loading...

9 Contoh Kalimat Anjuran, Permintaan, dan Permohonan

Contoh Kalimat Anjuran, Permintaan, dan Permohonan

via Pixabay.com

Orang yang baik adalah orang yang mampu berbicara sopan dan santun terhadap siapaun. Baik terhadap orang yang lebih kecil dari kita, lebih tua, kepada atasan, teman sejawat dan sebagainya. Berbicara dengan baik akan memperlihatkan kualitas diri kamu yang sebenarnya.

Jika tidak berbicara dengan baik, akan selalu mendatangkan dampak yang negatif seperti mendapatkan musuh, akan dihindari teman. Saat itulah kamu harus berpikir, kenapa kamu dijauhi temanmu. Rubahlah sikap dan perkataanmu dengan lebih baik lagi. Agar orang lain segan dan kebaikan akan selalu menghampirimu.

Dalam berkata apalagi ingin meminta tolong kepada teman, harus menggunakan kalimat yang baik, jangan meminta tolong dengan perkataan yang berupa perintah yang tidak enak didengar telinga. Temanmu pun akan enggan menolongmu.

Selain itu penyampaian kalimat haruslah sesuai pada tempatnya. Jika kata-kata tersebut berisikan kalimat perintah. Maka gunakanlah kata-kata sesuai dengan kata perintah serta gunakanlah bahasa yang sopan dan lembut, agar temanmu melakukan perintahmu dengan senang hati dan penuh keikhlasan. Misalnya Andre tolong donk, ambilkan pulpenku di atas meja. Begitu juga penggunaan pada kalimat anjuran, permintaan dan permohonan.

Artikel kali ini, kakak akan membahas tentang penggunaan kalimat diatas sesuai dengan tujuan dan tempatnya. Agar kalimat yang disampaikan dapat dipahami dan dimengerti. Termasuk kedalam jenis apakah kalimat yang digunakan. Yuk, kita bahas sama-sama.

loading...

 

Pengertian dan Contoh Kaliman Anjuran

Pengertian kalimat anjuran adalah kalimat yang menganjurkan atau memerintahkan sesuatu kepada seseorang. kalimat anjuran ini berisi saran dan pesan untuk melakukan sesuatu kepada orang lain.

Jika kamu meminta kepada orang lain untuk melakukan sesuatu yang sifatnya tidak memaksa. Pakailah kalimat anjuran.

Contohnya:

  • Hendaknya kita belajar dengan giat agar menjadi anak yang pintar.
  • Saya berharap, kamu mendengarkan penjelasan guru dengan baik, agar dapat memahami.
  • ekarang ini sedang musim hujan, sebaiknya kamu memakai baju yang hangat.

 

Pengertian dan Contoh Kalimat Permintaan

Kalimat permintaan berisikan tentang permintaan kepada orang lain untuk melakukan sesuatu yang diminta.

Kalimat permintaan hendaknya menggunakan bahasa yang halus dan tidak memaksa. Kamu dapat menggunakan kata-kata tolong, maukah, sudikah, sekiranya.

Contohnya:

  • Maukah kamu, membantuku mengerjakan ini?
  • Tolong sampaikan ibu Nur, untuk menghadiri acara peringatan hari guru.
  • Sekiranya tidak keberatan, bawakan buku ini keperpustakaan.

 

Pengertian dan Contoh Kalimat Permohonan

Kalimat permohonan biasanya digunakan untuk orang yang lebih tinggi kedudukannya, teman sebaya, orang yang lebih tua atau yang dihormati. Jika kamu ingin meminta sesuatu, gunakanlah kalimat permohonan.

Contohnya:

  • Ayah, mohon maafkan aku karena terlambat pulang.
  • Saya mohon agar ibu datang ke acara pelepasan disekolah ku.
  • Kami mohon, bapak berkenan untuk memberikan ceramah nanti.

***

Dalam hidup, sudah sepatutnya kita berbicara dengan menggunakan bahasa yang sopan dan santun bukan hanya sikap tapi tata cara berbicarapun juga harus baik.

Untuk itu gunakanlah kalimat yang sesuai dengan apa yang akan kamu katakan, agar tujuan yang kamu sampaikan dapat dipahami.

loading...

Leave a Reply