loading...

5 Permainan Tradisional Anak-Anak Jaman Dulu di Sekolah

Kalau bicara tentang permainan tahun 90an itu bisa dikatakan gue bangettt, Hehehhe. Karena saya lahir ditahun 1991. Jadi saya masih bisa merasakan permainan-permainan dikala itu. Hayooo, siapa yang lahir ditahun 90an?

Beruntunglah kita yang lahir ditahun 90an, karena permainan dikala itu sangat mengasyikkan beda banget dengan anak-anak zaman sekarang yang serba teknologi.

Mengingat permainan disekolah tahun 90an, pasti ketawa-ketawa sendiri. Betapa lucunya kita dulu melakukan hal-hal yang konyol dalam bermain. Adapun permainan-permainan ditahun 90an, yaitu:

5 Permainan Tradisional Anak-Anak Jaman Dulu di Sekolah

Permainan Tradisional Anak-Anak Jaman Dulu di Sekolah

1. Main lompat tali

Lompat tali adalah permainan cewek banget. Terkenag sejenak, dulunya ketika saya SD, disetiap waktu istirahat saya membuka lapak berjualan didepan kelas. Sambil berjualan saya selingi dengan bermain lompat tali.

Didaerah saya lompat tali disebut dengan permainan yeye. Cara bermainnya dua orang memegang ujung karet dan yang satunya bermain lompat tali mulai dari melompat dari bagian pinggang hingga sampai junjung tangan.

2. Benteng-bentengan

Benteng-bentengan ini sebuah permainan yang pada dasarnya seperti sebuah kerajaan dengan menggunakan taktik untuk menguasai bentengnya. Permainan ini dilakukan secara berkelompok. Biasanya yang digunakan sebagai benteng itu tiang bendera, pohon atau dinding.

loading...

Setiap kelompok harus menguasai benteng lawan menggunakan taktik. Tapi sebelumnya anda harus memegang bentengmu terlebih dahulu baru bisa menyentuh tubuh lawan. Siapa yang menyentuh benteng duluan, dialah yang harus melawan musuh.

3. Permainan engklek

Permainan engklek didaerah saya disebut dengan permainan cak-engkleng. Permainan ini perlu membuat kotak segi empat dan berisikan garis-garos bagian didalamnya.

Cara bermainnya yaitu menggunakan oncak / sebuah batu. Batu tersebut dilempar ke dalam satu persatu kotak hingga selesai. Setelah itu anda meloncati setiap kotak yang tidak ada batunya dengan menggunakan satu kaki.

4. Permainan bola kasti

Permainan bola kasti merupakan permainan favorite saya masih kecil. Dimana permainan ini dilakukan oleh 2 kelompok. Satu kelompok main dan satu kelompok jaga.

Cara bermainnya yaitu memukul bola kasti secara melambung sejauh mungkin. Lalu anda berlari menuju tiang yang telah ditentukan. Dan para penjaga berusaha mengambil bola yang sudah anda pukul melambung tadi.

5. Permainan petak umpet

Permainan petak umpet dilakukan oleh beberpa orang. Cara bermainnya yaiti melakukan hompimpa terlebih dahulu. Siapa yang kalah dia yang jaga.

Sedangkan yang lainnya mencari tempat untuk bersembunyi. Setelah itu penjaga harus mencari teman-temannya yang bersembunyi tadi.

***

Itulah tadi, beberapa permainan di sekolah tahun 90an khusus cewek. Semua permainan itu sudah pernah saya mainkan. Rasanya ingin kembali dizaman dulu sewaktu kecil yang penuh dengan dunia permainan.

Kalau di ingat-ingat, permainan tersebut dapat membuat diri ketawa-ketawa sendiri dan mengenal hal-hal yang konyol dilakukan saat bermain.

loading...

Leave a Reply