Macam-Macam Air dan Tanah

Hallo, kali ini kakak akan membahas tentang Air dan Tanah, mungkin sudah banyak adik-adik yang sudah mengerti manfaat air dan Tanah ini, tapi kakak disini ingin membahasnya sedikit sekalian mengingat mengenai Air dan Tanah.

Hallo, kali ini kakak akan membahas tentang Air dan Tanah, mungkin sudah banyak adik-adik yang sudah mengerti manfaat air dan Tanah ini, tapi kakak disini ingin membahasnya sedikit sekalian mengingat mengenai Air dan Tanah.

 

Air Dan Tanah

1.Air,  Air merupakan kebutuhan pokok manusia, dimana manusia sudah sangat ketergantungan terhadap keberadaan air di bumi ini, dengan banyak manfaatnya air tersebut, yang bisa di gunakan untuk meminum,mandi, mencuci pakaian, dan penunjang kebutuhan lainnya yang secara fisik maupun materi.

pada dasarnya air terdapat 2 golongan yang mesti kita ketahui, yaitu:

(a) Air tanah

(b) Air permukaan

(a) Air Tanah, Air tanah adalah air yang terdapat di dalam tanah, air ini di ada karena hasil dari peresapan air hujan ke dalam tanah, air tanah inilah yang biasanya di guanakan untuk minum, mandi, dan mencuci pakaian oleh penduduk desa ataupun kota.  sumber air ini dari dalam tanah ini bisa di ambil dengan cara menggali sumur untuk mencari mata air atau sumber airnya.

Gedung gedung di kota seperti hotel pada umumnya juga membuat sumur dalam, mengebor tanah dalam sekala tertentu agar mendapatkan Air dalam jumlah banyak yang di manfaatkan untuk kepetingan penjunjung tersebut. Jika mereka membuat sumur dangkal seperti sumur penduduk. Maka, kebutuhan Air tidak tercukupin.

(b) Air Permukaan, Air permukaan merupakan air sungai, telaga, rawa, teluk, selat dan laut. Jenis dan jumlahnya sangat banyak yang mungkin tidak akan kering walaupun musim panas sekalipiun. yang manfaatnya juga banyak yang keuntungan bisa di manfaatkan penduduk dalam skala besar. yang bisa di manfaatkan untuk perikanan, pengairan, lalu lintas, dan pusat pembangkit tenaga listik.

2.Tanah, Banyak macam dan jenis tanah, tergantung tempat tanah itu tersebut, misal, suatu tanaman di suatu wiliyah tidak akan tumbuh di wilayah lain di karenakan stuktur perbedaan tanahnya berbeda.

Tanah yang berada di dekat pergunungan itu di sebut tanah lahar (vulkanis). Tanah vulkanis ini biasanya sangat subur sekali karena berasal dari lumpur abu gunung berapi yang sudah lapuk. tanah ini sering di manfaatkan untuk perkebunan Kopi dan Teh.

Di daerah muara sungai terdapat tanah endapan (aluvial), yaitu lumpur dan tanah halus yang berasal dari daerah pergunungan yang di bawah oleh arus sungai kebagian hilir yang kemudian mengendap. Tanah ini cocok di jadikan kebun untuk tanaman buah-buahan atau sayur-sayuran.

Ada juga tanah bekas dari hutan itu disebut tanah humus, tanah yang berasal dari tanaman,baik dari daun,ranting, maupun pohon yang sudah mati dan membusuk, tanah inilah yang biasa di pakai untuk pupuk kompos. yang dapat menyuburkan tanaman.

dan terakhir adalah tanah kapur, tanah yang terbentuk dari batu-batuan, yang biasa di jadikan untuk tanaman palawija dan hutan jati.

Nah itulah macam-macam air dan tanah yang memang berguna untuk kelangsungan hidup manusia.akan tetapi hal itu dapat di Rusak seperti Air tidak dapat di manfaatkan lagi kalau sudah tecemar limbah Prabik yang mengandung Zat Kimia Berbahaya.

Leave a Reply