loading...

5 Manfaat Belajar Agama Islam Dari Dasar dan Lebih Dalam

Setelah sebelumnya kita telah membahas manfaat belajar sejarah sekarang saya akan menjelaskan manfaat belajar Agama Isam.

Agama adalah pelajaran yang sangat penting yang harus dipelajari setiap harinya. Pelajaran agama suatu ajaran yang baik untuk menjadikan anda sebagai orang yang beriman dan bertaqwa. Dengan mempelajari agama anda dapat mengetahui mana prilaku yang baik dan mana prilaku yang buruk. Mana perbuatan yang dilarang dan mana perbuatan yang harus dikerjakan.

Ajaran agama mengandung unsur-unsur yang positif bagi kehidupan didunia. Tanpa adanya ajaran agama, bagai hidup tanpa arah dan tujuan. Agama menjadikan diri pribadi yang baik yang selalu menuntun ke arah yang benar. Makanya, belajar agama itu sangat penting sekali bagi kehidupan.

Setelah kita mempelajari ajaran-ajaran agama, dapat memberikan manfaat yang positif bagi kehidupan anda. Berikut beberapa Manfaatnya adalah:

5 Manfaat Belajar Agama Islam Lebih Dalam

Manfaat Belajar Agama Islam

  1. Belajar agama dapat memberikan tuntunan dan ajaran hidup

Tanpa agama hidup tak kan ada tujuan. Hidup didunia ini tujuan hanya satu yaitu mengerjakan perintah Allah Swt dan menjauhi larangannya. Dengan belajar agama dapat memberikan tuntunan untuk mengerjakan apa saja yang harus dikerjakan dan apa saja yang tidak boleh dikerjakan.

Misalkan, manusia dituntun untuk melaksanakan ibadah dan diajarkan agar selalu tolong menolong, berbuat kebaikan selama hidup didunia.

  1. Belajar agama dapat mengenalkan mana yang baik dan mana yang buruk

Hidup didunia sangat banyak godaan-godaan syeitan untuk melakukan sesuatu yang dilarang Allah Swt. Jika anda menuruti godaan syeitan, maka anda terjerumus kedalam sebuah dosa. Syeitanpun akan senang karena hasratnya tercapai untuk menggoda anak cucu adam.

Nah, inilah manfaat agama selanjutnya. Agama mengenalkan mana yang baik dan mana yang buruk. Dengan belajar agama anda tidak akan terjerumus kedalam sebuah dosa. Karena agama selalu mengajarkan hal-hal yang positif. Jadi anda tidak akan tergoda bisikan syeitan.

loading...
  1. Belajar agama dapat mendekatkan diri kepada Allah Swt

Belajar agama merupakan ajaran Allah Swt yang berisikan tentang petunjuk-petunjuk, tentang tuntunan Allah swt didunia. Petunjuk dan tuntunan tersebut berupa ibadah, berdzikir, berdoa dan sebagainya. Hal tersebt dapat mendekatkan diri anda kepada Allah Swt.

  1. Belajar agama selalu mengingatkan terhadap larangan-larangan Allah swt

Seperti telah kita ketahui, agama berisikan tentang kebaikan-kebaikan yang selalu mendekatkan diri ke jalan Allah Swt.

Dengan semua kebaikan-kebaikan tersebut akan membuat anda selalu ingat terhadap larangan-larangan Allah Swt. Bahwa larangan-Nya adalah suatu perbuatan dosa yang tidak baik yang harus ditinggalkan.

  1. Belajar agama dapat memberikan jawaban yang tidak bisa dijawab oleh manusia

Banyak sekali kejadian-kejadian yang tidak masuk akal, diluar batas kemampuan manusia didunia ini. Dengan keterbatasan yang dimiliki manusia maka tidak akan bisa menjawabnya. Seperti halnya sekarang ini banyak sekali tulisan berlafadzkan Allah baik pada manusia, buah-buahan, hewan, dan pohon-pohon.

Untuk itu agama memberikan jawaban atas semua hal tersebut. Agama membimbing manusia untuk mengetahui semua pertanyaan-pertanyaan yang tidak bisa dijawab oleh pikiran dan nalar manusia.

***

Jadi, agama itu adalah pedoman atau petunjuk tentang ajaran-ajaran Allah swt, yang mana perbuatan yang baik dan mana perbuatan yang buruk serta mana yang harus dikerjakan dan mana yang dilarang Allah Swt. Apabila anda melakukan hal yang buruk dan dilarang oleh agama, maka anda akan mendapatkan dosa yang setimpal dengan perbuatan yang anda lakukan.

Begitu juga dengan sebaliknya.

Jika anda melakukan perbuatan baik yang diwajibkan oleh Allah swt, maka akan mendapatkan pahala. Sekecil apapun perbuatan yang kita lakukan akan dicatat oleh malaikat, baik perbuatan baik maupun perbuatan buruk. Dengan belajar agama dapat memberikan manfaat untuk kita.

Manfaatnya yaitu, belajar agama dapat memberikan tuntunan dan ajaran hidup, belajar agama dapat mengenal mana yang baik mana yang buruk, belajar agama dapat mendekatkan diri kepada Allah Swt, belajar agama dapat mengingatkan dengan larangan-larangan Allah swt dan belajar agama dapat memberikan jawaban yang tidak bisa dijawab manusia.

loading...

Leave a Reply