loading...

10 Makna Persatuan dan Kesatuan Bagi Diri Sendiri dan Masyarakat

Berkat semangat para pejuang bangsa Indonesia, Bangsa dan Negara kita ini dapat merdeka. Semangat yang dimiliki para pejuang tersebut, menumbuhkan rasa persatuan dan kesatuan dalam membela kemerdekaan Republik Indonesia ini.

Sehingga dengan jerih payah yang mereka lakukan membuahkan hasil yang sangat berarti bagi kelangsungan hidup bangsa, negara dan masyarakat didalamnya. Atas dasar persatuan dan kesatuan inilah semangat para pejuang lebih bangkit dan semakin yakin untuk membebaskan negara ini.

Persatuan dan kesatuan Bangsa Indonesia berarti persatuan bangsa yang mendiami wilayah Indonesia. Persatuan itu didorong oleh semangat untuk bebas, merdeka dan berdaulat. Sejarah mencatat rasa persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia yang kita rasakan hingga detik ini, memerlukan waktu dan proses yang sangat lama.

Dalam proses tersebut telah banyak menggugurkan pahlawan-pahlawan kita yang tanpa pamrih demi kemerdekaan bangsanya yaitu bangsa Indonesia. Sampai saat inipun perjuangan para pahlawan terdahulu tetap kita jaga dan kita hargai. Sikap persatuan dan kesatuan ini sangat memiliki arti penting bagi kemerdekaan Republik Indonesia.

Selain memiliki arti penting bagi kemerdekaan Bangsa dan Negara, persatuan dan kesatuan juga memiliki makna penting baik bagi diri sendiri dan masyarakat. Simak lebih dalam yuk arti pentingnya dari penjabaran berikut:

Makna Kesatuan dan Persatuan Bagi Diri Sendiri

Makna Kesatuan

via unitynorth.org

Persatuan dan kesatuan bukan hanya kalimat semata yang kita ketahui. Akan tetapi kalimat tersebut mengandung makna yang sangat penting. Bahkan tanpa kita sadari persatuan dan kesatuan tersebut sudah telaksana, terjalin dan terjaga sampai saat ini.

Contohnya saja, kamu bisa saling menghargai dan menghormati perbedaan keberagaman suku bangsa yang ada di Indonesia kita ini. Sikap menghargai keberagaman tersebut memiliki arti penting bagi diri sendiri diantaranya:

loading...
  • Dengan persatuan dan kesatuan kehidupan pribadi akan menjadi damai tanpa keributan.
  • Persatuan dan kesatuan juga dapat mewarnai dalam keluarga.
  • Persatuan dan kesatuan dapat menjaga hubungan baik dengan teman karena selalu bersikap menghargai.
  • Disenangi dan disayangi banyak teman.
  • Menjadikan pribadi lebih mengerti dan memahami arti dari persatuan dan kesatuan itu sendiri.

Makna Kesatuan dan Persatuan Bagi Masyarakat

Makna Persatuan

via www.recycledminds.com

Dalam masyarakat persatuan dan kesatuan memiliki arti sangatlah penting. Misalkan dalam sebuah keluarga, keluarga adalah bentuk kecil dari masyarakat yang terdiri dari beberapa orang. Apabila dalam keluarga sudah terjalin persatuan dan kesatuan akan lebih mudah menerapkan persatuan dan kesatuan tersebut dalam kehidupan bermasyarakat.

Dalam hidup bermasyarakat semua anggota masyarakat haruslah memiliki sikap persatuan dan kesatuan. Karena persatuan dan kesatuan memiliki arti penting bagi masyarakat diantaranya:

  • Apabila dalam bermasyarakat persatuan dan kesatuan terjalin akan membuat hidup tentram dan damai antar masyarakat itu sendiri.
  • Akan menumbuhkan rasa cinta dan kasih sayang antar masyarakat.
  • Akan memperkuat rasa kekeluargaan.
  • Hilangnya konflik yang dapat memecah belah masyarakat.
  • Silaturahmi akan terjaga dengan baik.

***

Tanpa adanya rasa persatuan dan kesatuan dalam diri, bermasyarakat akan berdampak sangat buruk bagi bangsa dan negara kita ini. Salah satu dampak buruknya yang bisa terjadi yaitu dapat memecah belah kehidupan dilingkungan masyarakat. Sehingga akan menimbulkan yang namanya permusuhan, hati dan pikiranpun akan terbebani akan hal itu.

Maka dari itu, tumbuhkanlah selalu sikap saling menghargai antar keberagaman yang ada baik dalam rumah, lingkungan sekolah maupun dalam masyarakat. Agar kehidupan yang kita jalani akan selalu tentram dan damai.

loading...

Leave a Reply