loading...

4 Pengaruh Cuaca Terhadap Kehidupan Manusia

Pengaruh Cuaca Terhadap Kehidupan Manusia

via 98five.com

Cuaca merupakan keadaan udara pada suatu tempat dan pada waktu tertentu. Keadaan cuaca selalu berubah-ubah disetiap daerah. Ada yang kemarau, ada yang dingin, ada yang mendung, hujan dan sebagainya.

Keadaan cuaca dipengaruhi oleh tiga unsur yaitu matahari, angin dan air. Matahari dapat menghasilkan energi yang dapat mengendalikan air. Angin membawa awan dan bergerak menuju tempat yang lebih tinggi sambil membawa uap air sehingga terjadi hujan.

Pengaruh Cuaca Terhadap Kehidupan Manusia itu sangat berpengaruh. Seperti halnya, pada saat musim penghujan, udara banyak mengandung uap air dan cahaya matahari tidak akan terasa karena adanya air hujan.

Apa Saja Pengaruh Cuaca Bagi Kehidupan Manusia?

  1. Bercocok Tanam

Pernahkah kamu membayangkan atau melihat kegiatan para petani bercocok tanam? Saat musim hujan, tanah disekitar perkebunan akan menjadi basah dan lembab. Berbagai jenis tumbuhan menyukai kondisi seperti ini dan ada pula yang tidak menyukainya.

  1. Pertumbuhan Tumbuhan

Selain itu, ketika musim kemarau pengaruh sinar matahari sangat terasa. Tanah didaerah perkebunan tersebut menjadi kering akibat suhu permukaan bumi yang tinggi.

Tumbuhan yang memiliki akar panjang dan daun yang berselaput lilin yang mempu bertahan pada kondisi seperti ini.

  1. Jemur Pakaian

Kemudian juga berpengaruh terhadap pakaian yang kita jemur sehabis mencuci

Pakaian basah yang kita jemur akan cepat mengering karena terkena sinar matahari dibandingkan pada saat cuaca mendung ataupun hujan. Pada musim kemarau juga air sangat sulit diperoleh.

  1. Pakaian Yang Digunakan

Keadaan cuaca juga berpengaruh terhadap pakaian yang kamu gunakan. Saat musim hujan, suhu udara sangat dingin. Manusia membutuhkan pakaian tebal untuk mengatasi suhu yang sangat dingin agar tubuh tidak kedinginan.

Pakaian yang digunakan biasanya terbuat dari bahan wol. Saat musim hujan kamu juga tidak boleh lupa untuk membawa payung ataupun jas hujan saat keluar rumah.

loading...

 

Pengaruh Hujan Terhadap Kehidupan Manusia

Banyak sekali yang suka ketika hujan turun apalagi anak anak, termasuk saya sendiri. Saya sangat senang ketika hujan turun, kenapa? Karena saya merasa bahagia saat hujan turun.

Hujan digunakan untuk sarana bermain bagi anak-anak. Genangan nya juga bisa digunakan untuk menjalankan mainan, seperti perahu-perahuan dan bebek-bebekan. Akan tetapi, kita tidak boleh terlalu lama dalam bermain hujan karena bisa menyebabkan kedinginan dan badan menjadi sakit.

Hujan dapat memberikan pengaruh bagi kehidupan kita. Memang hujan itu membawa berkah termasuk pada tumbuhan. Tumbuhan sangat memerlukan air untuk perkembangbiakannya.

Hujan dapat menguntungkan bagi tanaman seperti padi yang baru ditanam. Dengan turunnya hujan padi menjadi lebih segar. Hujan juga bisa mengalirkan atau melarutkan kotoran sehingga menjadi bersih.

Akan tetapi hujan dengan terus menerus dan deras juga dapat mendatangkan berbagai bencana alam. Seperti banjir, tanah longsor, erosi dan lain-lain. Bencana alam ini sangat merugikan bagi kehidupan kita.

Selain dapat merusak daerah pertanian kita, juga dapat merusak bangunan rumah serta dapat menghambat aktivitas yang kita lakukan sehari-hari, dan kemudian juga dapat menyebabkan tubuh kita jatuh sakit.

Coba kalian perhatikan pekarangan rumah kalian atau keadaan di luar rumah kalian ketika hujan sudah reda atau berhenti. Lalu apa yang kalian lihat. Tentunya jalan banyak sampah akibat terbawa aliran air hujan, sampah berserakan dimana-mana. Genangan air nya pun dapat membuat kendaraan kita menjadi kotor dan sangat merepotkan bagi orang yang berjalan kaki.

***

Jadi, keadaan cuaca sangat berpengaruh terhadap aktivitas yang kita lakukan setiap harinya. Keadaan cuaca ini disebabkan oleh matahari, angin dan air.

Pada saat musim penghujan, akan menghambat aktivitas kita. Misalkan akan pergi ke sekolah atau kekantor tempat kamu bekerja. Tetapi hujan sangat deras tak kunjung reda. Hal itu akan menghambat kegiatanmu dan kedatanganmu akan tertunda sampai ketujuan.

Hujan terjadi karena adanya pemanasan air menjadi uap. Uap air kemudian mengembun membentuk awan. Dalam awan terdapat uap air yang jumlahnya ribuan. Butiran uap air jatuh ke bumi sebagai hujan karena pengembunan.

Pada saat musim penghujan jangan lupa bawa payung dan jas hujan. Begitu juga pada musim kemarau, pada saat musim kemarau, tanah-tanah menjadi kering, banyak tanaman yang mati karena kekurangan air.

Saat musim kemarau biasanya manusia memakai pakaian tipis dan menyerap keringat.

loading...

Leave a Reply