loading...

Jadikanlah Ini Norma-Norma Dalam Kehidupan Anda

Norma Kehidupan

Norma adalah suatu aturan atau peraturan yang harus ditaati. Norma bertujuan untuk menjaga, menjalin, dan menciptakan suatu ketertiban, keteraturan dan ketentraman dalam bermasyarakat.

Jika tidak ada norma-norma dalam kehidupan kita maka, baik antar keluarga maupun masyarakat akan hancur dan saling tidak menghargai satu sama lain

Jadi norma-norma yang ada harus selalu dipatuhi dan ditaati. Aturan-aturan tersebut, ada yang berupa hal yang harus dilakukan dan ada juga yang tidak boleh dilakukan yaitu berupa larangan.

Apabila aturan tersebut dilanggar, maka akan mendapatkan sanksi. Adapun norma-norma yang berlaku yaitu :

4 Norma Penting Dalam Kehidupan Sehari-Hari Manusia

1. Norma Agama

Norma agama adalah norma yang berasal dari Tuhan. Kita harus selalu menjalankan perintah dan menjauhi laranganNYA. Semua aturan dan laranganNYA tercantum dalam sebuah kitab suci yaitu al-qur’an.

Tujuan dari norma agama ini adalah agar manusia hidup dengan baik sesuai dengan aturan yang telah ditetapkan. contoh dari norma norma agama adalah :

  • sebelum melakukan sesuatu harus berdoa terlebih dahulu.
  • melaksanakan sholat 5 waktu
  • mengucapkan salam ketika bertamu dan bertemu seseorang
  • menghormati orang tua

2. Norma Kesusilaan

Norma kesusilaan adalah norma yang berasal dari hati nurani seseorang dan menjadi pedoman pergaulan dalam bermasyarakat.

loading...

Seperti contohnya saling hormat-menghormati antar sesama, tidak membeda-bedakan dalam bergaul atau berteman danĀ  saling tolong menolong dengan teman yang sedang kesulitan.

3. Norma Kesopanan

Norma kesopanan adalah norma yang bertujuan untuk mengatur pergaulan dengan orang lain, agar tercipta keharmonisan dalam bergaul. Dengan siapapun muda, tua, teman, orang tua, kakak, adik harus berperilaku yang sopan, baik tutur kata maupun sikap perbuatan.

Apabila kita tidak sopan maka kita akan mendapat cemoohan dan bisa dikucilkan dari pergaulan serta akan dicatat sebagai orang tidak sopan santun. Jadi kita harus selalu menjaga tutur kata dan sikap perbuatan kita terhadap orang lain.

Contohnya seperti, tidak boleh berkata “ah” kepada orang tua, harus menghormati orang yang lebih tua dari kita, tidak boleh menyinggung perasaan orang lain, dan mengucapkan permisi ketika lewat di depan orang lain.

4. Norma Hukum

Norma hukum adalah aturan yang dibuat oleh pemerintah. Norma hukum bertujuan untuk ketertiban dan keamanan dalam kehidupan bermasyarakat. Aturan ini bersifat tegas dan nyata yang diwujudkan dalam peraturan perundang-undangan yang berlaku di negara.

Jika aturan hukum ini dilanggar, maka akan mendapatkan sanksi peradilan sesuai dengan langgaran yang telah dibuatnya. Contohnya seperti, harus membayar pajak tepat waktu, mematuhi lalu lintas, dan tidak mencuri.

***

Itulah tadi bermacam-macam norma norma dalam kehidupan . Norma-norma ini, harus selalu diterapkan dalam kehidupan kita. Baik dalam pergaulan maupun dalam keluarga.

Macam-macam norma yang ada yaitu yang pertama, norma agama yang bersifat Ketuhanan. Yang kedua, norma kesusilaan yang berasal dari hati nurani.

ketiga, norma kesopanan yang bertujuan untuk mengatur pergaulan terhadap sesama, dan kemudian norma hukum yang merupakan aturan dibuat oleh pemerintah apabila dilanggar akan mendapatkan sanksi sesuai dengan perbuatan yang telah dilanggar nya.

loading...

Leave a Reply