Tahukah kamu Permukaan Bumi itu meliputi Darat dan Laut?

Telah kita ketahui, bahwa bumi itu tidak rata. Karena bentuk-bentuk yang terdapat dalam bumi berbeda-beda. Ada yang berbentuk cekung ada pula yang berbentuk menonjol. Bentuk ini disebabkan oleh kekuatan rotasi planet. Bentuk bumi lebih pipih di kutub Selatan dari pada di kutub Utara. Sehingga menjadikan bumi kita ini menyerupai bentuk buah pir (Ilmu Pengetahuan Populer, 2002).

Permukaan bumi kita ini tidak rata karena disebabkan oleh adanya wilayah Darat dan wilayah Laut.
Wilayah darat adalah permukaan bumi yang tidak terisi oleh air laut. Wilayah darat meliputi benua, pulau dan kepulauan. Benua adalah bagian bumi yang meliputi wilayah darat yang luas. Pulau adalah wilayah darat yang dikelilingi oleh air. Kepulauan adalah beberapa pulau. Wilayah darat tempat makhluk hidup tinggal. Indonesia adalah negara yang tersiri atas ribuan pulau. Pulau-pulau tersebut ada yang besar ada pula yang kecil. Oleh kerena itu, negara Indonesia disebut dengan negara Kepulauan.

baca juga : bukti kalau permukaan bumi itu tidak rata

Selain meliputi wilayah darat, bumi juga meliputi daerah laut. Wilayah laut sangat berhubungan antara satu dengan yang lainnya. Hampir dua pertiga permukaan bumi meliputi wilayah laut  wilayah laut yang luas disebut dengan samudra. Laut sempit yang diapit oleh dua pulau disebut dengan selat. Pernahkan kamu mengunjungi sebuah pantai? Pantai merupakan tempat wisata. Pantai adalah batas antara daratan dan hutan. Di pantai biasanya terdapat banyak pasir. Batas antara wilayah darat dan wilayah laut tidak selalu rata. Ada wilayah laut yang menjorok ke daratan. Daerah itu disebut dengan teluk. Selain itu, ada pula wilayah darat yang menjorok ke lautan. Derah ini disebut tanjung atau semenanjung.

Didalam laut banyak hidup berbagai jenis hewan laut. Jenis hewan tersebut adalah ikan, udang, kepiting, kura-kura, belut laut dan lainnya. Bagi para nelayan laut merupakan sumber mata pencaharian. Dilaut nelayan bisa memperoleh tangkapan ikan untuk dikonsumsi masyarakat. Berbagai jenis ikan laut yang banyak digemari adalah ikan tongkol, ikan tenggiri, ikan tuna.

baca juga : perubahan kenampakan bumi dan langit

Nah, jadi permukaan bumi kita ini seperti buah pir. Karena bentuk-bentuk yang terdapat dibumi berbeda-beda ada yang menonjol dan ada yang cekung. Permukaan bumi terdiri dari wilayah darat dan laut. Wilayah darat adalah permukaan bumi yang ditempati oleh makhluk hidup. Wilayah darat terdiri dari benua, pulau dan kepulauan. Sedangkan wilayah laut terdiri dari samudra dan selat. Wilayah laut biasanya dijadikan tempat wisata oleh manusia.

Leave a Reply