loading...

Alat Pernapasan

Loading...

pernafasan

Alat Pernapasan

Pernapasan bukan hanya pada manusia tetapi juga makhluk hidup lainnya. Jika kalian pergi ke kebun binatang. Maka akan banyak sekali binatang-binatang peliharaan dengan bermacam-macam bentuk dan warna. Sambil melihat-lihat binatang yang ada, pernahkah kalian terpikirkan alat pernapasan apa yang digunakan oleh binatang-binatang tersebut?
Nah, sekarang kita pelajari yuk alat pernapasan binatang-binatang

A. Alat-alat pernapasan pada manusia dan Hewan bervariasi menurut tempat dan hidupnya.
Pernapasan memerlukan udara dan berlangsung dalam alat-alat tertentu.

1. Alat pernapasan manusia
Alat pernapasan pada manusia antara lain:
– lubang hidung
– rongga hidung
– pangkal tenggorok
– batang tenggorok
– cabang tenggorok
– paru-paru
– gelembung udara

Pertukaran oksigen dan karbon dioksida terjadi didalam paru-paru yakni pada alveolus. Kita sebaiknya bernafas melalui hidung, sebab udara yang masuk lebih dahuku disaring melalui selaput lendir dan bulu-bulu hidung serta mengalami penyesuaian suhu didalam rongga hidung.

2. Alat pernapasan hewan
Alat pernapasan pada hewan berbeda-beda sesuai dengan jenis dan tempat hidup hewan tersebut.

a. Hewan yang hidup didarat umumnya bernapas menggunakan paru-paru. Misalnya sapi, kerbau, kambing, burung. Pada burung, alat pernapasan dilengkapi dengan pundi-pundi udara.
Alat pernapasan burung:
– hidung
– batang tenggorok
– cabang tenggorok
– paru-paru
– pundi-pundi udara

b. Hewan yang hidup di air bernapas menggunakan insang. Namun, ada beberapa jenis hewan air yang bernapas dengan paru-paru. Misalnya lumba-lumba dan paus. Alat pernapasan ikan:
– rigi-rigi insang
– lengkung insang
– lembaran insang

c. Hewan amfibi memiliki alat pernapasan yang bervariasi sesuai tempat hidupnya. Hewan amfibi adalah hewan yang dapat hidup di air dan di darat, misalnya katak.

d. Hewan lainnya yang tergolong serangga bernapas dengan trakea sedangkan hewan bersel satu bernapas melalui seluruh permukaan tubuhnya.

B. Makhluk hidup memerlukan udara pada proses pernapasan

1. Salah satu ciri makhluk hidup adalah bernapas. Bernapas merupakan proses menghiruo oksigen dan mengembuskan karbondioksida.
Proses pernapasan pada manusia ada dua macam, yakni:
a. Pernapasan dada, ditandai dengan membesarnya rongga dada saat menghirup oksigen dan mengempis saat menghembuskan karbondioksida.
b. Pernapasan perut, ditandai dengan mengempisnya rongga perut saat menghirup udara dan membesar/mengembung saat menghembuskan karbondioksida.

loading...

Pertukaran oksigen yang dihirup dengan karbondioksida yang dihembuskan keluar tubuh terjadi didalam paru-paru yakni pada alveolus. Dalam tubuh oksigen berguna untuk oksidasi yakni proses pembakaran zat makanan hingga kita memperoleh energi dan panas. Sebagai hasil dari oksidasi lainnya adalah berupa karbon dioksida dan uap air yang diembuskan keluar tubuh.
Skema pernapasan pada manusia
Udara → Hidung → batang tenggorok → cabang tenggorok → paru-paru (alveolus).

2. Proses pernapasan pada hewan
a. Burung
Burung bernapas menggunakan paru-paru. Pundi-pundi udara berguna untuk membantu pernapasan burung saat terbang. Saat terbang,udara pada pundi-pundi udara mengalir ke paru-paru. Didalam paru-paru terjadi pertukaran oksigen dan karbon dioksida. Skema pernapasan pada burung:
Udara → batang tenggorok → paru-paru → pundi-pundi udara.

b. Ikan
Ikan beenapas menggunakan insang. Proses pertukaran oksigen dan karbon dioksida berlangsung pada insang yakni melalui kapiler insang. Skema pernapasan ikan:
air → mulut → insang.
Air masuk ke mulut ikan dengan cara menggerakkan mulut, tampak seolah-olah ikan minum. Oksigen yang diperoleh ikan adalah berupa oksigen terlarut dalam air.

c. Katak
Katak bernapas menggunakan kulit, selaput rongga mulut dan paru-paru. Pernapasan melalui kulit dan selaput rongga mulut dimungkinkan karena pada kedua bagian tubuh tersebut banyak terdapat pembuluh kapiler. Pembuluh kapiler dapat menyerap atau mengikat oksigen jika permukaan kulit dan selaput rongga mulut dalam keadaan lembab. Itulah katak sering ditemukan hidup didekat kolam, rawa dan tanah basah. Untuk bernapas dengan paru-paru katak biasanya menggunakan kulit pada rawah bawahnya. Gerakan ini berguna sebagai cara memompa udara masuk keparu-paru. Skema pernapasan katak:
Udara → hidung → paru-paru.

d. Serangga
Serangga bernapas menggunakan trakea (semacam pembuluh). Udara keluar masuk melalui sigma. Skema pernapasan serangga:
Udara → Sigma → Trakea.

e. Cacing dan hewan bersel satu
Cacing mempunyai alat pernapasan khusus. Pernapasan dilakukan melalui seluruh permukaan tubuh. Skema pernapasan cacing dan hewan bersel satu:
Udara → permukaan tubuh.

3. Proses pernapasan pada tumbuhan
Pada tumbuhan darat udara masuk melalui stomata, letinsel pada batang dan seluruh permukaan akar ( difusi). Pada tumbuhan air udara maauk secara difusi keseluruh permukaan tubuh.

Itulah macam-macam alat pernapasan pada hewan. Pernapasan bukan hanya pada manusia tetapi juga pada hewan, dan makhluk hidup lainnya.
Pada hewan bersel satu berbeda dengan alat pernapasan hewan lainnya. Hewan bersel satu bernapas dengan seluruh permukaan tubuh. Sedangkan hewan yang hidup didarat pada umumnya berbapas dengan paru-paru. Sedangkan di air seperti ikan bernapas dengan insang. Dan yang hidup didarat dan diair bernapas menggunakan kulit.

loading...

Leave a Reply