Cara Asyik Meraih Sukses

sukses

Dalam meraih kesuksesan yang perlu kita pahami adalah bagaimana caranya agar hidup kita menjadi bermanfaat baik bagi kita sendiri maupun bagi orang lain. Semua orang mampu meraih kesuksesan, karena tiap orang itu sudah dibekali Allah swt dengan anugerah dan kemampuan yang terbaik. Nah, jika Allah swt telah membekali kita dengan kemampuan tak terbatas. Kenapa kita sendiri yang membatasinya? Kalo kita hanya biasa-biasa saja, rugi dong kita diciptakan.

Ada satu hal yang sangat memacu biar motivasi kamu dalam meraih kesuksesan lebih semangat dan lebih kuat lagi. Apa itu? Tentunya ya, mengingat usia. Kalo udah tau begini, pasti gak ada lagi kan yang nggak mau berusaha menjadi orang sukses. Karena setiap orang memiliki batas waktu hidup yang berbeda-beda. So, mulailah meraih kesuksesan dalam hidupmu.

Mulai detik ini, jam ini hilangkanlah segala keraguanmu. Mulailah berpikir untuk masa depanmu. Jadilah sebuah bintang. Mari kita raih kesuksesan bersama, kesuksesan yang berprestasi, marilah bekerja keras mulai saat ini. Dengan kerja keras kita akan meraih kesuksesan. Untuk meraih kesuksesan kita perlu potensi dan perencanaan yang matang. Yuk, kita bahas sama-sama!

1. Bikin life planning
Pada awalnya, suatu rencana ada karena kita merasa untuk membuatnya. Kita memikirkan tentang apa yang akan terjadi dengan melihat apa yang ada hari ini. Membuat rencana perlu pemikiran yang matang. Melaksanakan suatu hal dengan rencana membuat berbagai pertimbangan yaitu Kita harus mengetahui dulu tencana apa, tujuannya apa dan resikonya apa. Buatlah rencana yang sesuai dengan diri kita.

2. Tentukan Visi Hidup
Visi itu adalah pandangan hidup untuk kedepannya. Mungkin kamu pernah mendengar kata “Hidup adalah perjuangan”. Dengan memiliki visi dalam hidup maka akan mengurangi rasa gagal. Karena visi hidup membuat kita bersemangat untuk meraih kesuksesan. Misalkan visi hidupnya:
▶ Aku akan membuat orangtua ku bangga telah melahirkan ku.
▶ Aku ingin menyekolahkan dan memberikan pendidikan yang layak untuk adik-adik ku.

3. Inti kekuatanmu
Inti kekuatan maksudnya bagian dari dalam diri kita yang memberi energi pada tindakan kita. Kita dapat menemukan inti kekuatan kita dengan melihat masa lalu kita. Dalam hidup ada suatu hal yang membuat kita jatuh, sakit hati ataupun yang lainnya. Dengan melihat kejadian masa lalu tersebut, inti kekuatanmu untuk meraih kesuksesan pasti lebih termotivasi lagi. Misalkan inti kekuatan demi cinta, keluarga, harga diri, kepemimpinan dan kompetisi.

4. Tentukan Tujuan
Seperti kita ketahui, bahwa dalam hidup gak ada jalan yang selamanya mulus. Gak ada jalan yang selamanya mudah. Maka dari itu, kita harus menentukan tujuan. Menentukan tujuan mesti penuh pertimbangan. Jadi pastikan tujuan itu sesuai dengan diri kita dan keinginan kita.

5. Runutkan Tahapan
Tujuan dari merunutkan tahapan ini biar tujuan mudah tercapai. Dalam hidup semuanya butuh tahapan. Tidak ada anak kucing yang langsung ada. Kalo ada anak kucing pastinya ada induk kucingnya terlebih dahulu. Lalu bagaimana caranya membuat tahapan tersebut:
▶ Tentukan mana diantara semua kegiatanmu yang paling penting untuk mencapai tujuanmu.
▶ Lihat apa yang akan kamu alami/temui dalam melakukan kegiatanmu.
▶ Pertimbangkan, apa saja yang bisa mendukungmu untuk mencapai tujuan dari kegiatanmu tersebut.
▶ Setelah mempertimbangkan poin 1, 2, dan 3 tadi. Maka akhirnya kamu merasa lebih baik untuk melakukan kegiatanmu.

6. Risiko
Seperti telah kita ketahui, dalam menuju kesuksesan tidak semuanya jalan itu mudah dan mulus. Apakah perjalanan kita sia-sia?, apakah kita jadi putus asa?. Untuk itu kita perlu mengetahui terlebih dahulu risiko apa yang akan kita dapat dalam meraih sukses. Kita mesti berusaha agar berbagai risiko yang mungkin muncul itu bisa kita tangani. Dengan analisis risiko kamu akan merasa sanggup menghadapi apapun, lebih senang, dan jadi lebih kuat menghadapi yang terburuk sekalipun.

7. Hidup Progresif
Hidup progresif bertujuan agar kita jangan ketinggalan baik dalam informasi, berita maupun dalam keadaan apapun. Progresif berorientasi pada kemajuan. Saat membuat rencana progresif, kita sering terjebak dalam tren yang ada disekeliling kita. Sehingga kita mudah terpengaruh dan tidak menjadi diri kita sendiri. Itu dapat mengganggu dan merusak rwncana yang telah kita buat. Maka dari itu, jadilah dirimu sendiri.

Nah asyik kan, dengan membuat life planning, menentukan visi hidupmu, menemukan inti dari kekuatanmu, membuat tahapan, dan memikirkan risiko apa yang akan terjadi dan hidup yang progresif, kamu akan lebih asyik melaksanakan semua rencana yang kamu buat. Dengan mengetahui risiko apa yang akan terjadi. Kamu akan lebih menjalani rencanamu itu dengan hati yang senang, tengang, semangat dan percaya diri.

Ok deh, itulah cara asyik dalam meraih kesuksesan. Semoga bermanfaat ya. Lakukanlah dari sekarang, tentukanlah masa depanmu, hilangkanlah segala keraguanmu, lakukanlah dengan percaya diri.

Leave a Reply