loading...

Artikel Bahaya Merokok Bagi Kesehatan [+ Gambar]

Merokok sangat berpengaruh pada kesehatan tubuh kita. Sedikit banyaknya dampak dari merokok pasti sudah banyak yang mengetahuinya. Seperti yang telah dicantumkan pada label-lebel pada rokok yang ada. Merokok tidak hanya menyebabkan penyakit pada si perokok, tetapi juga berdampak pada orang-orang disekitarnya.

Di Indonesia orang-orang yang merokok justru semakin meningkat setiap harinya, terutama pada kalangan remaja. Pada kalangan remaja tidak hanya laki-laki saja, tetapi juga pada perempuan. Adapun dampak merokok pada pernapasan manusia dan paru-paru manusia yaitu:

Dampak Merokok Bagi Kesehatan Manusia

Artikel Bahaya Merokok Bagi Kesehatan Manusia

1. Dampak pada pernapasan manusia

Disini kita akan membahas mengenai asap rokok. Selintas, asap rokok terlihat tidak berbahaya karena berada diudara dan akan dibawa oleh angin. Akan tetapi tahukah anda, bahwa asap rokok sangatlah berbahaya bagi kita.

Apakah kalian tahu bahwa dalam asap rokok, terdapat kandungan zat-zat yang berbahaya. Seperti nikotin, fenol, stadium dan lain sebagainya. Zat-zat tersebut dapat mematikan.

loading...

Selain itu, asap rokok juga mengandung bahan kimia, yang dapat menyebabkan kanker. Asap rokok lebih banyak dikeluarkan keudara oleh si perokok ketimbang masuk kedalam tubuh. Sehingga asap rokok lebih sangat berbahaya untuk orang yang ada di sekitarnya ketimbang dengan si perokok itu sendiri.

Asap Rokok juga berdampak pada pernapasan kita sehingga dapat menimbulkan penyakit seperti Asma, TBC, Peradangan rongga hidung, Kanker paru-paru, Robeknya dinding alveolus sehingga dapat mengurangi daerah pertukaran gas atau emfisema.

2. Dampak merokok terhadap Paru-paru

Merokok dapat menyebabkan saluran pernapasan paru-paru rusak dan terganggu. Sehingga dapat menyebabkan penyakit kanker.

Selain itu merokok juga dapat menimbulkan penyakit berupa jantung, koroner, stroke, mudahkan terjangkitnya AIDS, gangguan fisiologis.

***

Setelah mengetahui dampak dari merokok. Apakah kalian masih ingin melanjutkannya? Menurut saya, lebih baik untuk kalian yang tercandu rokok, sebaiknya hentikanlah secara perlahan-lahan dan dengan niat yang sungguh-sungguh.

Cobalah untuk menyayangi tubuh kita sendiri. Karena selain berdampak buruk pada kesehatan tubuh kita.

Merokok juga dapat menyebabkan kantong kita kering. Sayang bangetkan, terutama untuk orang-orang yang sudah berkeluarga misalnya atau orang-orang yang sudah lanjut usia. Lebih baik uangnya dibelanjakan untuk keperluan istri dan anak-anaknya.

Bagi kalangan remaja, terutama perempuan nih, lebih baik uangnya dimanfaatkan untuk kepentingan yang lebih penting. Dan jangan mudah terpengaruh terhadap teman kita yang perokok. Selain kita bisa mendapatkan tubuh yang sehat, kita juga mendapatkan pahala dengan tidak merokok.

loading...

Leave a Reply