loading...

Pengertian Daur Hidup Hewan Dengan / Tanpa Metamorfosis [+ Gambar]

Loading...

Daur hidup hewan adalah perubahan yang dialami oleh makhluk hidup selama hidupnya.

Pernahkah kamu memperhatikan perkembangbiakan yang terjadi pada hewan-hewan peliharaanmu atau hewan disekitarmu? Seperti ayam, bebek, dan kucing.

Bagaimana cara mereka berkembangbiak? Tentunya berbeda donk.

Pada ayam dan bebek bertelur sedangkan kucing beranak. Coba kamu amati pada anak ayam yang baru menetas dengan anak kucing yang baru dilahirkan. Tentunya anak ayam dan kucing tersebut mirip dengan induknya hanya saja terkadang warna bulu atau rambutnya saja yang berbeda. Hal seperti ini disebut dengan daur hidup tanpa metamorfosis.

Sedangkan hewan yang mengalami metamorfosis yaitu katak. Kenapa katak? Karena rupa katak yang baru menetas sangat berbeda dengan induknya. Pernahkah kamu melihatnya? Tentunya pernah donk.

Bentuk anak katak tersebut seperti ikan teri yang disebut dengan kecebong. Katak tersebut mengalami perubahan menjadi katak dewasa. Perubahan bentuk yang berbeda tersebutlah yang disebut dengan metamorfosis.

Untuk lebih jelasnya, pahami yuk daur hidup hewan tanpa metamorfosis dengan metamorfosis.

Daur Hidup Hewan Tanpa Metamorfosis

Daur Hidup Hewan Tanpa Metamorfosis

via www.storyjumper.com

Daur hidup hewan tanpa metamorfosis adalah tahap perubahan pada makhluk hidup tanpa mengalami perubahan bentuk dalam hidupnya.

  • Daur hidup ayam

Seperti telah dikatakan diatas bahwa, ayam berkembangbiak dengan cara bertelur. Setelah bertelur, telur tersebut dierami selama kurang lebih 21 hari agar dapat menetas. Setelah menetas telur menjadi anak ayam dengan bulu-bulu halus ditubuhnya.

Lama kelamaan, anak ayam tersebut tumbuh besar dan bulu-bulu halusnyapun berubah menjadi banyak, tebal sama seperti induknya. Setelah dewasa hewan berkembang biak menghasilkan telur. Nah dari telur inilah daur hidup ayam dimulai.

  • Daur hidup kucing

Kucing berkembang biak dengan cara melahirkan. Sebelum melahirkan kucing mengalami masa kehamilan selama 3 bulan. Setelah 3 bulan baru kucing tersebut melahirkan anak kucing yang lucu yang sama seperti induknya. Anak kucing yang baru dilahirkan belum bisa mkan sendiri hanya dapat menyusui.

Setelah lebih dari satu bulan barulah anak kucing tersebut bisa memakan makanan yang lain. Anak kucing hingga dewasa tidak mengalami perubahan bentuk. Hanya saja bertambah besar, gerakannyapun sangat lincah sudah bisa memanjat dan melompat dengan tinggi.

  • Daur hidup kanguru

Kanguru berkembang biak dengan cara beranak. Kanguru dapat kita jumpai dibenua Australia dan di Papua (Irian jaya). Sama halnya dengan kucing kanguru juga mengandung. Hanya saja kanguru mengandung kira-kira hanya satu bulan. Anak kanguru lahir sangat kecil dan lemah.

loading...

Begitu keluar dari tubuh induknya anak kanguru merambat perlahan ke kantong induknya yang ada didepan perut. Dikantong tersebut anak kanguru menyusu sampai berbulan-bulan. Setelah cukup besar barulah anak kanguru tersebut keluar dari tubuh induknya.

Daur Hidup Hewan Dengan Metamorfosis

Daur Hidup Hewan Dengan Metamorfosis

via www.mrsscienceteacher.com

Daur hidup hewan dengan metamorfosis adalah perubahan bentuk yang terjadi pada hewan hingga dewasa.

  • Daur hidup kupu-kupu

Kupu-kupu berkembang biak dengan cara bertelur. Telur tersebut biasanya berada pada permukaan daun. Setelah itu telur menetas menjadi ulat. Ulat memakan daun untuk mempertahankan hidupnya. Lambat laun ulat berhenti makan dan tampak tidak bergerak tetapi masih hidup.

Setelah itu, ulat membuat sarang dari air liurnya yang berbentuk keras semacam benang sutera. Benang-benang tersebut manutup seluruh tubuh ulat. Ulat terbungkus dalam sarang benang yang disebut dengan kepompong atau pupa. Setelah masa kepompong, ulat berubah menjadi kupu-kupu.

Jika telah berubah menjadi sempurna barulah kupu-kupu keluar dari kepompong dan memakan madu yang ada didasar bunga.

  • Daur hidup nyamuk

Nyamuk berkembang biak dengan cara bertelur. Telur nyamuk biasanya berada ditempat yang kotor. Cobalah amati pada selokan/parit yang ada disekitar rumah kamu. Pasti terdapat banyak telur nyamuk. Telur nyamuk tersebut menetas menjadi jentik-jentik nyamuk (tempayak) yang berenang dia air bergerak mencari makan.

Setelah tumbuh dan berubah menjadi pupa tidak bergerak. Setelah pupu berubahlah menjadi nyamuk. Nyamuk terbang ke udara. Ketika ia dewasa dan bertelur, nyamuk tersebut kembali lagi ke air.

  • Daur hidup kecoa

Kecoa berkembang biak dengan cara bertelur. Telur kecoa menetas menjadi lipas muda. Bentuk kecoa muda hampir mirip dengan kecoa dewasa. Hanya saja bedanya kecoa muda tidak memiliki sayap. Kecoa tidak lagi mengalami proses tahap pupa.

Dari kecoa muda tumbuhlah menjadi kecoa dewasa. Oleh karena itu kecoa sering disebut dengan metamorfosis tidak sempurna. Kecoa juga bertelur di air kotor, setelah dewasa akan terbang.

***

Dari uraian diatas dapat disimpulkan bahwa, daur hidup hewan ada yang mengalami perubahan bentuk ada pula yang tidak mengalami perubahan bentuk dalam hidupnya.

Daur hidup yang mengalami perubahan bentuk disebut dengan metamorfosis sedangkan yang tidak mengalami perubahan disebut dengan daur hidup tanpa metamorfosis. Hewan yang tidak mengalami metamorfosis diantaranya adalah ayam, bebek, kucing dan kanguru. Sedangkan yang mengalami metamorfosis  adalah kupu-kupu, kecoa, nyamuk, lalat dan katak.

loading...

Leave a Reply