Masa Pubertas dan Menstruasi Pada Wanita

Sejak lahir manusia selalu tumbuh dan berkembang dan mengalami perubahan dari waktu ke waktu. Anak mulai berkembang dengan bertambah tinggi dan lebih besar, terlihat sejak mereka berusia 9 sampai 15 tahun. Selain itu anak juga mengalami perubahan-perubahan yang terjadi pada tubuh mereka.

Pada anak perempuan mulai tumbuh payudara, pinggul mulai melebar, tumbuh rambut halus didaerah ketiak dan kemaluan serta mengalami menstruasi. Hal ini terjadi karena hormon estrogen dan hormon progestoren mulai berperan aktif dalam tubuh.

Sedangkan pada laki-laki tumbuhnya rambut-rambut halus pada daerah ketiak dan kemaluan, tumbuh janggut, kumis, perubahan suaru dan mengalami mimpi basah. Ini terjadi karena hormon testosteron yang sudah aktif didalam tubuh. Pada saat terjadi perubahan-perubahan didalam tubuh ini, memungkinkan untuk bereproduksi. Perubahan-perubahan yang terjadi tersebut disebut dengan masa pubertas.

Umur Berapa Anak-Anak Menginjak Masa Pubertas?

Masa Pubertas dan Menstruasi

via www.menstrupedia.com

Pada masa pubertas inilah, datangnya menstruasi dan mimpi basah pada setiap remaja. Pada setiap remaja mengalami hal tersebut pada usia yang berbeda-beda, ada pada usia 9, 10 tahun ada juga yang berusia 14 tahun. Hal tersebut terjadi karena masalah gizi.

Menstruasi pada wanita berkaitan dengan sel telur dan penebalan endometrium (dinding rahim) yang berisi pembuluh darah dan siap menerima hasil pembuahan. Jika sel telur bertemu dengan sperma yang berarti tidak dibuahi, sel telur dan seluruh jaringan yang terbentuk pada dinding rahim akan luruh dan dikeluarkan dari rahim sebagai menstruasi (haid).

Pada saat menjelang, sedang mengalami dan sesudah menstruasi biasanya sebagian remaja banyak mengalami suasana yang tidak menentu. Emosional semakin meningkat, sakit atau ngilu pada pinggang, kram pada perut dan terasa sakit di sekitar bawah pusar. Hal ini kerap kali membuat cepat lelah dan mudah tersinggung. Menstruasi biasanya berlangsung selama seminggu.

Nah, jadi masa pubertas ditandai dengan terjadinya perubahan-perubahan pada tubuh, baik pada wanita maupun pada laki-laki. Usia pubertas dimulai sejak 9 sampai 15 tahun. Seiring dengan terjadinya perubahan-perubahan pada tubuh biasanya wanita mengalami menstruasi (haid).

Menstruasi terjadi karena sel telur yang sudah matang akan dikeluarkan dari indung telur. Sel telur ini akan bergerak melalui saluran telur menuju rahim. Setelah itu rahim akan mengalami penebalan pada dindingnya yang disebut dengan endometrium. Setelah itu, seltelur dan seluruh jaringan yang terbentuk pada dinding rahim akan luruh dan dikelaurkan dari rahim. Inilah yang disebut dengan menstruasi.

Leave a Reply