loading...

15 Manfaat Senam Yoga Untuk Kesehatan, Wanita, dan Kecantikan

Yoga adalah salah satu jenis olahraga yang menggabungkan antara gerakan-gerakan pada tubuh anda dan juga kekuatan dari konsentrasi, relaksasi dan ketenangan pikiran dalam setiap latihannya.

Yoga adalah salah satu olahraga tertua di dunia yang sudah diperkenalkan sejak ribuan tahun yang lalu. Yoga tidak memerlukan kekuatan fisik yang prima dalam melakukannya, tetapi memiliki manfaat yang sama besarnya dengan olahraga-olahraga berat lainnya.

Berikut adalah manfaat yoga bagi kesehatan, kecantikan, dan wanita.

Apa Saja Manfaat Yoga?

Manfaat Yoga

via www.yogastudioapp.com

  1. Media Relaksasi

Manfaat yoga yang pertama adalah sebagai media relaksasi. Gerakan-gerakan utama yang ada pada yoga adalah gerakan anggota tubuh yang dilakukan secara perlahan, dengan gerakan yang perlahan dan tenang ini akan membuat tubuh menjadi rileks dan lebih santai.

Suara yang digunakan sebagai latar belakang dalam melakukan latihan yoga biasanya merupakan suara alam seperti suara burung yang berkicau, suara aliran air sungai dan suara hembusan udara yang pastinya dapat membuat pikiran dan perasaan anda menjadi semakin santai dan tenang.

Bagi anda para wanita yang sedang dalam masa PMS kegiatan yoga sangat baik untuk menenangkan pikiran anda, karena biasanya pada masa PMS emosi pada wanita sering tidak stabil maka yoga dapat membantu menstabilkannya.

  1. Menghindarkan Diri dari Stress

Karena yoga dapat menjadi media relaksasi bagi anda maka ada lagi manfaat lain yang anda dapatkan dari yoga, yakni anda akan terhindar dari stress yang dapat menyerang pikiran anda dan meringankan beban pikiran anda. Saat anda melakukan aktivitas yoga, seluruh pikiran dan emosi anda akan terbawa ke dalam alam relaksasi yang akan sangat membantu anda dalam menenangkan pikiran.

Pikiran dan emosi negatif akan keluar dengan sendirinya dan anda akan merasa lebih ringan. Cukup dengan melakukan gerakan-gerakan yoga selama beberapa menit dalam sehari dan anda akan merasakan manfaat yang begitu dahsyat.

  1. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Layaknya kegiatan olahraga lainnya, yoga juga dapat meningkatkan daya tahan dan imunitas tubuh anda. Gerakan dalam yoga sama seperti gerakan saat anda melakukan olahraga. Dengan begitu setiap anda melakukan yoga sama halnya anda sedang melakukan olahraga.

Dengan rutin melakukan yoga anda akan terhindar dari berbagai macam penyakit yang dapat menyerang daya tahan tubuh anda.

  1. Menjaga Kebugaran

Dengan rutin melakukan yoga anda akan mendapatkan manfaat berupa kebugaran tubuh anda meningkat.

Dalam yoga selain untuk relaksasi, gerakan-gerakan yang ada juga akan menstimulasi beberapa bagian tubuh anda untuk terus bergerak. Hal ini yang membuat tubuh anda akan terasa lebih bugar dan segar daripada sebelumnya.

  1. Menambah Stamina Tubuh

Gerakan pernapasan dan gerakan-gerakan tubuh yang dilakukan dalam yoga jika dilakukan secara rutin maka akan membuat stamina dan energi dalam tubuh menjadi bertambah.

Gerakan dalam yoga memiliki manfaat yang sama dengan ketika anda berlari keliling lapangan secara rutin.

  1. Meningkatkan Penguasaan Emosi

Ada satu manfaat dari latihan yoga yang sangat baik bagi kehidupan anda, yakni meningkatnya penguasaan emosi anda. Hal ini dikarenakan dalam teknik relaksasi dan gerakan-gerakan yoga, anda dituntut untuk mampu mengontrol gerakan dan emosi di dalam diri anda sendiri.

Hal ini akan berakibat pada meningkatnya kemampuan anda untuk menguasai dan mengendalikan emosi anda. Emosi-emosi negatif anda yang biasanya tidak bisa anda kendalikan perlahan akan dapat anda kendalikan dan mengganti setiap emosi negatif anda menjadi emosi yang positif. Hal ini sangat baik bagi kehidupan anda, baik dalam hal pekerjaan, percintaan maupun hubungan sosial dengan orang lain.

  1. Meningkatkan Konsentrasi

Manfaat berikutnya dari berlatih yoga adalah untuk meningkatkan konsentrasi dan daya ingat anda. Gerakan-gerakan dalam latihan yoga adalah gerakan-gerakan kecil anda dituntut untuk dapat berkonsentrasi dan mengingat setiap gerakan-gerakan tersebut dengan baik dan benar.

loading...

Dengan begitu anda dituntut untuk selalu berkonsentrasi, dengan meningkatnya konsentrasi anda maka secara otomatis daya ingat anda juga akan meningkat.

Bagi anda wanita kantoran ada baiknya anda mengikuti kursus yoga karena hal ini akan sangat bermanfaat bagi karir anda. Selain tubuh anda menjadi bugar dan terhindar dari penyakit, anda juga akan mampu bekerja dengan baik karena konsentrasi dan daya ingat anda bekerja dengan sangat baik.

  1. Melancarkan Aliran Darah

Gerakan-gerakan dalam yoga sama dengan gerakan saat anda berolahraga. Gerakan dalam yoga biarpun merupakan gerakan kecil namun juga sangat baik untuk melancarkan peredaran darah.

Dengan begitu anda akan terhindar dari berbagai penyakit yang dapat menyerang anda seperti jantung dan stroke.

  1. Meningkatkan Gairah Seksual

Dengan meningkatnya dan semakin lancarnya aliran darah anda, maka secara otomatis hormon-hormon yang ada pada diri anda akan diproduksi dengan normal, termasuk hormon yang berpengaruh pada aktivitas seksual seperti testosteron dan estrogen.

Hal ini sangat baik dan bermanfaat bagi wanita yang mulai kehilangan gairah seksualnya yang biasanya dikarenakan kelelahan atau stress akibat pekerjaan. Gairah seksual anda dapat terdongkrak lagi jika anda berlatih yoga secara rutin.

  1. Mendukung Program Diet

Salah satu manfaat dari yoga yang paling dicari oleh orang-orang terutama para wanita adalah untuk menurunkan berat badan. Sama seperti olahraga lainnya, yoga juga akan membantu anda untuk membakar lemak yang ada di dalam tubuh dan membantu anda untuk menurunkan berat badan anda.

Para wanita banyak yang memilih untuk melakukan yoga karena gerakan-gerakan di dalam yoga tidak terlalu membuat lelah namun memiliki manfaat yang sama besarnya seperti olahraga pada umumnya.

  1. Memperindah Tubuh

Manfaat yang satu ini sangat dicari oleh para wanita. Latihan yoga yang dilakukan secara rutin dapat membantu para wanita untuk mendapatkan bentuk tubuh yang indah dan proposional.

Yoga sangat efektif untuk membantu anda membentuk tubuh anda menjadi lebih ideal dan membantu anda membentuk otot-otot tubuh di tempat yang anda inginkan.

  1. Baik Untuk Kesehatan Jantung

Manfaat berikutnya dari yoga adalah untuk meningkatkan kesehatan jantung. Yoga termasuk ke dalam olahraga jenis cardio. Cardio adalah jenis olahraga yang mengutamakan kinerja jantung.

Dengan rutin melakukan latihan yoga setiap hari anda akan melatih jantung anda untuk bekerja lebih optimal dan membantu tubuh anda untuk mengatur detak jantung agar normal dan membuat anda terhindar dari penyakit yang dapat menyerang jantung anda seperti serangan jantung dan juga gagal jantung.

  1. Menjaga Kesehatan Tulang

Yoga juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan tulang. Kesehatan tulang dapat dilatih dan dijaga dengan melakukan aktivitas yoga setiap hari secara rutin. Hal ini dikarenakan di dalam latihan yoga diperlukan keluwesan dan kelenturan tubuh dalam setiap gerakannya.

Dengan melakukan latihan yoga secara rutin setiap hari maka anda akan terhindar dari berbagai penyakit tulang seperti osteoporosis.

  1. Detoksifikasi

Sama seperti olahraga lain, manfaat dari yoga adalah sebagai media detoksifikasi dan membuang racun-racun dari dalam tubuh. Keringat yang keluar saat melakukan yoga bukan hanya keringat yang keluar karena lemak yang terbakar di dalam tubuh, melainkan juga zat-zat racun yang ada di dalam tubuh ikut terbawa saat anda melakukan latihan yoga ini.

Dengan rutin melakukan yoga, tubuh anda akan semakin bersih dari racun dan zat radikal bebas yang ada di dalam tubuh.

  1. Baik Untuk Kesehatan dan Kecantikan Kulit

Satu lagi manfaat dari yoga yang membuat para wanita berlomba-lomba untuk mengikuti kelas yoga, yakni menjaga kesehatan dan kecantikan kulit anda. Masih sama seperti manfaat yoga di atas tentang detoksifikasi.

Dengan keluarnya racun-racun dan zat antioksidan dari dalam tubuh maka kulit anda pun akan terasa lebih sehat dan halus. Selain itu, kulit anda juga akan terasa lebih kencang dan terjaga kelenturannya.

***

Demikianlah manfaat dari yoga bagi kesehatan dan kecantikan tubuh. Lakukan yoga setiap hari agar hidup anda menjadi lebih sehat. Salam hidup sehat.

loading...

Leave a Reply