loading...

3 Semangat dan Komitmen Peristiwa Sumpah Pemuda

Semangat para pemuda dalam memerdekaan dan memperjuangkan kemerdekaan Indonesia telah menjadi jiwa dalam hati sanubari para pemuda Indonesia.

Berkat semangat, usaha dan cita-cita yang sama dapat menggerakkan para pemuda untuk meraih kemerdekaan. Karena mereka perubahan yang terjadi didunia ini sangatlah banyak sekali. Negara kesatuan dapat lahir dan berdiri tegak karena sikap ketegasan dan komitmen para pemuda bangsa Indonesia.

Perjuangan yang penuh dengan semangat sumpah pemuda yang luar biasa tersebut tidak sia-sia. Akhirnya mencapai puncaknya pada tanggal 17 Agustus 1945 yang diproklamasikan Soekarno-Hatta atas nama bangsa Indonesia. Bayangkan, tanpa semangat sumpah pemuda persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia akan hancur. Untuk itu, semangat sumpah pemuda harus selalu ada meskipun kemerdekaan telah diraih.

Suatu semangat yang memiliki nasib dan sepenanggungan terangkum dalam sebuah komitmen sebagai satu bangsa, satu tanah air dan satu bahasa yang telah disepakati sebagai bahasa universal yaitu bahasa Indonesia. Adapaun semangat dan komitmen sumpah pemuda dapat dijabarkan seperti berikut:

Apa Saja Semangat dan Komitmen Peristiwa Sumpah Pemuda?

Sumpah Pemuda

via www.larissa.co.id

  1. Kami Putra Putri Indonesia, mengaku bertumpah darah satu, tanah Indonesia

Para pemuda Indonesia telah berkomitmen bahwa bertumpah darah satu, tanah Indonesia. Maksudnya, dimanapun para masyarakat Indonesia berada baik yang sedang merantau karena pendidikan, pekerjaan dan sebagainya berjuang secara bersama-sama mempertahankan persatuan dan kesatuan dengan tetap berpegang teguh terhadap tanah air.

loading...

Karena tanah air merupakan tanah kelahiran yang tak kan terlupakan selama hidup. Disana tumbuh dan dibesarkan dengan penuh cinta dan kasih sayang.

  1. Kami Putra dan Putri Indonesia, mengaku berbagsa yang satu, Bangsa Indonesia

Bersatunya putra dan putri Indonesia karena didasari oleh hasrat yang kuat untuk bersatu membela dan memperjuangkan bangsa Indonesia. Meskipun mereka mempunyai latar belakang yang berbeda-beda, akan tetapi mereka yakin dengan bersatunya putra putri bangsa Indonesia akan memerdekakan bangsa Indonesia.

Dengan hasrat dan keyakinan tersebutlah mereka akhirnya bersatu dan membuat komitmen berbangsa satu, bangsa Indonesia yang akhirnya dideklarasikan pada saat kongres pemuda tanggal 28 Oktober 1928.

  1. Kami Putra dan Putri Indonesia, menjunjung basaha Persatuan, Bahasa Indonesia

Dengan beragamnya bahasa yang digunakan para pemuda Indonesia yang sulit dimengerti satu sama lain. Akhirnya mereka menyepakati bahwa bahasa Indonesia adalah bahasa universal antar bangsa. Bahasa Indonesia adalah bahasa yang efektif digunakan sebagai alat komunikasi antar suku, daerah ataupun budaya.

Sumpah pemudapun menegaskan bahwa bahasa persatuan adalah Bahasa Indonesia yang memiliki peran yang sangat menentukan dalam perkembangan kehidupan bangsa Indonesia.

***

Nah, kita sebagai generasi penerus bangsa susah seharusnya menjaga, melestarikan dan melanjutkan semangat dan komitmen para pemuda Indonesia.

Karena sampai saat ini, kita bisa berdiri tegak dan menjalani hidup dengan merdeka, aman dan tentram berkat salah satu bantuan dari perjuangan para pemuda Indonesia.

loading...

Leave a Reply