loading...

8 Jenis Tenaga Kerja Berdasarkan Lapangan Pekerjaan di Indonesia

Kerja merupakan suatu kebutuhan setiap orang untuk memenuhi kehidupannya sehari-hari. Seperti telah kita ketahui, meskipun ada berbagai macam lapangan pekerjaan yang dibuka setiap harinya.

Tetapi untuk terpilih dan diterima bekerja sangat sulit bukan? Kamu harus terus berusaha dan berdoa untuk mencapai tujuan yang kamu inginkan.

Lapangan pekerjaan banyak didirikan oleh pemerintah, swasta maupun perorangan. Lapangan pekerjaan tersebut bermacam-macam sesuai dengan keahlian masing-masing. Banyak sekali jenis-jenis lapangan pekerjaan yang ada, diantaranya adalah:

8 Jenis Lapangan Pekerjaan Yang Bisa Anda Pilih

Jenis Lapangan Pekerjaan

via www.linkedin.com

  1. Pegawai Negeri

Pegawai negeri merupakan suatu pekerjaan yang bertujuan untuk melayani masyarakat. Pemerintah yang mengangkat pegawai menjadi pegawai negeri.

Setelah diangkat  mereka mendapatkan gaji pokok sesuai dengan pangkat golongan mereka dan diberi tunjangan seperti tunjangan hari raya, sertifikasi, gaji ke-13, dan tunjangan lainnya.

  1. TNI dan POLRI

Tahukah kalian apa itu TNI dan POLRI? TNI adalah Tentara Nasional Indonesia.

TNI bertugas untuk menjaga keamanan dan ketertiban bangsa Indonesia. TNI terbagi menjadi beberapa macam yaitu TNI-AD (Angkatan Darat), TNI-AL (Angkatan Laut) dan TNI-AU (Angkatan Udara). Sedangkan POLRI adalah Kepolisian Republik Indonesia. Tugas POLRI untuk menjaga kemanan masyarakat.

  1. Karyawan Swasta

Karyawan swatsa adalah suatu perusahaan atau kantor-kantor yang membuka lapangan pekerjaan untuk masyarakat sesuai dengan keahlian masing-masing.

Kantor ini dibuat oleh perorangan atau perkumpulan suatu pekerja yang bertujuan untuk menjembatani kepentingan para karyawan. Karyawan swasta mendapatkan hasil/gaji dari kantor dimana tempat ia bekerja.

loading...
  1. Petani

Sebagian besar penduduk Indonesia, merupakan seorang petani. Petani merupakan pekerjaan yang mulia.

Karena kenapa? Karena bidang pertanian menyediakan kebutuhan pangan masyarakat. Seperti Padi, gandum, kopi, jagung, ketela pohon, kacang kedelai, sayur-sayuran, buah-buahan dan lain sebagainya.

  1. Nelayan

Negara kita memiliki perairan yang sangat luas dibandingkan dengan daratan. Seperti kita ketahui, air adalah sumber kehidupan. Jadi perairan sangatlah menguntungkan bagi kehidupan kita, khususnya untuk para Nelayan.

Nelayan merupakan suatu pekerjaan menangkap ikan dari perairan baik sungai, danau maupun laut. Hasil dari tangkapannya tersebut dijual ke pasar dengan sendiri atau ke tempat-tempat langganan.

  1. Peternak

Ternak dapat dilakukan oleh setiap orang, apalagi yang memiliki jiwa dan rasa kecintaan yang besar terhadap hewan. Peternak menyediakan daging-daging untuk kebutuhan manusia.

Jenis hewan yang diternak biasanya sapi, kambing, ayam, bebek, dan kerbau. Semua jenis hewan tersebut dapat bermanfaat bagi kita. Daging-dagingnya bisa dijual dan dikonsumsi oleh masyarakat. Begotu juga dengan telur-telur yang dihasilkan oleh ayam dan bebek.

  1. Pengrajin

Jika kamu termasuk orang yang kreatif, akan baik sekali jika kekreatifan yang kamu miliki dimanfaatkan untuk menghasilkan sesuatu. Misalnya menjadi seorang pengrajin. Pengrajin bekerja dan menghasilkan kebutuhan hidup berupa mebel, anyaman, keramik, perak dan lain sebagainya.

Para pengrajin menghasilkan kerajinannya dari penjualan atau dari pemilik usaha kerajinan tempat ia bekerja. Hasil dari kerajinan tersebut digunakan untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga, sebagai cendera mata, atau hiasan.

  1. Pedagang

Pedagang merupakan jenis pekerjaan yang sudah biasa dilakukan dari zaman ke zaman. Pedagang bisa dilakukan dirumah dengan membuka warung ataupun dipasar-pasar. Pedagang biasanya menjual barang-barang seperti beras, sayur mayur, tekstil, dan sebagainya.

***

Nah, diatas telah disebutkan beberapa jenis pekerjaan. Kamu bisa bekerja dibidang manapun sesuai dengan kemampuan yang kamu miliki.

Mau jadi seorang Pegawai atau menjadi seorang pengusaha? semua jenis pekerjaan memiliki usaha yang berbeda-beda akan tetapi tujuannya sama yaitu sama-sama untuk memenuhi kebutuhan hidup dan memperoleh penghasila.

Semoga bermanfaat ya.

loading...

Leave a Reply