loading...

6 Organ Sistem Pencernaan Pada Manusia [Lengkap + Gambar]

Manusia memiliki kebutuhan dalam hidupnya, terutama pada kebutuhan makanan. Makanan tidak langsung masuk ke dalam perut, tetapi melalui beberapa tahap hingga makanan tersebut menjadi molekul-molekul yang lebih sederhana.

Dikatakan dengan melalui beberapa tahap maksudnya, di dalam sistem pencernaan kita terjadi proses pencernaan makanan yaitu melalui mulut, kerongkongan, lambung, usus halus, usus besar, dan anus. Berikut penjelasannya:

6 Alat Sistem Pencernaan Pada Manusia

Organ Sistem Pencernaan Pada Manusia

1. Mulut

Proses pencernaan makanan dimulai pada rongga mulut. Dimana rongga mulut terdapat alat-alat seperti gigi, lidah, dan kelenjar ludah. Semua alat ini membantu untuk berlangsungnya pencernaan terhadap makanan.

Di dalam mulut makanan dihancurkan dengan cara dikunyah oleh gigi hingga makanan tersebut mudah untuk ditelan.

Lidah berfungsi untuk memindah-mindahkan makanan di dalam mulut. Sedangkan kelenjar ludah berfungsi untuk mengalirkan makanan masuk ke dalam kerongkongan.

2. Kerongkongan

Dalam kerongkongan tidak terjadi proses pencernaan, melainkan kerongkongan sebagai tempat jalannya makanan yang dibawa dari mulut hingga masuk ke lambung.

Kerongkongan ini bersifat elastis, karena bisa menyempit, melebar, menggelombang, dan meremas-remas makanan menjadi kecil-kecil kemudian masuk ke lambung.

3. Lambung

Lambung memiliki 3 bagian yang pertama kardia yaitu tempat pintu masuk makanan dari kerongkongan, kedua fundus yaitu bagian tengah tempat makanan, ketiga pilorus yaitu bagian ujung tempat yang berhubungan dengan usus 12 jari.

Di dalam lambung terjadi proses pencernaan makanan, dimana di dalam lambung tersebut terdapat lapisan otot yang dinamakan peristaltik, yang berguna untuk mengaduk-ngaduk makanan hingga mengubah makanan tersebut menjadi halus seperti bubur.

loading...

4. Usus halus

Pada usus halus terdapat lendirĀ  bermacam macam yang dapat memecahkan molekul makanan menjadi lebih sederhana. Kemudian setelah menjadi sederhana, dalam usus ini terjadi penyerapan sari-sari makanan.

Penyerapan sari-sari makanan tersebut dialirkan melalui darah dan disimpan di dalam hati.

5. Usus besar

Usus besar berfungsi sebagai mengatur kadar air dari sisa-sisa makanan.

Jika kadar air di dalam sisa makanan berlebihan maka akan diserap oleh usus besar dan di dalam usus besar ini terdapat bakteri pembusuk yang berfungsi untuk membusukkan sisa-sisa makanan hingga menjadi kotoran.

6. Anus

Anus memiliki 2 otot yaitu otot sadar dan otot tidak sadar. Feses / kotoran, apabila menyentuh dinding anus maka akan merangsang otot tak sadar sehingga ada keinginan kita untuk membuang air besar.

Dengan secara bersamaan juga, terjadi kontraksi pada otot sadar sehingga dapat mengerut dan kita dapat menahan untuk buang air besar.

***

Jadi sistem pencernaan makanan pada manusia terjadi melalui beberapa proses yang pertama, proses pencernaan pada rongga mulut. dimana makanan tersebut dihancurkan atau dikunyah sehingga menjadi bagian bagian kecil hingga dapat ditelan.

Yang kedua, melalui kerongkongan. Pada kerongkongan, makanan dialirkan menuju ke lambung.

Yang ketiga lambung, di dalam lambung terjadi proses pencernaan dimana makanan dihancurkan, diaduk-aduk hingga hancur menjadi seperti bubur.

Yang ke empat usus halus, pada usus halus ini terjadi penyerapan sari-sari makanan sari-sari makanan tersebut dialirkan melalui darah dan disimpan di dalam hati.

Yang kelima usus besar, usus besar ini berfungsi sebagai pengatur kadar air dan untuk membusukkan sisa-sisa makanan hingga menjadi kotoran.

Yang keenam anus, memiliki dua otot yaitu otot sadar dan tidak sadar yang berfungsi untuk menahan untuk buang air besar dan apabila fesesnya menyentuh dinding anus maka tak sadar kita akan merasa buang air besar.

loading...

Leave a Reply