Berikut Cara efektif mengerjakan tugas kelompok

belajar

Nah, buat kamu yang biasa mengerjakan tugas, pasti masih sering membutuhkan bantuan teman. Misalkan menanyakan gimana sih, bisa mendapatkan hasil matematika nomor 5 ini? Dengan menanyakan seperti itu, maka kamu akan diberi tahu teman dan mendapatkan ilmu lagi dari pertanyaan tadi. Dari contoh tersebut, dapat mengingatkan kita dengan pepatah yang mengatakan “Dua kepala lebih baik dari satu kepala”. Hum, benar banget nih.

Berarti apabila suatu pekerjaan atau tugas dikerjakan lebih dari satu orang, maka pekerjaan atau tugas tersebut akan cepat selesai dan juga dapat saling berbagi ilmu pengetahuan. Jadi tugasĀ  kelompok lebih cepat selesai karena dilakukan secara bersama-sama. Tetapi mengerjakan tugas kelompok akan tidak efektif jika minum persiapan. Untuk itu, agar mengerjakan kelompok dapat efektif. Nih, Kakak punya cara yang jitu yaitu

1. Pembagian kepemimpinan
Adik-adik, ini yang paling penting. Setelah guru membagi kelompok. Pilihlah ketua kelompok berdasarkan kesepakatan bersama. Dengan adanya ketua kelompok pengerjaan tugas menjadi lebih terinstruktur dan terarah. Karena tugas dari ketua kelompok yaitu untuk mengkoordinir anggota kelompok, menjadi titik tumpu dan memelihara keseimbangan antara anggota.

Baca juga: cara mengatasi kebiasaan menyontek

2. Kerjasama
Kata “kelompok” berarti mencakup keseluruhan. Jadi setiap anggota kelompok termasuk ketua harus saling bekerjasama. Bekerja sama dalam menyelesaikan tugas yang diemban. Biasanya dalam mengerjakan tugas kelompok hanya beberapa atau sebagian anggota saja yang bekerjasama ada sebagian tidak. Untuk menghindari hal tersebut, lebih baik lagi jika ketua kelompok memberikan tugas kepada masing-masing anggota.

3. Keterbukaan
Dalam kelompok harus diciptakan rasa keterbukaan. Apabila satu anggota dan anggota lainnya mendapatkan informasi atau jawaban dari tugas kelompok tersebut, maka harus memberitahukan informasi yang didapat pada saat mengerjakan tugas secara bersama.

4. Bermusyawarah
Di sini bermusyawarah dalam artian menerima pendapat-pendapat dari setiap anggota. Setelah semua anggota memberikan pendapat maka ketua kelompok dan anggota lainnya bermusyawarah untuk menimbulkan opini yang baru dari semua hasil pendapat yang diterima tadi.

5. Berhubungan baik
Setiap anggota yang satu dengan yang lain harus berhubungan baik. Tujuannya agar pada saat mengerjakan akan terasa lebih enak, tidak ada kecanggungan dan pengerjaannya pun akan berjalan dengan lancar.

baca juga : cara mengatasi gangguan pada sistem pernafasan

Jadi agar mengerjakan tugas kelompok efektif maka yang pertama, harus memilih Ketua kelompok yang dilakukan secara kesepakatan bersama. Kedua, semua anggota harus saling bekerja sama untuk mendapatkan hasil yang baik. Ketiga, harus memiliki rasa keterbukaan. Keempat, saling bermusyawarah dalam menimbulkan sebuah opini baru. Kelima, setiap anggota harus berhubungan baik tidak ada rasa kebencian.

Leave a Reply