loading...

Sumber Energi Alternatif – Pengertian, Contoh, Jenis, Manfaat

Energi merupakan asupan bagi semua makhluk hidup. Karena semua makhluk hidup membutuhkan energi agar tetap hidup. Energi itu diperoleh dari makan dan minum.

Energi bagi manusia bukan hanya dari makanan saja. Banyak sekali sumber energi seperti minyak tanah, batu bara, listrik. Energi tersebut digunakan untuk menjalankan berbagai alat demi kenyamanan dan kesejahteraan hidup.

Sumber energi ada yang bisa habis seperti minyak tanah, bensin, batu bara. Sumber energi itu bisa habis karena dipakai secara terus menerus. Bahan bakar ini diperoleh dari penambangan sisa-sisa makhluk hidup yang tertimbun jutaan tahun lalau. Proses terbentuknya bahan bakar ini sangat lama.

Jadi sebelum bahan bakar baru terbentu, bahan bakar yang ada sudah habis kita gunakan. Oleh karena itu, kita membutuhkan sumber energi alternatif untuk memenuhi kelangsungan hidup kita.

Pengertian sumber energi alternatif adalah energi yang menggunakan bahan bakar yang dapat diperbaharui dan ramah lingkungan untuk menggantikan energi dari minyak bumi.

Dari mana saja kita memperoleh sumber energi alternatif tersebut? Mari kita bahas bersama.

4 Contoh Sumber Energi Alternatif

Contoh Energi Alternatif

via www.3psmars.org

Energi yang bukan berasal dari bahan bakar fosil disebut energi alternatif. Alam menyediakan berbagai sumber energi alternatif yang tidak akan habis. Adapun energi alternatif tersebut yaitu:

  1. Matahari

Matahari merupakan sumber energi terbesar bagi bumi. Energi yang diberikan matahari berupa energi panas dan energi cahaya. Energi panas dan energi cahaya dapat langsung kita gunakan. Energi panas dapat kita nikmati siang hari. Bumi jadi terang sihingga tidak perlu menyalakan lampu.

Sedangkan energi cahaya dapat diubah menjadi listrik oleh alat yang disebut sel surya dan juga dimanfaatkan untuk membuat makanan pada tumbuhan hijau.

  1. Angin

Tenaga angin sudah dimanfaatkan orang sejak lama. Angin yang sangat besar dapat membawa bencana. Akan tetapi jika angin dimanfaatkan tentu dapat menolong manusia memenuhi kebutuhan hidup.

Misalnya, kapal layar dapat berkeliling dunia dengan menggunakan energi angin. Tenaga angin dapat digunakan untuk menjalankan mesin penggiling jagung dan air.

  1. Air

Air mengalir selalu dari tempat yang tinggi ke rendah. Aliran air tersebut dapat digunakan sebagai sumber energi. Aliran air yang sangat deras merupakan sumber energi gerak. Energi gerak ini dimanfaatkan untuk menghasilkan listrik.

Pada stasiun pembangkit listrik tenaga air, air biasanya dibendung sehingga permukaannya menjadi tinggi. Stasiun pembangkit listrik tenaga air biasanya dibangun dibawah perbukitan yang sering terjadi hujan.

loading...

Air yang dibendung posisinya lebih tinggi dari pada stasiun pembangkit listriknya. Air yang dibendung ini lalu dialirkan melalui trowongan yang menurun. Aliran air tersebut memutar turbin yang dihubungkan dengan generator. Generator berputar menghasilkan energi listrik.

  1. Panas Bumi

Bumi berbentuk seperti bola. Sesungguhnya tersusun dari lapisan-lapisan. Pusat bumi terbentuk dari lapisan batuan yang sangat panas. Hal ini menunjukkan bahwa bumi merupakan sumber energi panas yang sangat besar. Tenaga panas bumi digunakan untuk menghasilkan listrik.

Prosesnya air dingin dari permukaan dipompa dan dialirkan melalui pipa kedalam tanah hingga kelapisan batuan panas. Saat sampai disana, air langsung mendidih dan berubah menjadi uap air panas. Uap panas ini memutar turbin. Turbin kemudian memutar generator sehingga listrik dihasilkan.

5 Manfaat dan Kerugian Penggunaan Energi Alternatif

Manfaat Energi Alternatif

via www.earthtimes.org

Semua yang ada dibumi memiliki keuntungan dan kerugian. Hal ini juga terdapat pada sumber energi.

Sumber energi dari bakar fosil seperti minyak tanah, batu bara memiliki keuntungan sebagai berikutĀ :

  • Tidak dibutuhkan biaya terlalu besar untuk mendapatkannya.
  • Penggunaan bahan bakar fosil lebih mudah.

Sementara kerugian penggunaan bahan bakar fosil antara lain

  • Lama kelamaan bahan bakar fosil akan habis jika dipakai terus menerus.
  • Bahan bakar fosil dapat mencemari lingkungan karena adanya gas racun sisa pembakaran.

Sumber energi alternatif memiliki keuntungan:

  • Sumber energi alternatif dapat terus menerus digunakan karena tidak akan habis.
  • Energi yang dihasilkan sangat besar. Seperti energi panas dan cahaya yang tekandung pada matahari.
  • Energi alternatif tidak mencemari lingkungan karena tidak menghasilkan zat buangan ke lingkungan.

Sementara kesulitan dalam pemanfaatan energi alternatif antara lain:

  • Dibutuhkan biaya yang besar untuk dapat memanfaatkan energi alternatif.
  • Dibutuhkan teknologi tinggi untuk mengubah energi alternatif menjadi bentuk energi yang dapat digunakan.
  • Tersedia energi alernatif dipengaruhi oleh musim.

***

Jadi, energi adalah kebutuhan makhluk hidup. Energi dapat berupa makanan dan minuman. Namun ada juga berupa bahan bakar. Seperti, minyak tanah, batu bara, batrai.

Semua bahan bakar tersebut bisa habis karena proses untuk mendapatkannya membutuhkan waktu jutaan tahun. Mengingat energi sangat dibutuhkan oleh makhluk hidup, maka dibutuhkan energi alternatif untuk memenuhi kebutuhan kita.

Energi alternatif dapat diperoleh dari matahari, angin, air, dan panas bumi. Energi alternatif memiliki kerugian dan keuntungannya msing-masing seperti yang telah dikatakan diatas.

Meskipun memiliki kekurangan, namun keuntungan penggunaan energi alternatif lebih besar.

loading...

Leave a Reply