Sumber daya alam yang dapat diperbaharui

sumber-daya-alam-yang-dapat-diperbaharui

Sumber daya alam yang dapat diperbaharui adalah sumber daya alam yang jika habis digunakan dapat diganti lagi dengan yang baru. Yang termasuk dalam sumber daya alam dapat diperbaharui adalah sumber daya alam hayati dan sumber daya alam nonhayati. Berikut penjelasannya

1. Sumber daya alam hayati
Sumber daya alam yang memiliki peran penting dalam kehidupan manusia adalah sumber daya alam hayati. Sumber daya alam hayati dapat berupa tumbuhan, hewan dan manusia.

  • Hasil hutan
    Indonesia memiliki hasil hutan yang sangat luas karena terletak didaerah tropis. Hasil hutan dapat berupa berbagai jenis kayu seperti rotan, cemara, kamper, borneo, banjar dan lainnya yang digunakan untuk membuat bahan bangunan. Kayu-kayu tersebut diekspor dan menghasilkan nilai yang besar apa lagi kayu yang sudah dioleh menjadi bahan bangunan.
  • Pertanian
    Indonesia disebuat dengan negara agraris karena kaya akan hasil pertanian. Seperti, menanam padi, sayur-sayuran dan buah-buahan. Hasil dari pertanian tersebut dapat memenuhi kebutuhan hidup manusia.
  • Tanaman Perkebunan
    Perkebunan adalah suatu tempat untuk menanam tanaman sejenis dan waktu panennya sangat panjang. Tanaman perkebunan ini biasanya berupa tanaman sawit, cokelat, teh, cengkeh, kopi, karet. Tanaman sejenis ini dapat diperbaharui karena setiap saat dapat ditanam.
  • Perikanan
    Perikanan adalah suatu hasil dari tangkapan dan budidaya yang dilakukan oleh masyarakat. Budidaya dilakukan dengan cara pembesaran benih yang diperoleh dari alam. Hasil dari perikanan ini dapat diekspor.
  • Peternakan
    Peternakan ini merupakan budidaya beberapa jenis hewan yang dilakukan manusia untuk dikonsumsi. Contoh hewan peternakan yaitu ayam, kuda, bebek, kambing dan sapi.

2. Sumber daya alam Nonhayati
Sumber daya alam nonhayati adalah sumber daya alam yang tidak akan habis tetapi kualitasnya dapat berkurang. Contoh sumber daya alam hayati adalah tanah, air dan udara. Sumber daya alam tersebut dapat tercemar karena ulah manusia sendiri. Misalnya dengan membakar pohon-pohon hutan dapat mencemari udara. Udara menjadi tidak segar untuk dihirup sehingga dapat menimbulkan penyakit.

Sumber daya alam sangat mutlak dibutuhkan manusia untuk kelangsungan hidup. Indonesia kaya akan sumber daya alam. Sumber daya alam dapat digolongkan menjadi dua bagian yaitu sumber daya alam hayati dan sumber daya alam nonhayati. Manusia  dapat memenuhi kebutuhan hidupnya dengan berbudidaya dari  hasil hutan, pertanian, perikanan, peternakan dan perkebunan. Dari semua cara tersebut hasil dari budidayanya bisa dikonsumsi dan dieksopor untuk mendapatkan nilai atau hasil.

baca juga : sumber daya alam yang tidak diperbaharui

2 Comments

Leave a Reply