loading...

Tanda-Tanda Hari Kiamat Menurut Islam dan Prosesnya

Tanda Tanda Hari Kiamat

Hari akhir merupakan hari dimana manusia dibangkitkan kembali dari kubur untuk mendapatkan peradilan atas perbuatan yang telah dilakukannya selama hidup didunia.  Seperti yang telah dikatakan dalam surah Al-Hajj, 22: ayat 7 yang berbunyi:

” Dan sungguh (hari) kiamat itu pasti datang, tidak ada keraguan padanya, dan sungguh Allah akan membangkitkan siapapun yang didalam kubur”.

Tidak ada yang bisa menolak akan hari itu, kamu tidak bisa bersembunyi dan tidak bisa melakukan apa-apa kecuali hanya pasrah kepada-Nya.

Dia (Allah Swt) yang menciptakan manusia dan kepada-Nya pulalah akan kembali. Sesungguhnya hidup kita didunia ini hanya sementara dan semata-mata menjalankan perintah yang telah diberikan-Nya.

Dalam menjalankan perintah-Nya akan selalu ada ujian cobaan yang tiada henti dan bagaimana cara kita melewati cobaan yang telah diberikan-Nya.

Dalam cobaan tersebut, akan ada godaan syeitan yang selalu mengajak kita kejalan yang sesat dan meninggalkan semua perintah Allah Swt.

Sebagaimana yang telah tertera dalam sebuah kitab suci Al-qur’an, Surah Al-anbiya’. “Setiap orang yang bernyawa akan mati. Kami akan menguji kamu dengan kebaikan dan keburukan dan kebaikan sebagai cobaan. Dan kamu akan dikembalikan hanya kepada Kami”.

Semua perbuatan, amal ibadah dan semuanya akan dipertimbangkan pada hari itu. Baik buruk akan mendapatkan balasan dari Allah Swt, maka kita harus selalu berusaha untuk selalu melakukan perintah Allah swt. Karena ketika hari itu telah tiba, kamu tidak bisa lagi untuk memohon ampun atas kesalahan yang telah kamu perbuat.

Pada hari akhir atau kiamat, diawali dengan peniupan terompet atau sangkakala yang pertama oleh malaikat isrofil. Saat itu dunia yang sekarang ini kita tinggali pada saatnya nanti akan hancur beserta isinya dengan mendadak.

Tidak ada satu orangpun yang tahu kapan terjadinya hari kiamat tersebut. Kemudian akan ada peniupan terompet yang kedua, dimana mereka akan dibangkitkan kembali dari kuburnya (dalam keadaan hidup) untuk menuju Tuhannya.

Setelah penjelasan dari uraian diatas, tahukah kamu apa aja sih tanda-tanda hari kiamat itu? Nah, tanda-tanda kiamat dapat digolongkan menjajadi dua yaitu tanda-tanda kiamat kecil dan kiamat besar.

Tanda-tanda kiamat kecil

  • Munculnya keanehan yang tidak terbayangkan oleh akal manusia.
  • Fakir miskin membangun bangunan mewah.
  • Telanjangnya kaum wanita, jalan melenggak lenggok.
  • Lelaki meniru perempuan dan perempuan meniru laki-laki.
  • Terlibatnya perbuatan mesum.
  • Memelihara anak anjing dan tidak suka memelihara anak.
  • Benda mati bisa berbicara.
  • Berlomba-lomba dalam menghias rumah.

Tanda-tanda kiamat besar

  • Terbitnya matahari dari sebelah barat.
  • Keluarnya semacam binatang yang dapat bercakap-cakap dengan orang banyak.
  • Turunnya dajjal  (orang-orang pendusta).
  • Munculnya ya’juj dan ma’juj  (orang yang suka merusak dan menghancurkan).
  • Terpecahnya bulan.

 

Proses Sesudah Hari Kiamat

Proses Sesudah Hari Kiamat

Setelah hari itu tiba, bukan hanya sebatas itu saja. Sebenarnya masih ada lagi peristiwa sesudah hari kiamat, yaitu hari pembalasan dimana manusia dibangkitkan kembali dari alam kubur untuk dipertimbangkan amal baik buruknya ketika didunia. Untuk lebih jelasnya, kita kenali yuk peristiwa yang terjadi setelah hari kiamat.

1. Yaumul Barzah

Yaumul Barzah adalah batasan manusia ketika mati sampai datangnya hari kiamat. Maksudnya adalah ketika manusia mati, ruhnya akan keluar dari dalam tubuh dan masuk ke dalam alam barzah. Sedangkan jasadnya masuk alam kubur.

Ketika dialam barzah ruh manusia tersebut mengalami peristiwa berupa pemeriksaan oleh malaikat Munkar dan Nakir, guna menanyakan keimanan yaitu tentang sholat 5 waktu dari manusia tersebut.

Bagi siapa yang beriman dan beramal sholeh akan mendapatkan nikmat kubur sedangkan yang ingkar dan berdosa akan mendapatkan siksa kubur sampai hari kiamat datang.

2. Yaumul Ba’ats

Yaumul Ba’ats adalah dimana manusia dibangkitkan dari alam kubur. Mulai dari manusia pertama yaitu adam sampai manusia yang terakhir.

Semua dibangkitkan secara berkelompok sesuai dengan amal perbuatan mereka. Mereka dibangkitkan dalam keadaan yang tidak sama, melainkan bermacam-macam bentuk rupa.

3. Yaumul Mahsyar

Setelah dibangkitkan secara berkelompok, manusia tersebut menerima catatan baik buruknya semasa hidup didunia. Mereka dikumpulkan di Yaumul mahsyar, lapangan yang sangat luas yang sering disebut dengan padang mahsyar.

Beruntunglah kepada orang-orang yang beriman dan beramal soleh yang mendapatkan kebahagiaan. Sedangkan untuk orang-orang yang tidak beramal soleh sangat merasa menyesal atas perbuatan yang sudah dilakukannya.

4. Yaumul Hisab

Yaumul hisab adalah hari dimana amal kebaikan dan keburukan manusia diperhitungkan dengan seteliti mungkin dan tidak ditambahi serta tidak dikurangi.

loading...

Setelah diperhitungkan mereka akan mendapatkan balasan yang setimpal dengan perbuatan mereka.

5. Yaumul Mizan

Dalam surah al-qur’an al-anbiya’ 21 ayat 47 berbunyi “Dan kami akan memasang timbangan yang tepat pada hari kiamat, maka tidak seorangpun dirugikan walau sedikit. Sekalipun hanya seberat biji sawi, pasti kami mendatangkannya (pahala).

Dan cukuplah kami yang membuat perhitungan.” (Al-Anbiya’ 21 ayat 47). Dengan demikian yaumul mizan adalah dimana amal baik buruk manusia ditimbang dengan seadil-adilnya.

6. Shirot

Setelah semua proses dilalui, maka semua manusia baik, amalnya baik maupun buruk akan melalui yang namanya shirot. Shirot adalah sebuah jembatan menuju surganya Allah Swt.

Menurut keterangan, jembatan tersebut seperti satu helai rambut dibelah tujuh dan dibawah jembatan tersebut terdapat neraka jahanam.

Bayangkan saja, satu helaipun sangat kecil, tipis. Lalu bagaimana bisa melaluinya?

Tentu saja melaluinya sesuai dengan amal perbuatan. Ada yang secepat kilat, ada yang secepat burung terbang, ada juga secepat kuda dan sebagainya sesuai dengan amal perbuatan mereka sendiri.

7. Yaumul  Fashl dan yaumul Jaza’

Yaumul fashl adalah hari keputusan Allah Swt. Setelah amal perbuatan manusia dihitung dan ditimbang, maka tibalah hari terakhir mereka sebuah keputusan dari Allah SWT, kemudian akan diberikan hari pembalasan (yaumul Jaza’) dari hasil perbuatan yang mereka lakukan ketika hidup.

8. Pembalasan perbuatan baik dan buruk

Balasan perbuatan baik manusia selagi hidup akan memberikan kesenangan, kegembiraan, kebahagiaan yang tiada terbayang yaitu disebuah tempat yang bernama surga.

Seperti yang telah tercantum dalam Al-qur’an surah Al-qari’ah, 101 ayat 6-7 “Maka adapun orang yang berat timbangan (kebaikan)nya, maka dialah berada dalam kehidupan yang memuaskan (senang).”

Sedangkan balasan untuk perbuatan buruk, akan memperoleh hidup yang sengsara dan tempatnya adalah neraka.

 

Proses Kejadian Hari Kiamat

Proses Kejadian Hari Kiamat

Sesuai yang terkandung dalam Al-qur’an surah Al-qari’ah 101, ayat 3-5 yang mengatakan bahwa “Dan tahukah kamu apakah hari kiamat itu?

Pada hari itu manusia seperti laron yang beterbangan, dan gunung-gunung seperti bulu yang dihambur-hamburkan” artinya manusia dan segala isinya adalah milik-Nya dan akan kembali pula pada-Nya. Jika Allah telah berkata terjadi, maka terjadilah.

Pernahkah kamu memperhatikan cuaca setiap harinya. Terkadang hujan dan terkadang pula panas. Salah satu bukti kecil bahwa jika Allah telah berkehendak, maka saat itu pula akan terjadi. Perhatikan saja cuaca yang saat ini sedang terjadi.

Siang cuaca panas dan cerah, tiba-tiba langsung mendung dan turun hujan dengan sekejap seperti membalikkan telapak tangan. Tidak ada satu manusiapun yang bisa mengetahui apa yang akan terjadi, apa yang dikehendaki Allah.

Begitu pula dengan hari kiamat, tidak ada seorangpun yang tahu kapan akan terjadi hari itu. Yang jelas sekarang ini telah terlihat banyak sekali tanda-tanda kiamat dihadapan kita. Tanda-tanda tersebut merupakan suatu proses dari hari kiamat itu sendiri.

Contohnya saja, gunung meletus, zina dimana-mana, laki-laki menyerupai perempuan begitupun sebaliknya perempuan meniru laki-laki. Untuk lebih jelasnya, kamu harus mengetahui hal-hal yang akan terjadi dari macam-macam kiamat berikut:

1. Kiamat sughra

Kiamat sughra adalah kiamat kecil yang berawal dari kematian. Kematian akan dialami oleh semua jenis makhluk hidup baik manusia, hewan, tumbuhan, syeitan, malaikat, bakteri sekecil apapun. Semuanya akan mengalami kematian.

Kematian yaitu terpisahnya ruh dari jasadnya. Ruh itu masuk kedalam kubur dan akan ditanya siapakah Tuhannya, siapa Nabinya dan siapa imamnya. Selain itu, proses kejadian kiamat kecil ini sangat jelas sudah terlihat.

Cobalah renungkan sejenak pada beberapa tahun silam terjadinya gempa bumi dan gelombang sunami di Aceh. Hal itu sangat banyak memakan korban. Terjadi kecelakaan penerbangan udara, banjir, melakukan hubungan seks diluar nikah dan sebagainya.

Semua itu adalah peringatan kepada seluruh umat-Nya untuk lebih meningkatkan lagi ketaqwaan terhadap Allah Swt. Kejadian inilah yang dinamakan dengan proses kiamat kecil atau sughra.

2. Kiamat Kubra

Kiamat kubra adalah kiamat besar, dimana akan terjadi kejadian yang maha dahsyatnya. Bumi beserta isinya akan hancur. Bumi bergoncang, air laut tumpah dan angin topan akan mengobrak abrik alam semesta.

Matahari, bulan, bintang akan hancur manusiapun tak tahu kemana arah tujuan. Tak ada yang bisa menolong satu sama lain. Seberapa kuat kita untuk bertahan dan menyelamatkan diri tidak akan mampu, karena hari itu adalah hari akhir.

Seperti yang telah disabdakan rasulullah “Tidak akan terjadi, atau tidak akan datang hari kiamat hingga muncul 10 tanda: terbitnya matahari dari barat, datangnya binatang melata, keluarnya ya’juj dan ma’juj, isa putera maryam, asap dan tiga gempa bumi (longsor) longsor dibarat, timur dan dijazirah arab.

Dan tanda terkahir adalah keluarnya api dari Yaman, dari dasar tanah dan akan mengiring manusia menuju mahsyar.” (H.R. Abu Daud).

***

Nah sahabat gurumurid, sudah sepantasnya kita selalu berpegang teguh kepada ajaran Allah Swt. Allah Swt akan memberikan balasan terhadap perbuatan baik dan buruk kita selama didunia.

Hari kiamat pasti datang, entah kapan tibanya hari itu. Karena tidak ada seorangpun yang mengetahui akan hal itu. Jadi jalankanlah perintah Allah SWT serta jauhi larangan-Nya.

loading...

Leave a Reply