aktivitas manusia sehari-hari.

Demikianlah informasi yang merangkum tentang pengertian bahasa secara umum beserta dengan manfaat-manfaatnya bagi kehidupan. Semoga informasi di atas bermanfaat.

loading...

Leave a Reply