loading...

Bimbingan Belajar – Pengertian, Tujuan, Manfaat, Jenis

Belajar adalah sebuah kewajiban yang harus dilakukan semua orang di sepanjang hidupnya. Belajar tidak hanya dilakukan di tempat-tempat menimba ilmu seperti di sekolah ataupun universitas, namun belajar harus dilakukan di setiap saat dalam keadaan apapun manusia akan terus belajar dalam kehidupannya.

Namun sebelum melangkah lebih jauh mengenai kegiatan belajar ada baiknya jika mengetahui definisi dari belajar, bimbingan belajar dan juga komponen lainnya di bawah ini.

Menurut para ahli, belajar didefinisikan sebagai kegiatan atau proses yang dilakukan oleh manusia secara sadar dan kemudian menimbulkan perbedaan dalam dirinya yang tidak akan bisa dikembalikan seperti semula. Sifat perubahan dari kegiatan belajar sendiri bersifat permanen dan tidak dapat kembali ke keadaan sebelumnya.

Belajar sendiri tidak hanya mencakup mata pelajaran di sekolah. Belajar dapat diartikan secara luas dengan hal-hal yang ditemui oleh manusia di kehidupan sehari-hari.

Hasil dari proses belajar sendiri berbeda-beda tergantung dari individu masing-masing. Ada yang mendapatkan hasil yang baik ada juga mendapatkan hasil yang kurang baik. Semua tergantung dari apa yang dipelajari, kepada siapa proses pembelajaran itu dilakukan dan daya tangkap dari orang yang belajar tersebut.

Hasil dari kegiatan belajar biasanya membawa perubahan di dalam segala aktivitas mental dan juga psikis seseorang. Biasanya setelah melakukan proses belajar ada perubahan tingkah laku dari orang tersebut.

 

Apa Itu Bimbingan Belajar?

Pengertian Bimbingan Belajar

Pengertian bimbingan belajar adalah salah satu kegiatan yang dilakukan untuk memberikan bantuan kepada para peserta didik agar bisa mendapatkan prestasi atau hasil belajar yang lebih optimal di lembaga tempat mereka menuntut ilmu. Bimbingan belajar biasanya diberikan oleh pihak sekolah sebagai lembaga pendidik anak.

Bimbingan belajar di sekolah bertujuan agar siswanya mampu menyesuaikan diri dengan situasi pendidikan yang tengah dihadapinya.

Dengan mengikuti bimbingan belajar, siswa akan mendapatkan banyak keuntungan yang meliputi semakin pahamnya siswa terhadap mata pelajaran yang selama ini dianggap sulit, mengembangkan kemampuan untuk bersosialisasi, dan juga meningkatkan prestasi dari siswa itu sendiri.

Prestasi dan daya tangkap anak pada suatu mata pelajaran memang berbeda-beda. Hal inilah yang harus diperhatikan oleh para orang tua. Orang tua harus mengarahkan anaknya jika si anak tersebut mendapati kesulitan terhadap suatu mata pelajaran. Salah satunya adalah dengan mengikuti bimbingan belajar baik itu di sekolah maupun di luar sekolah.

 

Tujuan Bimbingan Belajar

Tujuan Bimbingan Belajar

Lembaga bimbingan belajar adalah salah satu cara terbaik untuk mengatasi masalah belajar anak. Di lembaga bimbingan belajar biasanya anak akan mendapatkan beberapa cara untuk belajar yang optimal dan efisien yang biasa diajarkan oleh para mentor.

Berikut ini adalah tujuan dari mengikuti lembaga bimbingan belajar:

  1. Agar siswa mendapatkan pelajaran mengenai kebiasaan belajar yang baik dan efisien. Di lembaga belajar anak akan mendapatkan kebiasaan untuk membaca buku, disiplin dalam mengerjakan tugas-tugas dan lebih berkonestrasi pada apa yang sedang diterangkan oleh mentor/guru.
  2. Memiliki kebiasaan belajar yang tinggi.
  3. Anak dituntut untuk memahami teknik belajar yang efektif untuk dirinya sehingga proses belajar akan lebih efisien dan tidak membosankan.
  4. Membuat anak menjadi memiliki keterampilan untuk merencanakan alur pendidikan yang akan ditempuhnya.
  5. Membuat anak menjadi lebih disiplin dalam mengikuti jadwal.
  6. Mendapatkan mental yang siap untuk melalui ujian dengan hasil yang optimal.
  7. Membangun rasa tanggung jawab anak terhadap dirinya sendiri.
  8. Mengembangkan potensi anak yang selama ini mungkin tidak terlihat oleh orang tua.

 

Macam-Macam Bimbingan Belajar

Macam-Macam Bimbingan Belajar

loading...
  • Bimbingan Belajar Kelembagaan

Bimbingan belajar kelembagaan atau yang biasa disebut les kelembagaan adalah salah satu jenis bimbingan belajar yang menjadi salah satu pilihan terbaik untuk anak-anak mendapatkan pelajaran tambahan.

Les semacam ini membutuhkan biaya yang tidak murah namun memiliki kualitas yang di atas rata-rata. Bimbingan belajar seperti ini memberikan berbagai fasilitas bagi murid-muridnya seperti ruangan yang nyaman ber-AC, modul bimbel, panduan les yang mumpuni, ringkasa-ringkasan rumus penting, bebas berkonsultasi dan lain sebagainya.

Proses belajar di les kelembagaan hampir sama seperti di sekolah namun lebih intensif dan lebih dalam saat mengupas mata pelajaran.

  • Bimbingan Belajar Privat

Jenis bimbingan belajar ini membutuhkan biaya yang tidak sedikit pula karena harus menyewa satu tentor untuk menangani satu anak. Biasanya sang tentor akan datang ke rumah anak yang akan dibimbing belajar secara privat.

Metode belajar les privat memang lebih nyaman bagi anak karena mereka akan mendapatkan panduan secara langsung dari sang tentor dan setiap ada kesulitan bisa langsung dibahas bersama sang tentor. Namun les sejenis ini terlihat tidak terstruktur karena tidak adanya kurikulum yang jelas di dalamnya.

Tujuan dari les ini adalah untuk membantu anak memecahkan masalah mata pelajaran dimana mereka mengalami kesulitan.

  • Bimbingan Belajar Online

Bimbingan belajar online adalah salah satu terobosan yang menarik dan sangat fleksibel karena anak bisa belajar secara online dan tidak perlu bertatap muka.

Les ini sangat efektif untuk anak-anak yang memiliki banyak kegiatan namun tetap ingin mendapatkan bimbingan dalam belajar. Sayangnya les online ini masih sangat jarang di Indonesia.

 

4 Manfaat Mengikuti Bimbingan Belajar bagi Anak

Manfaat Bimbingan Belajar

  • Bimbingan Belajar Membantu Anak dalam Menyerap Pelajaran

Bimbingan belajar memiliki tujuan untuk memberikan kemudahan pada anak dalam mengatasi persoalan pelajaran yang mereka anggap sulit.

Dengan bantuan tentor, persoalan itu akan dikupas tuntas dan sang anak pasti akan lebih mudah memahami dan menyerap pelajaran sehingga tidak merasa kesulitan dengan soal yang tengah dihadapi.

  • Waktu Luang Anak Akan Diisi dengah Hal Positif

Selain mendapatkan keuntungan dalam bidang akademik, mengikut bimbingan belajar juga akan mengarahkan anak untuk mengisi waktu luangnya dengan kegiatan yang bermanfaat.

Anak akan terhindar dari pergaulan yang negatif karena di bimbel hampir semua waktunya akan habis untuk melakukan kegiatan-kegiatan yang positif seperti belajar, membaca buku dan menganalisa soal-soal yang sulit.

  • Membuat Anak Lebih Aktif dan Pandai Bersosialisasi

Saat mengikuti bimbel, anak akan mendapatkan banyak teman baru. Dengan begini mereka akan menjadi anak yang lebih aktif dan pandai dalam bersosialisasi.

Saat di bimbel, anak akan lebih berani untuk bertanya kepada tentor karena tentor memiliki sifat yang lebih terbuka daripada guru di sekolah. Dengan begini maka akan terbentuk karakter anak yang berani dan tidak minder.

  • Di Bimbel Anak Mendapatkan Pergaulan Positif

Selama berada di bimbel anak akan mendapatkan pergaulan yang positif bersama dengan teman-teman sebayanya.

Orang tua tidak perlu khawatir dengan pergaulan anak selama di bimbel. Karena sama seperti di sekolah, bimbel pun mengawasi anak agar tidak bertindak atau berkelakuan negatif.

***

Demikianlah informasi mengenai pengertian belajar, pengertian bimbingan belajar, jenis bimbingan belajar dan juga manfaat dari mengikuti bimbingan belajar. Semoga informasi di atas bermanfaat.

loading...

Leave a Reply