METODE PEMBELAJARAN

Macam – Macam Metode Pembelajaran

             Pada dasarnya guru adalah seorang pendidik. Pendidik adalah orang dewasa dengan segala kemampuan yang dimilikinya untuk dapat mengubah psikis dan pola pikir anak didiknya dari tidak tahu menjadi tahu. Salah satu yang harus dilakukan oleh guru adalah dengan mengajar dikelas. Dan yang paling penting adalah performance guru dikelas. Bagaimana seorang guru dapat menguasai keadaan kelas sehingga tercipta suasana belajar yang menyenangkan.
Dengan demikian, guru harus menerapkan metode pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik peserta didiknya.
Secara umum, metode mempunyai suatu garis-garis besar haluan untuk bertindak dalam usaha mencapai sasaran yang telah ditentukan. Tiap-tiap kelas bisa memungkinkan menggunakan metode pembelajaran yang berbeda-beda antara kelas yang satu dengan kelas yang lain. Untuk itu guru harus mampu menguasai dan menerapkan berbagai macam metode pembelajaran.

Pengertian metode pembelajaran cukup beragam walaupun pada dasarnya sama. Menurut Mashuri dalam bukunya Kompetensi Guru Dalam Mengajar, Secara etimilogis istilah motode berasal dari kata yunani yaitu “metododus” yang berarti jalan atau cara dan “logos” yang berarti ilmu. Yang secara sistematik berarti ilmu pengetahuan yang mempelajari tentang cara-cara atau jalan yang ditempuh untuk mencapai tujuan dengan hasil yang efektif dan efisien.
Menurut M. Hasby Ashydiqih dalam bukunya Metode Pembelajaran berpendapat bahwa, metode pembelajaran adalah seperangkat cara yang dilakukan untuk mencapai tujuan tertentu dalam proses pembelajaran.
Sedangkan menurut Geriach Ely dalam bukunya Strategi Dalam Proses Belajar, metode pembelajaran adalah cara-cara yang dipilih untuk menyampaikan pelajaran dalam lingkungan pengajaran tertentu, yang meliputi sifat, lingkup dan urutan kegiatan yang dapat memberikan pengalaman belajar kepada siswa.

Dari berbagai ragam pengertian metode pembelajaran diatas, dapat disimpulkan bahwa guru dituntut untuk mendidik dan mengajar siswa dengan menggunakan metode pembelajaran dalam proses belajar mengajar untuk mencapai tujuan tertentu.

Dengan demikian, guru hendaknya mampu untuk merencanakan kegiatan belajar yang baik dengan cara memilih metode pembelajaran yang sesuai dengan materi yang akan disampaikan kepada siswa.
Dalam pemilihan metode, guru harus mengkaji kesesuaian antara prilaku yang diharapkan dengan tujuan metode pembelajaran. Metode dipakai sesuai dengan tujuan, kondisi, jenis dan fungsinya, waktu dan tempat serta anak didik dengan berbagai tingkat kematangannya saat dilaksanakannya kegiatan.

Hal ini, memungkinkan seorang guru untuk menguasai dan memilih metode sesuai dengan keadaan yang harus dipertimbangkan. Karena metode merupakan faktor penting dalam meningkatkan hasil belajar siswa.
Adapun macam-macam metode pembelajaran yang digunakan dalam proses belajar mengajar dikelas, yaitu;

1. Metode Ceramah

Metode ceramah atau preaching method yaitu sebuah metode yang dilakukan untuk menyampaikan informasi tentang pengetahuan secara lisan kepada seluruh siswa dikelas. Metode ini salah satu cara menyajikan pembelajaran secara praktis dan sudah digunakan guru pada umumnya.
Dengan metode ini, guru dapat menguasai kelas dan mudah dilaksanakan dalam menerangkan materi pembelajaran. Tetapi sering juga dapat membuat siswa merasa bosan bila terlalu lama dan anak yang kurang tanggap akan sulit menerima atau memahami materi yang disampaikan.

2. Metode Demontrasi

Metode demontrasi adalah metode yang memerlukan suatu objeck atau alat bantu sebuah barang yang bertujuan untuk melihat dan mengetahui kejadian, aturan-aturan yang dilakukan dalam sebuah kegiatan yang sesuai dengan materi pembelajaran.
Metode ini dapat membantu anak didik lebih cepat memahami jalan nya suatu proses kerja sebuah benda.

3. Metode Eksperimen

Metode eksperimen yaitu metode pembelajaran yang digunakan guru untuk melakukan suatu percobaan yang melibatkan siswa harus lebih aktif dalam belajar. Tujuan dalam metode ini adalah untuk menguji kebenaran dan membuktikan suatu percobaan yang dilakukan.

4. Metode Resitasi

Metode resitasi merupakn metode yang mengharuskan anak didik belajar disaat jam sekolah telah usai. Metode ini digunakan guru dengan cara memberikan tugas kepada anak didik. Tugas tersebut biasanya dilakukan diluar jam sekolah, diberbagai tempat dirumah, ditaman, diperpustakaan ataupun ditempat lainnya.

5. Metode Tanya Jawab

Metode tanya jawab yaitu metode yang cara penjelasan materinya dilakukan dengan cara saling bertanya jawab antara sumber belajarnya dengan siswa maupun satu siswa dengan siswa lainnya.
Metode tanya jawab ini mengharuskan siswa lebih aktif dan lebih kreatif dalam mengembangkan ilmu yang telah dimilikinya. Mengharuskan siswa lebih berfikir luas dalam belajar atau menjawab pertanyaan. Cara belajar ini melibatkan antara guru dan siswa belajar lebih praktis. Sehingga dari tanya jawab inipun guru dapat melihat siswa mana yang lebih aktif lebih tinggi, sedang dan rendah dalam menerima pelajaran.

6. Metode Karya Wisata

Metode karya wisata adalah cara penyajian materi pembelajaran yang dilakukan diluar kelas atau diluar ruangan. Metode ini bertujuan untuk mengajarkan siswa mempelajari dan menyelidiki sesuatu atau objeck yang telah diberikan guru yang sesuai dengan materi yang disampaikan.

Dengan penjelasan diatas, metode mengajar merupakan sebagai cara yang digunakan guru dalam mengajar siswa agar terjadi interaksi dalam proses belajar mengajar. Metode sangatlah menentukan keberhasilan dalam mencapai tujuan pembelajaran yang diharapkan. Oleh karena itu, guru dalam melaksanakan pembelajaran harus analisis memilih metode apa yang tepat digunakan dalam suatu pembelajaran untuk mencapai tujuan yang efektif dan efisien.

Dan dengan adanya variasi metode pembelajaran tersebut terdapat kelebihan dan kekurangan masing-masing. Metode yang dilakukan guru dapat mengakibatkan penyajian bahwa pelajaran lebih menarik perhatian siswa, mudah diterima atau dipahami siswa dan kelaspun akan menjadi labih hidup.

Dengan demikian, jelas bahwa penggunaan metode sangat mempengaruhi proses belajar mengajar dikelas sehingga dapat meningkatkan perkembangan hasil belajar siswa.

Pencarian Terkait:

  • metode pembelajaran

Leave a Reply