loading...

Makna Satu Nusa, Satu Bangsa, Satu Bahasa Dalam Sumpah Pemuda

Makna Satu Nusa, Satu Bangsa, Satu Bahasa Dalam Sumpah Pemuda

Sejarah terjadinya Sumpah Pemuda telah menunjukkan bahwa, kita harus saling bersatu untuk mendapatkan suatu tujuan. Maka kita harus saling menguatkan, saling berjuang dalam satu kesatuan.

Meskipun dari tanah kelahiran yang berbeda-beda, tetapi tetap bersatu membela, memperjuangkan bangsa Indonesia. Persatuan bangsa Indonesia tersebut, memiliki makna-makna tersendiri seperti :

Apa Makna Satu Nusa, Satu Bangsa, Satu Bahasa?

  • Makna satu nusa

Negara kita memiliki pulau,pulau yang dihubungkan oleh laut-laut. Pulau yang dihubungkan oleh lautan ini, menjadi satu kesatuan. Pulau-pulau tersebut memiliki perbedaan kondisi alam maupun kebudayaan yang berbeda.

Meskipun berbeda-beda tetapi kita harus senantiasa selalu mencintai kebudayaan daerah kita sendiri, tanpa merendahkan kebudayaan dari daerah-daerah lain.

Jadi makna satu nusa adalah meskipun kita mempunyai perbedaan-perbedaan tetapi kita tetap bertanah air satu, tanah air Indonesia.

loading...
  • Makna satu bangsa

Negara kita memiliki lambang burung garuda dan lambang burung garuda tersebut terdapat sebuah pita yang bertuliskan “Bhineka Tunggal Ika”.Kata tersebut merupakan semboyan dari bangsa kita, bangsa Indonesia. Artinya adalah walaupun berbeda-beda tetapi masih satu jua.

Dengan adanya semboyan tersebut, berarti kita merasakan kebahagiaan, kesedihan, kesengsaraan, dan mengalami penderitaan secara bersama-sama karena kita merupakan satu kesatuan yaitu satu bangsa.

Jika kita selalu menjunjung tinggi rasa persatuan dan kesatuan, maka kita akan menjadi bangsa Indonesia yang kuat.

  • Makna Satu Bahasa

Kita sebagai bangsa Indonesia hidup dalam bermasyarakat. Dalam hidup bermasyarakat pasti kita memiliki tetangga, teman yang berasal dari daerah berbeda. Baik berbeda agama, adat istiadat, daerah maupun bahasanya

Bahasa sangat bermacam- macam, ada yang bahasa Jawa, Padang, Palembang, dan daerah lainnya.

Semua perbedaan bahasa dari masing-masing daerah tersebut, jangan dijadikan sebagai penghalang bagi kita untuk hidup saling acuh tak acuh. Melainkan kita harus saling menghargai satu sama lain dan menjadikan suatu perbedaan itu sebagai pembelajaran dan semakin membuat bangsa kita menjadi lebih kokoh.

Kita memiliki bahasa nasional yaitu Bahasa Indonesia. Bahasa Indonesia adalah bahasa pemersatu bangsa Indonesia.

***

Jadi makna satu nusa, satu bangsa, dan satu bahasa yaitu meskipun kita berbeda-beda baik berbeda dalam budaya, adat istiadat, daerah, tempat kelahiran, bahasa, dan lain sebagainya. Tetapi kita tetap satu sebagai bangsa Indonesia bertanah air satu, tanah air Indonesia.

loading...

Leave a Reply