5 Cara Mengatasi Pergaulan Bebas Yang Menjamur di Masyarakat

Wah, kalau bicara tentang pergaulan sangat luas maknanya. Pergaulan bermacam-macam bentuk ada pergaulan dalam pengajian, pergaulan dalam Club, pergaulan bebas dan sebagainya. Di sini saya akan membahas tentang pergaulan bebas.

Setiap tahunnya, pergaulan bebas semakin meningkat. Sekarang anak SD saja sudah mengenal pacaran. Miris sekali bukan?

Akibat pergaulan bebas akan berdampak dan sangat merusak diri kita sendiri. Pergaulan bebas ini dapat berupa minum-minuman alkohol, menghisap aibon, sex bebas, judi dan merokok.

Agar terhindar dari yang namanya pergaulan bebas maka lakukan hal-hal berikut :

5 Tips & Cara Mengatasi Pergaulan Bebas

Pergaulan Bebas

  1. Lebih mendalami agama

Jika anda termasuk orang yang kurang atau minim dalam hal agama, ada baiknya anda lebih mendalami agama lagi. Misalkan mengikuti pengajaran, mendengarkan ceramah- ceramah di masjid.

Dengan mendalami ilmu agama anda akan berpikir lebih dewasa dalam melakukan dan menentukan tindakan mana yang benar dan mana yang salah.

  1. Memilih teman dalam bergaul

Di sini memilih teman bukan berarti memiliki teman yang kaya atau miskin. Tetapi teman yang selalu mengajak ke arah kebaikan. Jika teman mengajak ke arah yang salah maka, tinggalkanlah teman seperti itu. Jika kamu termasuk orang yang tidak kuat iman bertemanlah dan bergaul dengan teman yang taat ibadah. Ia akan selalu mengajak ke arah yang benar.

Selain itu biasanya teman bergaul dapat menjerumus ke berbagai obat-obatan terlarang.

  1. Batasi pergaulan

Dalam bergaul harus memiliki batasan, terutama batasan waktu. Bergaul harus ditentukan, misalkan dari jam 04.00-05.00 dengan hanya menggobrol saja sudah cukup. Dengan mengobrol kamu nggak akan ketinggalan informasi terhangat sekalipun.

Terus, terkadang kamu nggak tahu tempat-tempat nongkrog/makan keren. Oleh sebab itu kamu sering dibilang Katrok. Lebih baik katrok daripada selalu bergaul tetapi arahnya tidak benar yang hanya pergi tanpa tujuan.

  1. Jangan acuhkan perkataan orang tua

Perkataan orangtua sangat penting dan sangat berpengaruh bagi kamu. Orangtua tidak mungkin membiarkan anaknya bebas bergaul, keluar rumah sembarangan tanpa batasan. Seringkali ibu atau Ayah kalian menanyakan hal-hal yang kalian anggap sepele. Misalkan mau pergi kemana nak? atau pergi sama siapa? atau mungkin pulangnya jangan malam-malam ya.

Kita terkadang risih dengan pertanyaan-pertanyaan seperti itu. Tapi tahukah kalian pertanyaan tersebut memiliki makna besar bahwa agar anaknya tidak terlalu bebas, masih dalam jangkauan dan tidak terjerumus dalam pergaulan bebas. Bersyukurlah memiliki orangtua yang selalu peduli. Jadi jangan pernah acuhkan perkataan orangtua.

  1. Mengisi waktu dengan hal yang positif

Daripada kita mengisi waktu dengan hal yang tidak penting. Seperti jalan-jalan tanpa tujuan, mending nggak usah dech. Lakuin aja hal yang positif, dengan mengunjungi Panti Asuhan, belajar bersama, kerja bakti dan melakukan kegiatan sosial lainnya.

Itulah dari beberapa cara agar terhindar dari pergaulan bebas. Percaya dech, kamu akan terhindar dari hal-hal yang negatif yang dapat merusak dan merugikan diri sendiri Selamat mencoba.

Leave a Reply