loading...

8 Manfaat Temulawak Untuk Kesehatan Beserta Efek Sampingnya

Temulawak adalah bahan tradisional yang dapat digunakan sebagai obat herbal asli dari Indonesia. Temulawak adalah tanaman yang berbentuk akar rimpang yang dapat digunakan sebagai ramuan maupun obat herbal.

Sebagai tanaman herbal tentu saja temulawak memiliki banyak kegunaan terutama bagi kesehatan tubuh dan kecantikan kulit.

Namun sayangnya temulawak juga memiliki beberapa efek samping jika dikonsumsi dalam jangka waktu yang panjang. Berikut adalah daftar manfaat dan efek samping temulawak bagi kesehatan.

 

8 Manfaat Temulawak Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Manfaat Temulawak

  1. Menjaga Kesehatan Hati

Temulawak mengandung zat yang bernama katagoga. Katagoga dalam temulawak ini mempunyai khasiat untuk menjaga fungsi dan kesehatan hati. Katagoga memiliki khasiat untuk menstimulasi produksi empedu dalam organ hati dan merangsang untuk mengosongkan kandung empedu. Temulawak memiliki enzim yang dapat berguna untuk menurunkan kadar SGPT dan SGOT, dan ini sangat baik bagi kesehatan organ hati.

Temulawak juga sangat baik untuk penyembuhan hepatitis. Caranya cukup mudah, siapkan 2 jari temulawak kemudian cuci bersih dan kupas kulitnya. Iris tipis kemudian rebus dengan 2 gelas air serta tambahkan sedikit gula aren atau gula merah. Rebus dan sisakan 1 gelas larutan temulawak, minum dua kali sehari untuk mendapatkan hasil yang optimal.

  1. Menjaga Kesehatan Lambung

Organ lambung sangat rentan untuk terserang sakit maag. Penyakit maag sendiri dapat diatasi dengan air rebusan temulawak. Cara membuat ramuannya cukup mudah, siapkan satu rimpang temulawak kemudian cuci bersih lalu kupas kulitnya.

Rebus temulawak tadi dan air rebusannya diminum setiap hari hingga maag mereda. Air ramuan temulawak ini berfungsi untuk membantu mengurangi cairan asam pada lambung yang diproduksi secara berlebihan.

  1. Menjaga Kesehatan Pencernaan

Zat yang terkandung di dalam temulawak dapat merangsang produksi empedu di dalam kandung empedu. Hal ini akan memberikan dampak yang baik terhadap kesehatan pencernaan.

Masalah yang dapat diatasi temulawak antara lain meringankan masalah pencernaan, mengurangi kembung, gas dan dispepsia.

  1. Melawan Kanker

Penyakit kanker yang menjadi momok bagi banyak sekali orang ternyata dapat dicegah atau dilawan dengan mengkonsumsi temulawak secara rutin. Kandungan curcumin di dalam temulawak dapat menghambat pertumbuhan sel kanker seperti kanker prostat dan memiliki potensi yang baik untuk menekan perkembangan hormon-hormon yang menyebabkan kanker.

Selain kurkumin, di dalam temulawak juga ditemukan kandungan antioksidan yang cukup tinggi yang disinyalir mampu melindungi tubuh dari kerusakan zat karsinogen dan mencegah kanker untuk menyerang.

  1. Mengurangi Peradangan pada Sendi

Temulawak kaya akan kandungan kurkumin yang terhitung sama dengan 100 mg zat fenibutazon yang berfungsi untuk mengurangi nyeri dan radang sendi.

Kurkumin akan menghambat pergerakan dan perpindahan sel leuksit ke daerah radang. Kurkumin juga akan menghambat pembentukan transportasi mediator radang yakni prostagladin. Temulawak sangat baik untuk mengurangi sakit akibat radang sendi.

  1. Menurunkan Kadar Kolesterol

Khasiat temulawak yang berikutnya adalah untuk menurunkan kadar kolesterol jahat di dalam tubuh.

Temulawak menghasilkan fraksi kurkuminoid yang tak lain adalah ekstrak temulawak untuk membantu menekan, menurunkan dan menstabilkan kadar kolesterol jahat. Zat ini akan meningkatkan kadar kolesterol baik di dalam darah dan hal ini akan memberikan dampak baik terhadap kesehatan jantung.

  1. Menjaga Kesehatan dan Kecantikan Kulit serta Wajah

Selain memiliki manfaat bagi kesehatan organ dalam, ternyata temulawak juga memiliki banyak manfaat untuk organ terluar dari tubuh manusia, yakni kulit. Bagi para wanita yang menginginkan kulit wajah lebih halus dapat memakai masker dari bahan temulawak ini yang dapat anda buat sendiri dari parutan temulawak. Masker ini dapat digunakan pada sore dan malam hari untuk mendapatkan hasil yang optimal.

loading...

Selain untuk menghaluskan kulit wajah, temulawak juga baik untuk mengurangi flek hitam pada wajah. Flek hitam dapat diatasi oleh temulawak karena kandungan minyak atsiri di dalam temulawak akan membantu kulit untuk beregenerasi dengan lebih cepat sehingga sel kulit mati akan lebih cepat terlepas. Dengan begitu noda hitam pada wajah akan semakin tersamarkan.

Selain kedua manfaat di atas masih ada satu manfaat lagi yakni mengobati jerawat. Caranya cukup mudah, oleskan parutan temulawak ke daerah wajah yang berjerawat kemudian diamkan hingga mengering. Setelah beberapa kali pemakaian jerawat akan hilang dengan sendirinya.

  1. Melancarkan ASI

Bagi para ibu menyusui ada baiknya untuk memperbanyak konsumsi temulawak. Hal ini dikarenakan di dalam temulawak terkandung antioksidan yang sangat tinggi yang mempunyai fungsi utnuk mencegah terjadinya perubahan atau oksidasi nutrisi yang sangat diperlukan bagi tubuh untuk menghasilkan ASI.

Zat yang terlindung antara lain protein dan asam lemak yang sangat dibutuhkan dalam produksi ASI. Apabila terjadi oksidasi nutrisi maka produksi ASI pada ibu menyusui akan berkurang dan tidak optimal, tentunya ini tidak baik untuk bayi yang sedang menyusui. Tidak hanya itu, kualitas ASI yang dihasilkan oleh ibu juga kurang baik karena nutrisinya menurun.

 

4 Efek Samping Temulawak Bagi Kesehatan Tubuh

Efek Samping Temulawak

  1. Resiko Gangguan Empedu

Temulawak yang dikonsumsi secara berlebihan juga tidak baik terutama bagi para penderita batu empedu dan para pengidap penyumbatan saluran empedu.

Lebih baik hindari temulawak untuk dikonsumsi sebagai obat karena temulawak akan memproduksi empedu sehingga para penderita gangguan empedu dapat beresiko mengalami kondisi yang makin buruk. Hal ini dapat menyebabkan keracunan empedu karena produksi empedu di dalam tubuh menjadi berlebihan.

  1. Beresiko Menyebabkan Pendarahan

Perhatikanlah tips berikut ini karena ini sangat penting bagi anda. Jika anda ingin mengkonsumsi temulawak sebagai obat herbal jangan pernah mengkonsumsinya bersama dengan obat pengencer darah karena temulawak sudah bekerja secara alami untuk menurunkan kadar lemak dalam darah.

Jika anda mengkonsumi temulawak bersama dengan obat pengencer darah dikhawatirkan akan mengakibatkan pendarahan.

  1. Jangan Mengkonsumsi Temulawak Dalam Jangka Waktu Panjang

Mengkonsumsi temulawak rutin setiap hari memang baik bagi kesehatan tubuh, tetapi jangan mengkonsumsinya lebih dari 18 minggu.

Karena jika anda mengkonsumsi temulawak lebih dari 18 minggu maka anda akan merasakan mual yang berlebihan, hal ini dikarenakan temulawak yang dikonsumsi dalam jangka waktu yang lama akan mengganggu fungsi dari lambung. Hentikan pemakaian segera setelah lambung terasa tidak enak.

  1. Zat Kurkuminoid

Mengkonsumsi ramuan temulawak yang dipadukan bersama dengan obat herbal lain yang mengandung kurkuminoid perlu diperhatikan jumlah kadar dan dosisnya.

Lebih baik anda berkonsulatasi dengan pakar obat herbal sebelum mengkonsumsinya karena kurkuminoid yang terlalu banyak di dalam tubuh juga akan memberikan dampak yang kurang baik bagi kesehatan.

***

Demikianlah sedikit rangkuman tentang manfaat temulawak bagi kesehatan dan kecantikan serta beberapa efek sampingnya.

Mengkonsumsi tanaman sebagai obat herbal yang alami tentu saja akan memberikan efek jangka panjang yang lebih baik bagi kesehatan anda, tetapi ada baiknya anda tetap harus waspada dan mencari tahu apa saja efek samping yang diberikan dari obat herbal tersebut.

Salam hidup sehat.

loading...

Leave a Reply