loading...

4 Fungsi Rangka Tubuh Manusia + Gambarnya

Fungsi Rangka Manusia

Cobalah perhatikan dan periksa pada salah satu organ tubuhmu seperti tangan misalnya. Lalu rabalah tanganmu tersebut apakah terasa keras? Bagian yang keras itu ialah tulang.

Tulang-tulang tersebut bersambungan satu sama lain dan tersusun secara teratur. Tulang-tulang yang tersusun secara teratur terebut adalah rangka. Penghubung antara satu tulang dengan tulang lainnya disebut dengan sendi.

Manusia adalah makhluk ciptaan Tuhan yang sempurna. Setiap bagian tubuhnya saling berhubungan dengan bagian tubuh lainnya. Tidak ada satu bagian tubuhpun yang dapat berdiri sendiri.

Bicara mengenai rangka, tahukah kamu fungsi dari rangka itu sendiri?

Seperti yang telah dikatakan diatas bahwa rangka saling berkaitan erat dengan bagian tubuh lainnya. Untuk lwbih jelasnya, Fungsi Rangka Manusia dapat diuraikan seperti berikut:

4 Fungsi Rangka Manusia

  1. Rangka menguatkan dan menegakkan tubuh

Rangka pada manusia berfungsi untuk menguatkan dan menegakkan tubuh kita. Seperti halnya rangka pada kaki. Jika tidak ada rangka atau tulang-tulang yang tersusun secara teratur, tubuh kita tidak akan bisa berdiri.

Rangka kaki dan telapak kaki yang ada pada tubuh kita cukup panjang, sehingga dapat membuat kita berdiri tegak, berjalan kesana kemari dan berlari dengan cepatnya.

  1. Rangka menentukan bentuk tubuh

Rangka sangatlah berpengaruh terhadap bentuk tubuh kita. Tahu kenapa? Karena tanpa adanya rangka tubuh kita hanyalah tumpukan daging tanpa bentuk. Dengan adanya bentuk ranka ini dapat membedakan setiap orang. Karena setiap orang memiliki bentuk rangka yang berbeda-beda, ada yang tinggi dan ada yang pendek.

loading...

Ada yang berkepala bulat dan lonjong. Ada yang memiliki jari-jari panjang dan ada pula yang pendek. Sehingga kita dapat dengan mudah mengenali ciri-ciri dari orang tersebut.

  1. Rangka merupakan tempat melekatnya otot

Rangka dan otot sangatlah berhubungan dan saling bekerja sama. Kenapa dikatakan demikian? Karena tanpa rangka, otot-otot tidak ada tempat melekat.

Rangka dan otot bekerja sama dalam melakukan suatu gerakan. Misalnya, gerakan lengan tangan dipengaruhi oleh otot yang ada ditulang lengan atas yaitu otot bisep dan trisep.

Tanpa otot juga rangka tidak bisa digerakkan. Maka dari itulah rangka dan otot saling berhubungan dan bekerja sama.

  1. Rangka melindungi bagian tubuh yang penting

Selain beberapa fungsi diatas, rangka juga berfungsi untuk melindungi bagian tubuh pada manusia. Karena tulang adalah bagian tubuh yang paling keras jadi ia mampu untuk melindungi tubuh dari benda-benda keras, seperti yang telah kita ketahui bagian dalam tubuh kita cukup rapuh, mudah terluka.

Dengan adanya tulang dapat melindungi tubuh kita.

Seperti rangka kepala (tengkorak) yang melindungi mata, telinga, hidung dan saluran pernapasan. Ruas tulang leher melindungi tenggorokan dan kerongkongan. Rangka rongga dada melindungi alat pernapasan (paru-paru), pemompa darah (jantug) dan sebagian alat pencernaan makanan. Tulang pinggul melindungi alat pencernaan dan alat relproduksi bagian dalam. Serta melindungi tulang belakang, menegakkan badan dan melindungi sumsum tulang belakang.

***

Wah, sungguh luar biasa bukan. Tuhan menciptakan kita sebagai makhluk yang paling sempurna diantara makhluk lainnya. Kita diciptakan dengan bentuk tubuh yang terdiri dari susunan rangka. Dimana rangka tersebut berfugsi untuk menegakkan, menguatkan serta melindungi tubuh.

Selain itu, rangka juga berfungsi untuk menentukan bentuk tubuh dan tempat menempelnya otot. Bayangkan, tanpa adanya rangka maka badan kita hanyalah tumpukan daging.

Nah, sahabat GuruMurid semoga artikel kali ini juga memberikan manfaat untuk kalian. Selamat mempelajari.

loading...

Leave a Reply