loading...

4 Standar Kompetensi Guru Profesional dan Contohnya

Guru yang merupakan salah satu profesi yang memang paling banyak sekali diminati. Karena memang pekerjaan sebagai guru ini sangatlah mulia sekali, dan bisa memberikan begitu banyak sekali manfaat bagi banyak orang, terutama adalah anak didiknya.

Jasa dari seorang guru pasti tak akan pernah bisa dilupakan, oleh siapa saja. Bahkan guru juga menjadi salah satu pendukung untuk kesuksesan yang di raih. Kalau tidak ada yang namanya guru, tentu saja kita akan kesulitan untuk bisa mendapatkan ilmu.

Namun tugas seorang guru tidaklah mudah. Karena memang guru juga memiliki yang namanya kompetensi, yaitu merupakan kewenangan guru dalam melaksanakan tugas yang di jalani olehnya. Terutama adalah mengenai bidang studi yang nantinya akan dijadikan sebagai bahan untuk pembelajaran,dan berperan sebagai alat untuk menunjang proses kegiatan belajar mengajar.

Sehingga bisa disimpulkan mengenai pengertian dari kompetensi guru ini merupakan hasil dan penggabung kemampuan yang  beraneka ragam, baik itu berupa pengetahuan, keterampilan, dan juga tentunya perilaku yang memang harus dimiliki oleh guru, di kuasai dan juga di hayati ketika mereka sedangkan menjalankan tugasnya sebagai guru secara profesional.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 16 Tahun 2007 Tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru menyebutkan ada beberapa macam kompetensi guru yang harus dimiliki, berikut infonya akan kami kupas dan bagikan untuk anda, diantaranya yaitu :

4 Standar Kompetensi Guru Profesional dan Contohnya [Wajib Dimiliki Semua Guru!]

Kompetensi Guru

via learningpolicyinstitute.org

  1. Kompetensi pedagogik

Untuk kompetensi guru yang pertama adalah kompetensi pedagogik, yaitu berupa pemahaman guru terhadap para anak didiknya, perangcangan, dan juga pelaksanaan dalam pembelajaran , evaluasi dari hasil belajar, dan juga yang terakhir adalah pengembangan peserta didiknya untuk bisa mengaktualisasikan berbagai macam potensi yang ada. Berikut beberapa indikatornya, diantaranya yaitu :

  • Memahami peserta didik: Guru memang harus benar-benar memahami peserta didiknya, dengan menggunakan prinsip-prinsip dari perkembangan kognitif. Salah satu caranya adalah dengan memanfaatkan prinsip-prinsip dari kepribadian para peserta didiknya.
  • Selanjutnya guru juga harus merangcang pembelajaran, baik itu mengenai dengan cara memahami landasan dari pendidikan, menentukan strategi pembelajaran yang nantinya akan digunakan, menyiapkan materi ajar, dan yang lainnya. Sehingga proses belajar dan mengajar akan semakin lancar lagi.
  • Kemudian guru akan melaksanakan pembelajaran yang memiliki indikator esensial.
  • Tahapan yang selanjutnya adalah merancang dan juga melaksanakan evaluasi dari pembelajaran yang juga memiliki indikator esensial. Dengan melakukan hasil evaluasi belajar dan juga menganalisisnya maka akan membantu untuk meningkatkan tingkat ketuntasan belajar, dan juga membantu memperbaiki kualitas dari program pembelajaran umum.
  • Guru juga di harapkan bisa membantu untuk mengembangkan potensi yang dimiliki oleh para peserta didiknya, dan juga memberikan fasilitas untuk mereka mengembangkan potensi akademik maupun non akademiknya.
  1. Kompetensi kepribadian

Kompetensi guru yang selanjutnya adalah kompetensi kepribadian. Tentu saja seorang guru harus memiliki kepribadian yang stabil, berwibawa, dewasa, arif, dan juga yang pastinya memiliki akhlak yang mulia.

loading...

Karena guru merupakan teladan bagi para peserta didiknya. Sehingga segala tingkah laku atau kepribadian yang  dimiliki oleh guru akan menjadi contoh atau panutan yang bisa di tiru oleh mereka.

  1. Kompetensi sosial

Guru juga harus pintar dalam melakukan komunikasi dan juga bergaul secara efektif dengan para peserta anak didiknya, sesama pengajar, tenaga kependidikan, orang tua atau wali murid dan juga tak lupa dengan masyarakat lingkungan sekitar.

  1. Kompetensi profesional

Sebagai seorang guru, tentu saja harus menguasai secara penuh dan dalam mengenai materi pembelajaran yang nantinya akan diberikan kepada para peserta didik. Yaitu mencangkup penguasaan materi kurikulum mata pelajaran yang ada di sekolah tersebut, dan juga menguasai substansi keilmuan yang menaungi materinya.

4 kompetensi guru yang sudah di bahas tersebut bersifat integratif dan juga holistik dalam kinerja seorang guru. Jadi secara umum kompetensi yang harus dimiliki oleh guru ini yaitu :

  • Guru harus melakukan pengenalan yang mendalam dengan para peserta didiknya. Agar proses belajar dan mengajar bisa berjalan lebih lancar lagi.
  • Guru juga harus mengusai bidang studi, baik itu berupa disiplin ilmu atau bahan ajar yang digunakan oleh kurikulum sekolah.
  • Untuk penyelenggaraan dari pembelajaran dalam proses mendidiknya sendiri terdiri dari perencanaan dan juga pelaksanaan pembelajaran, evaluasi proses dan juga hasil belajar dari para peserta didiknya, serta tindak lanjut yang dilakukan untuk perbaikan ataupun pertanyaan, agar hasilnya bisa lebih baik lagi, dan yang terakhir adalah pengembangan kepribadian dan juga profesionalitas berkelanjutan.

 

Diharapkan dengan memiliki 4 kompetensi tersebut, guru bisa melaksanakan tugasnya sebagai pengajar yang profesional, dan juga bisa membantu untuk mencerdaskan anak bangsa, serta meningkatkan mutu atau kualitas pendidikan yang ada di Indonesia.

Hal tersebut dikarenakan peran guru ini memang sangatlah penting sekali untuk kemajuan bangsa Indonesia, terutama adalah untuk bisa mendidik anak bangsa agar bisa memiliki kualitas pendidikan yang baik, memiliki akhlak yang mulia, dan lainnya.

Jadi memang untuk bisa menjadi seorang guru yang profesional tidaklah mudah dan sembarangan. Karena ada beberapa kompetensi yang memang harus benar-benar dimiliki oleh para guru. Supaya nantinya guru juga bisa lebih profesional lagi dalam menjalani tugas dan kewajibannya. Jasanya yang sangat mulia memang tidak akan tergantikan.

Ulasan mengenai kompetensi guru yang sudah kami bahas ini, semoga bisa bermanfaat, terutama bagi anda yang memang tertarik untuk memiliki profesi seorang guru. Sehingga bisa dijadikan sebagai referensi.

Demikianlah artikel 4 Standar Kompetensi Guru Profesional dan Contohnya; jangan sungkan untuk meninggalkan komentar atau pertanyaan.

loading...

Leave a Reply