loading...

KENALI | Macam-macam Kelainan pada otak

Loading...

otak

Otak merupakan bagian terpenting pada tubuh, karena merupakan sel saraf utama. Bentuk otak pada setiap orang berbeda-beda sesuai dengan umur, jenis kelamin, dan ukuran fisiknya. Setiap hari otak bekerja. Apalagi setiap hari otak dituntut untuk berpikir dan terus berpikir. Sehingga dapat menimbulkan kelainan-kelainan pada otak. Dibawah ini ada beberapa contoh kelainan pada otak yaitu :

1. Meningitis
Meningitis merupakan infeksi atau peradangan pada selaput otak. Gejala dari meningitis adalah kepala terasa pusing, badan lemas, demam, sakit pada leher, dan dapat menimbulkan benjolan. Kelainan meningitis ini mengingatkan kita pada salah satu pelawak indonesia yaitu Olga Saputra. Yang mengidap meningitis. Dilehernya terdapat benjolan yang semakin hari semakin membesar dan berwarna kemerahan. Jika sudah parah, saraf-saraf pun sedikit demi sedikit tidak berfungsi dan dapat menyebabkan kematian. Misalkan mau makan saja sudah tidak bisa, sehingga makanan dialirkan melalui hidung menggunakan selang.

2. Hydrocephalus
Merupakan kelainan pada sirkulasi cairan otak yang terganggu sehingga mengakibatkan pembekuan darah. Hidrosefalus ditandai dengan membesarnya kepala.

loading...

3. Parkinson
Disebabkan oleh dopamin yang hasilkan oleh sel neuron rusak. Sehingga tidak dapat menghasilkan dopamin dalam jumlah banyak. Akibatnya di sejumlah bagian tubuh berkontraksi tak terkendali. Seperti pada bahu, bibir, dan leher.

4. Amnesia
Amnesia adalah kelainan yang berupa kehilangan daya ingat dan sulit untuk membuat memori baru. Amnesia ada yang bersifat sementara ada yang permanen. Biasanya disebabkan oleh kecelakaan, kerusakan otak, stroke, dan kanker otak.

5. Ataksia
Ataksia diakibatkan oleh terganggunya pusat pengontrol gerak yang ada di otak. Kelainan ini ditandai dengan cara berjalan kaku dan gerak kaki sebelah melebar, kurang keseimbangan, tremor pada tangan dan bagian tubuh lainnya. Ataksia ini dapat bersifat sementara dan permanen.

6. Ensefalitis
Ensefalitis adalah peradangan jaringan otak yang disebabkan oleh virus. Teknologi yang digunakan untuk pengobatan nya adalah zat anestetik untuk menghilangkan atau mengurangi rasa sakit dan elektro Ensefalogram yang merupakan alat untuk merekam aktivitas otak.

Jadi otak merupakan sel saraf utama pada manusia. Ukurannya pun berbeda-beda sesuai dengan umur, jenis kelamin dan fisik. Adapun kelainan pada otak yaitu, Amnesia, Hidrosefalus, Meningitis, Parkinson, Ataksia dan Ensefalitis.

loading...

Leave a Reply