loading...

9 Tips dan Trik Agar Tidak Mengantuk Saat Belajar di Sekolah

 

Cara Agar Tidak Mengantu Saat Belajar

Hallo adik-adik ini saya mau memberi tips menghindari ngantuk saat di dalam kelas atau saat jam pelajaran sedang berlangsung, memang benar ketika kita sudah sangat mengantuk di dalam kelas akan sangat sulit untuk pulih 100% dari kesadaran.

Mengantuk saat di dalam kelas itu bisa terjadi kerena bebarapa faktor loh,,

Yuk simak dulu beberapa faktor penyebab kita bisa ngantuk di dalam kelas:

 

Mengapa Saya Sering Mengantuk Sewaktu Belajar di Sekolah?

1. Metode Mengajar Guru Terlalu Membosankan

Wah hal ini yang sering terjadi terhadap beberapa guru, maaf ya bu guru yang merasa wkwk.

2. Tidur terlalu malam

Nah Hayo yang hobby begadang main games, brosing, atau belajar sampai larut malam ini juga penyebab kita mengantuk di dalam kelas, karena kekurangan waktu tidur, selain membuat kita sangat merasa ngantuk di dalam kelas , tidak baik juga buat kesehatan ketika tidur terlalu malam.

3. Makan Terlalu Banyak Sebelum Berangkat Ke Sekolah / Saat Waktu Istirahat

Nah yang hobby makan banyak yang melebihi batas wajar hati-hati ya. Hal ini juga sangat berpengaruh yang dapat membuat kita merasa sangat ngantuk, jadi makanlah yang secukupnya jangan terlalu kekenyangan hhe.

 

5 Cara Agar Tidak Mengantuk Sewaktu Belajar di Sekolah

1. Usahakan istrahat yang cukup

hindari tidur terlalu malam biasakan tidur pukul jam 9 malam / jam 10 malam, dan bangun pagi sekitar pukul jam 5 pagi. Hal ini sangat berpengaruh agar adik-adik tetap merasa segar saat sedang belajar.

2. Ketika nomor 1 sudah di lakukan dan tetap mengantuk

Tarik nafas dalam-dalam hal ini dengan menarik nafas dalam-dalam dapat meningkatkan kadar oksigen dalam tubuh, dan memperlambat detak jantung, meningkatkan sirkulasi, yang akhirnya membantu kinerja mental dan energi.

3. Minum Air Putih

Hal ini boleh di lakukan ketika di dalam kelas, karena apabila kekurangan minum akan menyebabkan dehidrasi dan kelelahan.

4. Olahraga kecil

loading...

Olahraga kecil bisa di lakukan ( berlari di tempat sedikit ) dan jangan terlalu banyak, apabila terlalu banyak gerakan akan sengat membuat merasa ngantuk, karena badan terlalu capek, dan mengurangi konsentrasi saat belajar.

5. Makan secukupnya

Penyakit habis makan adalah kenyang, dari kenyang berlari ke mata, wkwk ini lah bahasa keseharian kita, memang benar terlalu banyak komsumsi makanan, akan membuat badan akan terasa ngantuk kalo kita kekurangan enzim.

Makanan yang banyak mengandung karbohidrat juga bisa membuat rasa kantuk menyerang.Untuk itu, jangan terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat ketika kita akan berangkat sekolah maupun makan pada waktu istirahat.

6. Tarik nafas

Bisa juga dengan cara menarik nafas. Tariklah nafas dalam-dalam tahan selama lima detik kemudian hembuskan. Lakukanlah berulang-ulang kali hingga rasa kantuk menghilang.

7. Cuci muka

ketika merasakan ngantuk saat proses belajar mengajar berlangsung. Sebaiknya kamu segera meminta izin kepada guru, untuk ke kamar kecil (WC).

Cucilah mukamu menggunakan air sampai rata. Kemudian pada bagian leher belakang juga berikan sedikit air agar rasa kantuk benar-benar menghilang.

8. Mengatur cara duduk

Ketika proses belajar mengajar berlangsung, aturlah cara duduk kamu. Jangan sampai menimbulkan rasa kantuk.

Duduklah dalam posisi tidak menyender di bagian sandaran kursi dan jangan duduk menempelkan kepala di atas meja. Itu dapat menyebabkan rasa kantuk.

9. Jangan Begadang

“Begadang jangan begadang kalau tiada artinya”. Ingat dengan lagu itu kan? Yappss, benar sekali, ini adalah tembangnya bang H. Roma Irama.

Tahukan makna dari lagu ini?

Jadi untuk apa kita bergadang berlarut-larut, kalau tidak ada artinya. Lebih baik tidur yang cukup dan nyenyak, agar keesokan harinya bangun tidur tidak kesiangan dan ketika disekolah tidak merasa ngantuk, belajarpun terasa lebih nyaman.

***

Rasa kantuk itu sangat mengganggu konsentrasi danpola pikir dalam proses belajar mengajar dikelas. Ketika mengantuk, belajarpun akan terganggu sehingga dapat mengakibatkan, tidak paham akan materi yang disampaikan guru.

Untuk itu ada cara mengatasi kantuk di sekolah yaitu dengan mengatur pola makan, berolahraga, jangan bergadang, cuci muka, tarik nafas, dan lakukan aktifitas kecil agar rasa kantukmu hilang.

Nah itu lah tips kecil dari GuruMurid.com untuk menghindari rasa ngantuk saat berada di dalam kelas. Semoga bermanfaat.

loading...

Leave a Reply