loading...

Benarkah Makanan Dengan Zat Buatan Buruk Bagi Kesehatan?

Makanan SehatBenarkah makanan dengan bahan tambahan buatan dapat mempengaruhi kesehatan?

Kita hidup membutuhkan makanan untuk kelangsungan hidup. Karena makanan dapat meningkatkan kesehatan. Dengan makan, kita dapat memperoleh energi, tumbuh dan berkembang dan dapat melakukan aktivitas.

Jika kita kurang makan akan mengakibatkan daya tahan tubuh kita menjadi lemah. Apa lagi kalau kita tidak makan. kebayangkan, Kita akan mati kelaparan.

Makanan yang kita konsumsi haruslah makanan yang bergizi dan sehat yang mengandung karbohidrat, vitamin, protein, lemak, air dan mineral.

Namun, ada pula makanan yang dapat mempengaruhi kesehatan yaitu makanan yang menggunakan bahan zat buatan. Bahan makanan buatan diberikan pada makanan bertujuan untuk meningkatkan selera.

Selain itu di era modern ini, hampir semua restoran menggunakan zat penyedab dan zat buatan lainnya untuk membuat rasa masakan mereka semakin enak, tetapi perlu diketahui bahwa terdapat efek samping dari penggunaan zat buatan tersebut.

Adapun bahan tambahan buatan tersebut yaitu:

 

3 Zat Buatan Yang Sering Digunakan Dalam Memasak Makanan

1. Tambahan Zat Penyedap

Zat penyedap adalah jenis bahan tambahan makanan untuk menambah kelezatan suatu makanan. Untuk menambah kelezatan makanan perlu menambahkan bumbu-bumbu.

Bumbu penyedap makanan terbagi menjadi dua yaitu bumbu penyedap alami dan bumbu penyedap buatan. Bumbu penyedap alami berupa kunyit, gula, garam, jahe, lengkoas dan bumbu dapur lainnya.

2. Zat Pewarna

Zat pewarna biasanya digunakan untuk membuat makanan menjadi lebih menarik dari segi warna untuk memikat daya tarik seseorang. Zat pewarna ada yang terbuat dari bahan alami ada juga dari bahan buatan.

Dari bahan alami misalkan daun katu, daun pandan, wortel, kunyit, gula merah. Sedangkan zat buatan terbuat dari bahan-bahan kimia.

3. Zat Pengawet

Makanan mudah sekali membusuk tidak tahan lama dan tidak awet. Makanan yang disimpan lama biasanya menggunakan bahan pengawet agar makanan tersebut tidak berubah warna, rasa dan tahan lama.

loading...

 

Dampak Negatif Zat Pewarna dan Penyedap Makanan Bagi Kesehatan

Zat pewarna dan penyedap makanan biasanya sering digunakan para pedagang untuk menambah daya tarik para konsumen.

Para pedagang menambahkan zat pewarna pada makanan yang dijualnya sehingga makanan tersebut akan kelihatan menarik, kelihatan lezat. Selain menambahkan zat pewarna makanan juga sering diberi bumbu penyedap, agar makanan tersebut terasa lebih enak.

Zat yang digunakan tersebut dinamakan zat aditif dan zat tambahan. Zat tersebut memiliki dua varian yaitu zat pewarna dan penyedap alami dan buatan. Zat yang alami tidak berdampak apa-apa pada tubuh kita, sedangkan zat buatan sangat berdampak buruk pada kesehatan tubuh kita.

Zat pewarna buatan dapat menimbulkan kanker. Selain itu zat warna tersebut apabila dikonsumsi akan melalui ginjal, oleh sebab itu dapat menimbulkan gangguan ginjal. Biasanya produsen menggunakan pewarna sintetik yaitu pewarna yang dipakai untuk warna kertas dan tekstil, bukan untuk makanan.

Pewarna sintetik tersebut lebih murah harganya dibandingkan pewarna makanan. Sedangkan bahan penyedap buatan yanh banyak digunakan yaitu monosodium glutamat yang berfungsi untuk memperkuat rasa makanan. Bahan penyedap alami yang baik terkandung dalam biji-bijian, ikan, dan daging.

Dengan demikian berhati-hatilah dalam mengkonsumsi makanan, jangan sembarangan. Jika tidak maka akan membahayakan tubuh. Kita bisa terkena penyakit kanker, ginjal dan penyakit lainnya. Sebaiknya mengkonsumsi makanan hasil masakan sendiri, istri, ibu, ataupun saudara perempuan, lebih tepatnya masakan rumah sendiri.

Boleh saja mengkonsumsi makanan di luar, tetapi jangan terlalu sering. Akibatnya pada tubuh kita sendiri. karena kesehatan itu adalah hal yang sangat mahal. Maka sayangilah tubuh kita.

***

Semua jenis makanan pada umumnya menyehatkan. Tatapi ada sebagian orang mengolah makanan tersebut dengan cara yang salah, tidak mementingkan kesehatan tubuh.

Ketika memasak makanan memang memerlukan bumbu-bumbu untuk membuat aroma dan rasanya enak dilidah. Gunakanlah bumbu-bumbu yang alami, jangan menggunakan bumbu-bumbu buatan. Karena hal tersebut dapat menimbulkan penyakit pada tubuh kita.

Adapun bahan makanan yang dapat mempengaruhi kesehatan tubuh yaitu menggunakan zat penyedap buatan, zat pengawet dan zat pewarna.

Jika Anda ingin memasak makanan gunakanlah bumbu-bumbu yang alami, sehingga makanan yang kita konsumsi dapat menyehatkan tubuh.

Misalkan ingin memberikan pewarna hijau pada makanan. Gunakanlah sayur-sayuran seperti katu atau daun pandan.

Semoga bermanfaat ya…

loading...

Leave a Reply