loading...

Pengalaman Cerita unik dalam proses belajar mengajar

Loading...

ngajar

Cerita Unik Saat Mengajar

Wah, tentunya para pendidik sudah  banyak yang mengalami kejadian atau pengalaman unik dalam mengajar dikelas. Apa lagi untuk pendidik yang sudah lebih jauh berpengalaman atau sudah lama mengguluti dunia pendidikan sejak lampau.

Mulai dari hal yang kecil aja bisa membuat proses belajar mengajar kita terhenti sejenak. Ketika kita (pendidik) dan anak didik tersebut melakukan perbuatan yang konyol yang tidak disengaja. Ketika belajar sedang berlangsung.
Haduw, tentunya kita terhenti karena kekonyolan yang tidak disengaja atau tiba-tiba muncul ketika belajar. Apalagi pada siswa SD terkadang hal atau kekonyolan tersebut membuat kita kehilangan konsentrasi karena melihat tindakan yang begitu bisa membuat kita terkadang ada yang emosi, tertawa, dan sebagainya.
Ini ada beberapa kejadian unik yang pernah saya dan teman saya alami ketika proses belajar mengajar sedang berlangsung. Sebenernya dari awal sih, saya sudah ketawa sendiri jika mengingat beberapa kejadian tersebut. Hahahahha.

loading...
  1. Terjatuh ketika akan duduk
    Wah, pasti udah kebayangkan gimana kejadiannya. Hahahaha. Ini merupakan kejadian rekan kerja saya bisa dibilang sahabat saya. Pada saat itu, dia sedang masuk dikelas saya untuk memberikan pelajaran seni budaya dan keterampilan. Ketika dia sedang memberikan materi pelajaran dan menjelaskannya didepan kelas. Tiba-tiba saya izin mau masuk kelas. Karena ada sesuatu hal yang mau saya ambil dilemari. Ketika saya masuk dan berjalan menuju lemari. Dia berhenti sebentar menjelaskan kemudian akan duduk dikursi. Tiba-tiba, apa yang terjadi? Ternyata oh teenyata. Hahahaha, dia tidak melihat lagi kursi yang akan di dudukinya akibatnya dia jatuh dan terduduk dilantai dengan kursi yang terbalik. Semua siswa langsung tertuju padanaya. Dan secara siswa SD kan masih kecil masih anak-anak maka mereka semua tertawa terbahak-bahak. Hahahha sangkin ladasnya. Sayapun langsung mengangkatnya lalu memberikan pengarahan bisa dibilang mengingatkan sedikit terhadap siswa. Supaya ketika melihat kejadian seperti itu baik ibu, dan guru-guru lainya apabila mengalami kejadian seperti itu jangan ditertawakan tapi tolonglah gurumu tersebut dengan membantu mengangkatnya jangan malah ditertawakan.
  2. Ketika ibu guru di panggil bibik
    Ini merupakan pengalaman pribadi saya sendiri, mengajar anak Sekolah Dasar. ketika asyik sedang menjelaskan materi pelajaran. Ada salah satu siswa yang bertanya, bik, itu? Sebelum siswa tersebut meneruskan pertanyaannya dia langsung terhenti  menutup mulutnya dan malah tertawa sendiri. Karena dia tiba-tiba sadar bahwa ibu gurunya dipanggil dengan sebutan bibik. Semua siswapun bersorak aaaaaaaaaaa. Lalu ada salah satu siswa lagi yang terceplos bilang emang sejak kapan pamanmu nikah sama ibu guru, kamu panggil bibik. Proses belajarpun terhenti sejenak. Kemudian saya langsung meluruskan apa yang terjadi.
  3. Pengawas jungkir balik
    Pengawas datang ke sekolah, yang tujuannya untuk sepervisi dikelas dan supervisi adminitrasi. Ketika itu, dia menuju ruang kelas 2 untuk supervisi salah satu guru disekolah. Setelah masuk diruang tersebut. Dia meminta perlengkapan adminitrasi dan bahan pokok yang akan diajarkan pada saat itu. Setelah diberikan pada pengawas itu, Guru tersebut memulai mengajar dikelas yang akan dilihat dan dinilai oleh pengawas tersebut. Seiring dengan berjalannya proses belajar mengajar sikelas, pengawas memeriksa adminitrasi guru tersebut. Sambil memeriksa dia duduk sambil menggoyang-goyangkan dan menggeser-geser kursi yang diduduki nya. Kursi yang didudukinya kursi beroda. Tak lama kemudian, kursi pun terbalik dan pengawas teesebut twejungkir dilantai, semua adminitrasipun terjatuh semuanya. Akhirnya belajar terhenti sejenak. Siswa-siswipun tertawa sambil menutup mulut, tertawa dengan adanya rasa takut. Hahahhaah. Sungguh pengalaman yang sangat unik.
  4. Ketika siswa maunya sendiri
    Ini kejadian anak kelas 1 SD. Namanya juga kelas 1, banyak sekali kejadian unik yang terjadi ketika belajar. Contohnya saja si A, dari awal masuk sampai kenaikan kelaspun tindakannya hanya maunya sendiri, sehingga wali kelasnya dengan segala upaya mendidik dan mengajari anak tersebut tapi masih mau dengan dunianya sendiri. Ketika disuruh menulis. Apa yang dia tulis? Hahahha. Dia menulis tetapi hanya sampai 1 baris dan paling banyak hanya 2 baris. Ketika ditanya kenapa hanya nulis 1 baris nak? Lalu dia melipat kedua tangannya dibadan, lalu berkata capek, iya capek, kemudian dia mengipasi temannya dengan buku,  sering kali dia keluar berlari menuju kelas kakaknya di kelas V. dan tak mau masuk kelasnya. Wali muridpun memanggilnya kembali masih tak mau. Dan jika dia diganggu maka dia akan mengamuk seperti orang yang kehilangan akal.

Nah itulah menurut saya pengalaman yang paling bikin ketawa-ketawa sendiri kalo lagi inget.

loading...

Leave a Reply