loading...

7 Peran Utama dan Tugas Pokok Guru Dalam Pembelajaran

Tugas Guru

via neatoday.org

Guru merupakan suatu profesi yang selalu berkaitan dengan pendidikan anak-anak bangsa. Ia harus memiliki banyak pengetahuan dan keterampilan serta menguasai bahan ajar yang terdapat dalam kurikulum untuk diajarkan kepada siswa.

Sebagai seorang pendidik guru merupakan panutan untuk ditiru dan diteladani oleh siswa baik dari sikap, perilaku, budi pekerti, berakhlak mulia, tekun dan mau belajar. Berharap agar membentuk kepribadian siswa di masa yang akan datang.

Disisi lain guru dikatakan memiliki peran ganda. Kenapa demikian?

Karena guru merupakan pendidik untuk menciptakan sikap dan perilaku yang bernilai moral dan agama serta sebagai pengajar yang bertujuan untuk menyampaikan bahan ajar, menentukan alat evaluasi belajar yang digunakan untuk menilai hasil belajar siswa.

Dari hal diatas, sudah jelas bahwa guru memiliki peran dan tugas yang sangat penting dalam mendidik dan mengajarkan siswa. Adapun peran dan tugas guru tersebut ialah:

 

7 Peran dan Tugas Utama Guru Dalam Pendidikan

  1. Guru sebagai pendidik

Sebagai seorang pendidik guru memiliki tugas untuk mengembangkan kepribadian dan membina budi pekerti serta memberikan pengarahan kepada siswa agar menjadi seorang anak yang berbudi luhur.

  1. Guru sebagai pengajar

Mengajar yaitu memberikan ilmu pengetahuan kepada siswa, melatih keterampilan, memberikan pedoman, bimbingan, merancang pengajaran, melaksanakan pembelajaran dan menilai aktivitas pembelajaran.

  1. Guru sebagai fasilitator

Tugas utama guru sebagai fasilitator adalah memotivasi siswa, menyediakan bahan pembelajaran, mendorong siswa untuk mencari bahan ajar, membimbing siswa dalam proses pembelajaran dan menggunakan ganjaran hukuman sebagai alat pendidikan.

  1. Guru sebagai pelayanan

Pelayanan disini berarti memberikan suatu kenyamanan terhadap siswa dalam belajar.

Tugas guru sebagai pelayanan yaitu menyediakan fasilitas pembelajaran dari sekolah seperti ruangan, meja, kursi, papan tulis, alat peraga dan lainnya serta memberikan layanan sumber belajar agar siswa nyaman dan aman dalam belajar.

  1. Guru sebagai perancang

Guru sebagai perancang bertugas untuk menyusun program pengajaran dan pembelajaran sesuai ajaran dalam kurikulum, menyusun rencana mengajar, menentukan strategi atau metode yang akan digunakan dalam proses belajar mengajar.

  1. Guru sebagai pengelola

Dalam perannya sebagai pengelola, guru bertugas untuk melaksanakan adminitrasi kelas seperti mengisi buku presensi siswa, daftar nilai siswa, mengisi raport dan sebagainya.

loading...

Bahkan guru harus memiliki rencana mengajar, program semesteran, program tahunan dan silabus serta melaksanakan presensi kelas, dan memilih strategi dan metode pembelajaran yang efektif.

  1. Guru sebagai penilai

Penilaian adalah suatu kegiatan yang dilakukan setelah proses belajar guna untuk memberikan hasil belajar siswa tugas guru sebagai penilai yaitu menyusun tes dan instrumen penilaian, melaksanakan penilaian terhadap siswa secara objektif, mengadakan pembelajaran remedial dan mengadakan pengayaan dalam pembelajaran.

 

Bagaimana Cara Menjadi Guru Yang Baik dan Efektif?

Setelah kita mempelajari peran dan tugas guru, sekarang kita akan membahas tentang ciri-ciri guru yang baik dan efektif. Dikatakan guru yang baik lebih bersifat sebagai kemampuan seorang guru dalam melaksanakan proses pembelajaran dan pengajaran.

Sekarang ini guru yang baik sudah jarang digunakan. Karena sekarang ini lebih dikenal dengan istilah guru yang efektif. Guru efektif lebih bersifat sebagai kemampuan profesional.

Dikatakan guru yang baik apabila memiliki ciri-ciri berikut:

  1. Memahami murid yang memiliki potensi, bukan sebagai botol kosong.
  2. Menguasai bahan ajar yang akan diberikan.
  3. Menggunakan berbagai jenis metode yang sesuai dengan materi yang akan disampaikan, bukan hanya menggunakan metode ceramah saja.
  4. Menyesuaikan bahan ajar dengan kemampuanĀ  siswa.
  5. Menghindari cara mengajar D4 (Datang, duduk, dengar, diam).
  6. Memberi penjelasan yang jelas dengan menggunakan alat peraga.
  7. Mengajarkan bahan pelajaran yang memberikan manfaat bagi siswa.
  8. Mempunyai tujuan yang akan dicapai dalam proses pembelajaran dan pengajaran.
  9. Tidak hanya mengajar dalam artian menyampaikan pengetahuan tetapi senantiasa mengembangkan pribadi anak.
  10. Jangan terikat oleh satu buku pelajaran, jangan sampai buku teks menghalangi murid untuk berpikir dan mencari sumber lain.

Sedangkan guru yang efektif memiliki ciri-ciri berikut:

  1. Guru mempunyai komitmen pada siswa dan proses belajarnya. Ini berarti bahwa komitmen tertinggi guru adalah kepentingan siswa.
  2. Guru menguasai materi pelajaran yang akan diajarkan dan mengajarkannya kepada siswa.
  3. Guru bertanggung jawab memantau siswa melalui evaluasi baik dari cara pengamatan dalam prilaku maupun pada tes hasil belajar.
  4. Guru mampu berpikir apa yang dilakukannya dan belajar dari pengalaman.
  5. Guru merupakan bagian dari masyarakat yang pernah juga belajar dalam lingkungan profesinya. seperti diperkuliahan.

Apabila seorang guru telah menjalankan tugasnya sesuai dengan ciri-ciri yang tertera diatas, maka seorang guru telah dapat dikatakan sebagai guru yang baik dan efektif.

***

Sebagai tenaga profesional seorang guru memang dikenal sebagai salah satu jenis dari sekian banyak pekerjaan yeng memerlukan bidang keahlian khusus sesuai dengan peran dan tugasnya.

Guru bukan hanya sebagai pendidik tetapi juga sebagai pengajaran yang mengemban nilai-nilai moral dan agama serta harus mempunyai pengetahuan yang luas dalam melaksanakan proses belajar mengajar dengan siswa agar tujuan dari pembelajaran dapat tercapai.

loading...

Leave a Reply