loading...

Bunyi Hukum Newton (1, 2, 3) – Contoh Soal, Rumus, Penerapan

Hukum Newton pertama kali terbentuk karena percobaan dan penelitian yang dilakukan oleh dua fisikawan dunia yaitu Galileo Galilei dan Sir Isaac Newton.

Kedua fisikawan yang saat ini telah menjadi salah satu tokoh paling berpengaruh dalam dunia pendidikan pernah melakukan berbagai penelitian dan memberikan teori-teori yang menarik perhatian dunia.

Pada abat ke 17, Galileo mengproklamasikan hukum inersia (kelembaman). Ia membantah kepercayaan orang-orang pada saat itu yakni “Benda yang bergerak dengan sendirinya akan semakin pelan dan sepenuhnya berhenti jika tidak ada tenaga yang membuat benda tersebut terus bergerak”.

Galileo melakukan percobaan-percobaan yang membuktikan bahwa anggapan tersebut keliru, dan mengungkapkan bahwa jika friksi atau gaya gesek yang menyebabkan benda tersebut melambat dhilangkan, maka benda tersebut dapat terus bergerak tanpa batas.

Berdasakan gagasan-gagasan yang dibuat oleh Galileo tersebutlah seorang ilmuwan Inggris bernama Sir Isaac Newton mengproklamasikan hukum Newton!

Gagasan-gagasan tersebut dituangkan oleh Newton secara lengkap dalam bukunya yang berjudul “Philosophiae Naturalis Principia Mathematica“. Dalam buku tersebut, Netwon menuliskan ketiga hukum yang sampai saat ini dijadikan panduan penting dalam proses belajar fisika.

Bunyi Hukum Newton 1, 2, 3 (Pertama, Kedua, dan Ketiga)

Bunyi Hukum Newton

via openculture.com

Bunyi Hukum Newton 1 (Pertama)

“Jika suatu resultan (penambahan dan penguragan gaya) yang bekerja pada suatu benda sama dengan nol, maka benda yang semula diam akan tetap diam, dan benda yang bergerak lurus akan tetap bergerak lurus dengan kecepatan tetap”

Dari penjelasan Hukum Newton pertama ini mempunyai arti yang harus anda pahami dengan baik, pada hukum 1 Newton mempunyai pengertian bahwa suatu benda akan mempertahankan keadaan apabila gaya yang bekerja pada benda mempunyai kesamaan yaitu 0.

Contoh sederhana dari penerapan hukum Newton ini adalah sebuah batu yang berada di atas gunung tidak akan berpindah sendiri tanpa ada yang memidahkannya.

Contoh lain dari penerapan hukum 1 Newton ada pada kehidupan kita sehari-hari contohnya adalah jika kita berada dalams sebuah bus yang sedang berhenti kemudian tiba-tiba di gas mendadak, maka tubuh kita akan terdorong ke belakang.

Hal tesebut terjadi karena kita mempertahankan keadaan awal dimana pergeraka ini merupakan pergerakan lawan arah gerak bus.

Berdasarkan kedua contoh diatas bisa diambil kesimpulan bahwa ketika gaya luar di hilangkan, maka setiap benda akan berusaha untuk mempertahankan keadaan awal. Ada dua kemungkinan yang terjadi yaitu diam dan bergerak lurus beraturan.

Bunyi Hukum Newton 2 (Kedua)

“Percepatan ( Perubahan dari kecepatan ) gerak benda akan selalu berbanding lurus dengan resultan gaya yang bekerja pada suatu benda dan selalu berbanding terbalik dengan masa Benda“

Dari bunyi hukum kedua Newton, anda bisa mengambil kesimpulan yang mempunyai pengertian bahwa suatu maasa benda sangat berpengaruh terhadap gaya yang ada dalam suatu sistem.

Pertambahan ataupun pengurangan masa yang ada pada benda akan mengakibatkan suatu perubahan.

Hal ini bisa dihitung dengan menggunakan sistem perumusan yang berbeda.

Contoh sederhana dari penerapan hukum kedua Newton adalah semakin berat suatu benda maka semakin sulit untuk diangkat.

Contoh lain terkait dengan hukum newton adalah resultan gaya yang dialami oleh lemari akan jauh lebih besar dibandingkan dengan gaya yang diberikan oleh masing-masing setiap orang. Dengan begitu lemari akan jauh lebih mudah untuk digeser.

Bunyi Hukum Newton 3 (Ketiga)

“ Setiap aksi akan selalu menimbulkan yang namanya reaksi, Ketika sebuah benda mengerjakan gaya terhadap benda kedua, dengan sebaliknya benda kedua akan membalas gaya dari benda pertama secara berlawanan arah “

Pengertian dari hukum ketiga Newton ini memberikan pemahaman bagi setiap orang bahwa setiap bendak akan berinteraksi apabila ada yang memberikan gaya pada benda kedua.

Perwujudan dari interaksi tersebut adalah dengan membalas gaya yang diberikan sebelumnya ke arah sebaliknya.

Intinya setiap gaya selalu memiliki dua ujung, satu ujung adalah benda pertama dan ujung lainnya adalah benda kedua.

Contoh sederhana dari penerapan hukum 3 Newton adalah gaya pada magnet. Contoh lain yang bisa anda pahami dengan baik ketika anda menekan meja dengan gaya yang besar, maka meja tersebut akan memberikan gaya kembali yang menyebabkan tangan kita menjadi sakit.

Kondisi seperti ini yang disebut dengan interaksi gaya terbalik.

loading...

Rumus Hukum Newton 1, 2, 3 (Pertama, Kedua, Ketiga)

Rumus Hukum Newton

via www.iq-test.net

Rumus Hukum Newton 1

Untuk rumus dari Hukum Newton 1 dapat dituliskan seperti dibawah ini :

∑F = 0

Keterangan:

∑F = Resultan Gaya ( Kg m/s2 )

Keterangan Lanjut

Sifat sebuah benda yang tidak bergerak dengan cara mempertahakan keadaan awal disebut dengan kelembaman, sehingga hukum Newton 1 biasa disebut dengan hukum kelembaman.

Rumus Hukum Newton 2

Untuk rumus dari hukum Newton 2 Dituliskan seperti di bawah ini:

∑F = m.a

Keterangan

  • ∑F : Resultan gaya ( Kg m/s2)
  • m : Massa Benda ( Kg )
  • a : Percepatan ( m/s2 )

Rumus Hukum Newton 3

Untuk rumus hukum 3 Newton dituliskan seperti dibawah ini :

∑FAKSI = -∑FREAKSI

Keterangan

Hukum 3 Newton berlaku pada dua gaya yang merupakan pasangan dari aksi-reaksi. Dengan ketentuan seperti dibawah ini :

  • Bekerja pada dua benda yang berbeda
  • Saling terjadi interaksi
  • Besarnya sama dan berlawanan arah

Contoh Soal Hukum Newton

  1. Soal Hukum Newton Pertama

Tentukan besar gaya normal yang dikerjakan lantai pada benda seperti ada dibawah ini:

Contoh Soal Newton Pertama

Pembahasan:

Pada soal pertama benda tidak mengalami gerak ataupun gerak balik pada sumbu x maupun pada sumbu y.

Pembahasan Soal Newton Pertama

Pada gambar yang ada diatas dijelaskan bahwa gaya 10 N yang bekerja dengan sudut kemiringan sekitar 53 derajat terlebih dahulu diuraikan menjadi Fx dan Fy.

Untuk itu yang perlu di tinjau adalah gaya yang bekerja pada sumbu y. Dengan begitu Fx tidak perlu di hitung.

  1. Soal Hukum Newton 2

Sebuah Mobil mempunyain massa sekitar 2000 kg dengan bergerak kelajuan sekitar 16 m/s. Bila mobil tersebut di rem dengan gaya sekitar 8000 N. Berapakah jarak mobil mulai di rem hingga mobil tersebut terhenti ?

  1. Soal Hukum Newton 3

Sebuah mobil dengan massa 2 Ton bergerak dengan kecepatan hingga 72 km/jam. Kemudian mobil dengan rem dan gaya pengereman konstan hingga dalam 5 detik kecepatan mobil menjadi 36 km / jam.

Hitunglah besar gaya pengereman!

Penerapan Hukum Newton ( 1, 2 dan 3 ) Dalam Kehidupan Sehari-Hari

Penerapan Hukum Newton

Hukum Newton 1

  • Pada saat mengerem sepeda motor atau sepeda, tubuh akan terdorong kedepan
  • Pada saat menginjak gas mobil secara mendadak, tubuh akan terdorong ke belakang.

Hukum Newton 2

  • Orang mendorong sebuah gerobak dengan gaya tertentu dan gerobak akan berjalan dengan kecepatan tertentu

Hukum Newton 3

  • Pada saat mendorong sebuah perahu. Kita mendayung ke arah belakang dan kemudian perahu aan bergerak ke depan. Ini terjadi karena adanya gaya yang kita berikan pada air yang kita dayung.
loading...

Leave a Reply