loading...

Apa Saja Cara Membantu Perkembangan Anak? Pelajari Sekarang Juga!

Cara Membantu Perkembangan AnakBagi seorang ibu harus sekali memperhatikan perkembangan anak-anaknya. Bukan hanya pada saat dikandungan saja, tetapi ketika ia sudah lahir kedunia. Mulai dari tahap baru dilahirkan, balita, anak-anak hingga ia menjadi dewasa. Karena perkembangan anak sangat tergantung pada orangtua yang mengasuhnya.

Menurut pendapat saya lebih baik seorang anak itu, kita (orangtua) sendiri yang merawatnya. Dengan demikian, kita akan lebih mengetahui tiap-tiap perkembangan anak kita. Dengan memberikan Asi secara rutin, makanan dan minum yang bernutrisi yang cukup.

Ketahuilah, jika kita sendiri yang mengasuh dan merawat anak kita, maka akan terasa lebih bahagia dan menciptakan kontak batin yang kuat antara si anak dan ibunya.

Pada masa bayi, seorang anak sangat menyukai hal-hal yang berupa bentuk-bentuk pola atau gambar yang besar, warna-warna yang mencolok dan memiliki minat yang cukup besar terhadap wajah manusia, apa lagi dengan suara-suara yang keras. Namun, bayi juga akan merasa terganggu apabila terlalu banyak yang ia perhatikan.

Pada masa toddler/balita, pada masa ini anak-anak sudah sangat aktif dan tidak bisa diam. Apa saja yang ia ingin lakukan, ia lakukan. Sampai-sampai sang ibu terkadang tidak terkontol lagi. Biasanya seorang anak pada usia ini melakukan atau menjatuhkan barang-barang seperti menarik taplak meja, menjatuhkan cangkir atau barang-barang lainnya.

loading...

Kemudian pada masa kanak-kanak awal. Pada masa ini, anak-anak sudah bisa mengontrol apa yang ia lakukan. Biasanya sudah duduk di taman kanak-kanak. Ketika ia sudah duduk ditaman kanak-kanak ia mulai dapat mengendalikan dirinya, baik dari segi bahasa, mengenalkan diri dan mengembangkan, menjelaskan apa yang ia lakukan. Dan sudah bisa mendengarkan apa yang dikatakan orang lain.

Setelah masa kanak-kanak, seorang anak akan semakin berkembang dan semakin besar seiring dengan berjalannya waktu hingga menjadi remaja dan dewasa. Akan tiba pada masa dimana seorang remaja akan mengalami pubertas, akan merasa malu terhadap lawan jenisnya dan seorang wanita akan mengalami Menstruasi sedangkan laki-laki akan mengalami baligh.

Dalam hal ini, orangtua harus lebih memperhatikan lagi anaknya terutama pada masa remaja pergaulan sangat harus diperhatikan. Baik dari segi pertemanan, dengan siapa ia berteman, dengan siapa ia keluar rumah maupun dimana tempat ia sering nongkrong dan lain sebagainya.  Tanpa kita mengekang nak tersebut. Karena orangtua sangat berperan penting dalam kehidupan anaknya.

Nah jadi, buat para orangtua terutama seorang ibu. Kita harus wajib memperhatikan tiap-tiap perkembangan yang ada pada anak. Jika kita merawat dan membesarkan anak kita dengan cara kita sendiri tanpa bantuan babysister, maka kita akan mengetahui tiap-tiap perkembangan yang ada pada anak. Kapan anak tersebut mulai tertawa, merangkak, berdiri, berbicara hingga memiliki teman.

Apa lagi ketika ia mulai remaja. Pada saat remaja ini, orangtua harus sangat memperhatikan pergaulan anak-anaknya. Karena mengasuh, merawat dan membesarkan seorang anak itu adalah hal yang sangat membahagiakan dalam hidup kita.

Itulah cara untuk Membantu Perkembangan Pada Anak .

loading...

Leave a Reply