Apa Aja sich sumber daya alam?? Yuk Baca Biar Jadi Tau

Sumber daya alam

Sumber daya alam adalah semua kekayaan alam berupa benda mati atau makhluk hidup yang berada dibumi. Sumber daya alam dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia.
Ketika kamu haus, lapar. Apa yang kamu butuhkan? Pasti kamu butuh air dan makanan. Dari mana air dan makanan berasal? Tentu saja kita mendapatkan semua itu dari alam. Air dan makanan termasuk sumber daya alam. Contohnya ada banyak sekali sumber daya alam disekeliling kita, seperti : Tanah dan segala yang dapat dihasilkan dari tanah, keindahan alam misalnya pantai, danau, lembah, gunung, hutan dan sebagainya.

Berdasarkan sifatnya, sumber daya alam digolongkan menjadi dua bagian, yaitu :
1. Sumber daya alam dapat diperbaharui

SDA yang dapat diperbaharui ialah kekayaan alam yang dapat dimanfaatkan terus menerus karena dapat tersedia kembali. Seperti contoh :

  1. Tanah
    Tanah adalah tempat kita semua berpijak. Baik kita maupun makhluk hidup lainnya. Jenis tanah itu antara lain tanah vulkanik, tanah ini terdapat di lereng-lereng berapi. tanah humus, tanah ini dapat ditemukan di hutan-hutan yang masih lebat. dan tanah gambut, tanah ini baik untuk pertanian. Tanah gambut ini terdapat di sumatera, kalimantan dan papua.
  2. Hutan
    Hutan sangat berguna bagi manusia. Hutan merupakan sumber daya alam yang dapat rusak dan musnah jika tidak dilestarikan. Penyebab kerusakan hutan :
    • penebangan hutan secara liar
    • kebakaran hutan yang terjadi pada musim kemarau
    • pembakaran hutan untuk membuat ladang.
  3. Hewan
    Hewan termasuk sumber daya alam yang dapat diperbaharui. Binatang liar bisa berkembangbiak sendiri. Ada juga hewan yang langka biasanya ditangkarkan. Hewan ternak dibudidayakan untuk mendatangkan penghasilan.
  4. Air
    Semua makhluk hidup memerlukan air. Air bersih dapat diperoleh  dari sumur, mata air, air hujan dan air PAM. Selain untuk keperluan sehari-hari, masih banyak kegunaan air antara lain untuk mengairi sawah, memelihara ikan, sarana transportasi, dan pembangkit listrik.
  5. Sumber daya alam tidak dapat diperbaharui.
    SDA yang tidak dapat diperbaharui ialah sumber daya alam yang dapat habis. Adapun sumber daya alam yang tidak dapat siperbaharui yaitu :
  6. Bahan tambang mineral logam
    Adalah bahan tambang berwujud bijih.  Seperti bijih besi, nikel, emas, tembaga, timah dan bauksit. Nineral logam dibagi dua, ada yang logam murni dan ad juga logam campuran.
  7. Bahan tambang mineral bukan logam
    Cintohnya adalah kapur, belerang, pasir, kaolin, asbes, mika, tanah liat, intan.
  8. Bahan tambang sumber tenaga (energi)
    Minyak tanah dan gas adalah contoh bahan tambanh sumber energi. Minyak bumi, gas alam, dan batu bara termasuk sumber tenaga yang paling banyak digunakan. Minyak bumi harus diolah terlebih dahulu sebelum digunakan. Diolah menjadi minyak tanah, solar, pelumas, bensin. Pengolahan ini mempunyai kegunaan yang berbeda-beda.

Dari penjelasan diatas, dapat diketahui bahwa : negara kita adalah negara yang kaya akan sumber daya alam. Kekayaan aumber daya alam kita terkenal diseluruh wilayah dan tanah air. Sumber daya alam berperan sebagai penunjang ekonomi dalam kehidupan sehari-hari.
Sumber daya alam digolngkan menjadi dua macam yaitu, yang pertama sumber daya alam yang dapat diperbaharui dan sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui. Sumber daya alam yang dapat diperbaharui adalah sumber daya alam yang kekayaannya dapat dimanfaatkan secara terus menerus. Sedangkan sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui adalah sumber daya alam yang kekayaan alamnya dengan jumlah terbatas.

 

 

Leave a Reply