loading...

Sejarah Perkembangan Teknologi Handphone Dari Masa ke Masa

Wah dijaman yang serba modern ini untuk masalah telpon genggam itu bukanlah barang langka lagi, bahkan hampir setiap kalangan sudah memilikinya mulai dari remaja, orang tua, maupun kakek-kakek, yang lebih parah lagi mungkin anak bayi sudah memiliki benda ini…

benar ga ya hhee.. tau ah!!

Akan tetapi apakah kita sebagai user / pengguna alat tersebut sudah mengetahui asal mula  sejarah alat tersebut?

Bagaimana sepak terjang alat tersebut sehingga sekarang kita sudah bisa menggunakannya dimana saja dan kapanpun?

Nah pasti kalian masih banyak yang belum tahukan? Penasaran? yuk simak artikel di bawah ini bagaimana sejarah perkembangan handphone itu.

Sejarah Perkembangan Teknologi Handphone

Sejarah Perkembangan Teknologi Handphone

Ponsel / Handphone adalah alat komunikasi yang ada dalam genggaman. Pada tahun 1895, Guglielmo Marconi dari italia berhasil menunjukkan cara mengirim pesan menggunakan gelombang radio

Ia mengubah sinyal listrik menjadi gelombang radio dan mengirimkannya menyebrangi selat Inggris dengan alat pemancar dan penerima sederhana. Radiopun menjadi alat komunikasi pada permulaan abad ke-20.

Penemu radio dapat mengilhami para penemu untuk membuat komunikasi yang disebut radio mobil. Alat ini mulai dipasang dimobil polisi, pemadam kebakaran, dan taksi di Amerika Serikat pada tahun 1921.

Pada masa-masa awal radio mobil hanya bisa digunakan untuk menerima panggilan saja. Dari radio kemudian berkembang menjadi telepon mobil.

Setelah perang dunia II orang-orang Amerika dan Eropa menikmati telepon. Dengan telepon mobil mereka dapat menelpon kerumah meskipun masih dalam perjalanan.

Pada bulan Desember 1947 Douglas H. Ring, W. Rae Young dan Philip T. Porter dari Bell Labs mengusulkan sistem seluler. Dengan sistem seluler jaringan bisa diperluas. Tetapi gagasan tersebut terhambat oleh kendala keterbatasannya peralatan.

loading...

Dua tahun kemudian, barulah rekan mereka Rochard H. Frenkiel dan Joel S. Engel berhasil membuat perangkat elektronik unik sistem seluler.

Pada bulan Desember 1971, semua gagasan tentang sistem seluler itu diusulkan  oleh AT dan T kepala pemerintahan Amerika Serikat.

Setahun kemudian Komisi Komunikasi Federal menyetejuinya. Sementara itu Martin Cooper dari Motorola berusaha keras membuat perangkat untuk memamerkan ponsel pertama didunia.

Ponsel yang disebit dengan Motorola DynaTAC dan mulai dijual untuk umum pada tahun 1983.

Selain itu ponsel dan sistem seluler juga dikembangkan didaerah Eropa, Jepang serta beberapa negara lain. Sejak tahun 80-an ponsel bisa dinikmati oleh masyarakat.

Di Indonesia ponsel mulai digunakan sekitar tahun 1995. Berbagai alat digunakan untuk menambahkan ponsel sehingga menjadi perangkat yang serba bisa.

Fasilitas untuk mengirim pesan singkat (sms), dilengkapi dengan kamera, radio, walkie-talkie serta pemutar musik dan vidio. Pabrik pembuat ponsel juga membuat ponsel yang bisa kita gunakan untuk bermain game, membaca buku, bahkan memandu perjalanan.

Semakin hari ponsel berkembang menjadi alat yang semakin pintar. Bisa menonton siaran televisi, mengubah suara kita menjadi tulisan, pemindai gambar, mengawasi rumah dan mengendalikan robot.

Ponsel pintar atau smartphone sangat membantu kita jika kita menjadi pekerja kantor yang sibuk. Kitapun bisa menulis surat, laporan keuangan atau lembar presentasi serta bisa juga untuk mengakses internet.

Ponsel-ponsel penting dalam sejarah yaitu Motorola DynaTAC 8000X, Nokia 1011, Bellsouth/BM Simon Personal Communicator, Motorola StarTAC, Nokia 3210, Samsung Uproar, Nokia 8310, Sharp J-SH04, Nokia N-Gage, LG DMB, Sony Ericsson W800, LG Chocolate, Apple iPhone.

***

Nah jadi sudah tahukan sejarah ponsel itu seperti apa? Benar-benar menakjubkan, dengan bermula dari menemukan gelombang radio dan semua bisa dikembangkan, hingga tahapan-tahapan menjadi ponsel pintar juga sudah cukup jelas pada artikel diatas.

Selain itu, teknologi handphone juga banyak dimanfaatkan dalam dunia pendidikan.

loading...

Leave a Reply